10 Cara Baru Daftar BPJS Online tanpa NPWP terupdate 2020

Diposting pada

Daftar BPJS Online tanpa NPWP– Bagi sebagian masyarakat NPWP mungkin merupakan barang langka yang tidak mudah memiliki.
bahkan beberpa merka yang bekerja sebagai buruh tani, nelayan dan pekerja serabutan lainnya sama sekali belum pernah melihat yang namanya NPWP.

Tidak bisa juga kita salahkan mereka yang tidak memiliki bahkan belum mengetahui apa itu NPWP karena pekerjaan serabutan mereka tidak menuntut untuk memiliki NPWP, bagi pekerja kantoran mungkin rata-rata sudah memiliki NPWP karena wajib lapor pajak tahunan atas gaji yang diterimanya.

sehingga masalah timbul ketika ingin mendaftar BPJS Kesehatan secara online namun terkendala dengan form pengisian no NPWP. Lantas apa yang harus dilakukan sobat ?

Ilustrasi NPWP


NPWP sendiri merupakan kependekan dari Nomor Pokok Wajib Pajak, nomor wajib pajak tersebut sama seperti NIK KTP atau SIM dimana jika kita memiliki NPWP sama halnya kita memiliki identitas pajak sehingga memudahkan kita dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan.

umumnya NPWP menjadi syarat wajib ketika kita akan mengajukan KTA , KPR maupun kredit kendaraan bermotor.

Dan untuk pendaftaran BPJS sendiri juga di pertanyakan nomor wajib pajak kita meski tidak wajib. jadi sobat BPJS Online tetep bisa mendaftar meski belum memiliki NPWP.

Cara Daftar BPJS Online Tanpa NPWP Terupdate 2020

jika sobat pernah gagal dalam melakukan pendaftaran BPJS secara online terkendala NPWP tak perlu risau lagi sebab BPJS Online akan kembali membahas tutorialnya secara lengkap beserta video.

  1. Pertama-tama sobat kunjungi website resmi BPJS Kesehatan melalui link berikut http://bpjs-kesehatan.go.id menggunakan komputer , Tab atau smartphone anda.
  2. Setelah berhasil loading sepenuhnya maka akan menampilkan halaman berupa syarat ketentuan yang berkaitan dengan pendaftaran kepesertaan bpjs Kesehatan, kemudian Klik lanjut.
  3. Baca dengan teliti dan pelajari secara cermat sebelum sobat melanjutkan ke tahapan berikutnya.
  4. Kemudian ceklis pada bagaian “Saya menerima dan menyetujui syarat dan ketentuan layanan pendaftaran BPJS Kesehatan” yang muncul pada halaman.
  5. langkah selanjutnya ialah klik pada tombol pendaftaran yang terletak pada bagian kanan bawah layar halaman tersebut.
  6. Pada Tahapan ini sobat BPJS Online diminta mengisi formulir isian data-data yang harus sobat isi dengan sebenar-benarnya
  • Type pendaftaran.
  • Pada opsi “Pendaftaran Peserta Baru” dimaksudkan untuk pendaftaran peserta baru, sementara itu pilihan “Pendaftaran Anggota Keluarga berdasarkan no registrasi” di peruntukkan jika anda ingin menambahkan anggota keluarga baru contoh saja anak yang baru lahir.
  • isilah data-data form registrasi dengan benar.
  • Nomor ini akan tergenerate secara otomatis ketika anda melakukan pendaftaran.
  • Nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Masukkan NIK sobat sesuai pada KTP.
  • Tulis Nama Lengkap,Tempat Tanggal Lahir dan status pernikahan jika sudah berkeluarga.
  • lebih mudahnya sobat isi sama persis dengan data-data di KTP.
  • isi dengan Nomor HP yang aktif sebab kode verifikasi akan dikirm ke nomor tersebut.
  • NPWP ( Kosongkan jika belum memiliki).
  • Sobat tidak perlu khawatir meski kolom NPWP dikosongkan tidak akan menggagalkan pendaftaran.
  • Pada Kolom kelas perawatan sobat pilih yang sesuai dengan kemampuan sobat dalam membayar iuran setiap bulannya.  Misal biaya iuran bpjs kelas I, kelas 2 dan kelas 3 itu berbeda kamar perawatan saja sedang untuk pelayanan sama saja.
  • Faskes Tingkat I, Pilih dokter, klinik atau puskesmas yang paling dekat dengan tempat tinggal sobat namun sudah bekerjasama dengan BPJS
  • Masukkan Nomor Rekening Bank. Hal ini digunakan untuk penarikan iuran bulanan. BPJS hanya menerima nomor rekening dari tiga Bank, yaitu BNI, BRI dan Mandiri.
  • Setelah yakin semua data benar dan mendapatkan nomor register. klik simpan.
  • Buka email lakukan verifikasi dan print formulir pendaftaran yang telah diisi tersebut.
  • Pembayaran iuran pertama.
  • Tunggu kurang lebih 7 hari kerja kartu bpjs sudah bisa diambil di kantor cabang terkait.
  • sebaiknya sobat datang ke kantor cabang pada hari kerja senin-jumat.
  • jangan lupa membawa bukti pembayaran angsuran pertama.
  • lampirkan dokumen pendukung seperti KTP asli serta fotokopinya, fotokopi KK, foto berwarna ukuran 3X4 dua lembar.

7. Pendaftaran melalui aplikasi BPJS ( JKN-KIS ) dan masih sama dengan cara di atas abaikan kolom NPWP dan melanjutkan proses pendaftaran seperti biasa.

8.Mendaftar online melalui Call Center BPJS Kesehatan dengan berterus terang kepada petugas call center jika sobat masih belum memiliki NPWP sehingga dilewati untuk pertanyaan tersebut.


Artikel Terkait (Pembayaran BPJS Kesehatan melalui Indomaret)

9. Meminta Bantuan Agent BPJS , yakni petugas BPJS kesehatan yang tersebar menggunakan mobile BPJS sehingga sobat akan diarahkan ketika melakukan pendaftaran secara online.

10. Ikuti langkah – langkah pada Video tutorial dari arif nurdiansah berikut agar pendaftaran BPJS Onlinet tanpa NPWP berhasil.


Nah gimana sobat sudah lengkap kan cara mendaftar BPJS Online tanpa NPWP, semoga dapat membatu sobat yang selama ini masih gagal dalam mendaftar secara online.

Tinggalkan Balasan