4 Jenis Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan dan program terbaru 2020 terupdate 2020

Diposting pada

Sebelumnya admin ucapkan selamat ya sobat BPJS Online semua,bantuan BLT untuk pekerja bergaji di bawah 5 juta telah cair dan di terima langsung ke masing – masing rekening peserta.
Kami ikut senang dan bagi yang belum menerima tidak perlu berkecil hati , karena masih ada kesempatan pada gelombang ke -II.
dan bagi yang sudah menerima seperti harapan pemerintah manfaatkan sebaik – baiknya untuk menutupi kebutuhan pokok yang mungkin selama pandemi ini masih belum tercukupi juga tagihan – tagihan yang masih tertunggak atau hutang di warung yang belum terbayarkan.
dan bila masih bisa di simpan untuk jaga-jaga sewaktu – waktu untuk kebutuhan mendesak.

Jangan sampai bantuan dari pemerintah malah dipakai untuk membeli kebutuhan konsumtif seperti HP baru, tas baru, motor baru yang sebetulnya bisa di tunda.
bukan tidak boleh, tapi prioritaskan yang penting – penting dulu , yang primer dulu baru sekunder.

karena kita tidak tahu sampai kapan pandemi akan berakhir, sampai kapan pekerjaan yang kita miliki ini bisa bertahan jika pademi tak kunjung selesai sehingga siap kah mental kita , fisik kita dan ekonomi kita dalam menghadapi hal terburuk yang akan kita hadapi ?.
kita memang tidak ingin hal itu terjadi namun stidaknya kita harus mempersiapkan diri.

4 program BPJamsostek
4 program BPJamsostek



seperti masa tua, semua orang akan mengalaminya dan bekal apa yang sudah kita persiapkan disaat itu tiba, 4 program BPJS Ketenagakerjaan / BPJamsostek dapat menjawab kecemasan anda di atas.

JHT ( Jamina Hari Tua )
Jaminan hari tua bertujuan menjamin pekerja ketika memasuki hari tua , hasil dari seluruh akumulasi pembayaran iuran dan di tambahkan dengan hasil pengembangannya akan di serahkan kepada pekerja dalam bentuk tunai.
tidak hanya ketika memasuki masa tua saja, manfaat jaminan ini juga bisa di ambil bagi pekerja yang telah memasuki usia 56thn ( sebagai persiapan pensiun ) , meninggal dunia, mengalami kecelakaan kerja dan cacat permanen , mengundurkan diri dan tidak bisa bekerja lagi di manapun dapat mengambi JHT asalkan sudah menjadi kepesertaan BPJamsostek selama tidak kurang dari 10 tahun.
Besaran yang bisa diambil ialah 10% untuk persiapan pensiun dan 30% untuk pembiayaan perumahan.
Besaran iuran bulanannya ialah 5.7% gaji dimana porsi 2% di tanggung pekerja sisanya 3,7 oleh pemberi kerja.

JKK ( Jaminan Kecelakaan Kerja )
JKK bertujuan melindungi pekerja dari berbagai resiko yang di alami pekerja dimulai dari perjalanan berangkat kerja, di tempat kerja hingga sekembalinya pulang kerja.
manfaat yang bisa di peroleh ialah
– perawatan unlimited untuk kebutuhan medis,
– santunan sebesar gaji pekerja selama proses perawatan,
– Santunan kematian akibat kecelakaan kerja sebesar 48x gaji
– bantuan beasiswa untuk 2 orang anak ahli waris
– mulai TK sampai kuliah sebesar Rp174 juta yang akan dibayarkan dengan syarat yang berlaku dan dilakukan secara berkala
– pendampingan dan perawatan hingga mampu bekerja kembali


Artikel Terkait (Mobile JKN aplikasi BPJS Kesehatan)

Besaran iuran Jaminan kecelakaan kerja sendiri tergantung dengan faktor resikonya

  • Untuk pekerjaan dengan tingkat resiko paling rendah,besaran iuran JKK yang harus dibayarkan sebesar 0,24% dari upah setiap bulannya.
  • sedangkan untuk pekerjaan dengan tingkat resiko rendah, iuran JKK yang harus dibayarkan sebesar 0,54% dari upah setiap bulannya
  • sementara untuk pekerjaan dengan tingkat resiko sedang, jumlah iuran JKK yang harus dibayarkan sebesar 0,74% dari upah setiap bulannya
  • dan untuk pekerjaan dengan tingkat resiko tinggi,jumlah iurang JKK yang harus dibayarkan sebesar 0,89% dari upah setiap bulannya
  • terakhir bagi pekerjaan dengan tingkat resiko sangat tinggi,besaran iuran JKK yang harus dibayarkan sebesar 1,27% dari upah setiap bulannya.


JKM ( Jaminan Kematian )
untuk jaminan kematian seperti namanya di berikan bagi ahli waris pekerja yang telah meninggal dunia bukan akibat kecelakaan kerja dan masih aktif sebagai peserta BPJamsostek santunan berkala selama 48 bulan di berikan sekaligus sebesar 4,8 juta, biaya pemakaman sebesar 10 juta dan Bantuan beasiswa untuk 2 anak dengan bantuan pendidikan maksimal senilai Rp174 juta dan dibayar berkala sesuai aturan dan syarat yang berlaku
Untuk perhitungan iuran JKM
0,3% dari gaji untuk pekerja penerima upah dan 6800 bagi pekerja bukan penerima upah.
khusus pekerja konstruksi sebesar 0,21%

Jaminan Pensiun ( JP )
jaminan pensiun bertujuan melindungi pekerja peserta BPJS Ketenagakerjaan yang telah berhenti bekerja akibat memasuki masa pensiun atau cacat.
– untuk pekerja pensiun masa tua santunan akan di berikan uang bulanan dari pensiun hingga meninggal selama pekerja menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan lebih dari 15 tahun keanggotaan.
– bagi janda atau duda akan diberikan uang pensiun kepada ahli waris hingga si ahli waris meninggal atau menikah kembali.
– Untuk pensiun karena cacat permanen akan di berikan uang bulanan dengan minimal kepesertaan 1 bulan
– untuk pensiun anak akan di berikan peserta hingga memasuki usia 23 tahun untuk 2 orang anak
– jika pekerja meninggal dan hanya memiliki orang tua maka besaran dana yang di terima oelh orang tua sebagai ahli waris minimal 40% gaji

besaran perhitungan iuran jaminan pensiun 3% dengan pembagian 1 % dari pekerjan dan 2 % dari pemberi kerja dengan perhitungan gaji pokok + tunjangan

demikian sobat BPJS Online refreshing artikel penjelasan lengkap 4 jenis program dan besaran iuran BPJS Ketenagakerjaan 2020
sobat bisa simak artikel lebih komplit tentang BPJS Ketenagakerjaan atau sekarang di sebut BPJamsostek silahkan mengikuti link berikut BPJamsostek

Tinggalkan Balasan