Anggaran 2 Juta Rakyat Aceh Akan Ditanggung Pemerintah Aceh! terupdate 2020

Diposting pada

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Aceh meneruskan partisipasi dengan BPJS Kesehatan menyangkut tentang pelakasanaan program Jaminan Kesehatan Aceh (JKA) tahun 2020. Sehubung dilakukannya kerja sama ini , anggaran BPJS 2 juta warga Tanah Rencong ditanggung pemerintah.

Iuran ditanggung pemerintah
Iuran ditanggung pemerintah

“Melalui penandatangan perjanjian tersebut, maka sebanyak 2.090.660 jiwa penduduk Aceh yang terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan akan ditanggung anggarannya oleh pemerintah Aceh melalui program JKA 2020,” ujar Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah dalam keterangan tertulis, Kamis (28/5/2020).

Penandatanganan kerja sama digelar pada Rabu (27/5) di Kantor Gubernur Aceh . Nova menjelaskan tentang kesepakatan kerja sama akan kembali dilanjutkan dikarenakan nota kerja sama pada periode sebelumnya akan berakhir .

Di sisi lain kesepakatan baru akan mulai diberlakukan juni hingga akhir Desember tahun 2020. Dijelaskan Nova, penduduk yang tidak mengikuti JKA maka akan ditanggung oleh Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) melalui berbagai program .

Nova meneruskan kerja sama yang dilakukan oleh Pemerintah Aceh bersama BPJS merupakan kegiatan rutin yang selalu dilakukan setiap tahunnya. Kegiatan tersebut dilakukan untuk memberikan jaminan kesehatan rakyat Aceh melalui JKA.

“Awalnya program JKA ini dilaksanakan sendiri oleh Pemerintah Aceh bekerjasama dengan PT Askes (Persero). Bahkan empat tahun sebelum BPJS Kesehatan terbentuk, program JKA sudah ada di daerah ini,” kata Nova


Artikel Terkait (gmana cara mncetak eID..?)

“Setelahnya terbentuknya Undang Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional yang meleburkan PT Askes (Persero) ke dalam BPJS Kesehatan, maka kerjasama Pemerintah Aceh untuk pelaksanaan Program JKA kami lanjutkan dengan BPJS Kesehatan,” Ujar Nova.

Nova menambahkan kegiatan tentang program JKA sesuai dengan Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintah Aceh , yang memberikan delegasi seluruh rakyat Aceh harus mendapatkan jaminan kesehatan yang sama .

“itu sebabnya Pemerintah Aceh selalu menempatkan sector kesehatan sebagai salah satu program prioritas dan terpenting di Aceh,” ujar Nova.

Menurut Nova , Pemerintah Aceh berjanji akan menanggung segala bentuk iuran rakyat aceh agar nanti nya bisa memperkuat jalinan kerja sama terhadap BPJS. Ia berharap agar perjanjian tersebut dapat diterima oleh BPJS Kesehatan dengan memberikan pelayanan yang lebih baik lagi .

“BPJS kesehatan juga harus cepat merespon keluhan masyarakat, terlebih untuk situasi sekarang ini dimana wabah COVID-19 terus menebar ancaman di mana mana,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan