Apakah Kamu Merasa Insecure? Lakukan Cara ini Untuk Mengatasinya

Diposting pada

Pernahkah anda mengalami rasa insecure? Yaitu rasa keraguan,tidak percaya diri, dan tidak aman atau kata lainnya adalah seseorang yang merasa ada suatu hal yang kosong dan berusaha untuk mengisinya dengan berbagai cara .

Diketahui dari Psych Central, psikonalis Jerman bernama Erich Fromm mengatakan manusia harus mampu mengimbangi rasa tidak aman tersebut. Nah berikut ini adalah cara untuk mengurangi rasa insecure yang perlu kamu ketahui


Artikel Terkait (HRD Kini di Mudahkan urusan BPJS Kesehatan)

1.Jangan Meningkatkan Rasa Percaya Diri Dengan Omong Kosong

Omong kosong
Omong kosong

“Aku pasti berhasil!.” “Aku yang terbaik.” Kata yang sering kita dengar yang dikatakan untuk diri sendiri yang akhirnya akan menjadi semakin buruk . Mengapa seperti itu? . Dikarenakan semua itu adalah kebohongan yang sedang kamu paksakan. Setidaknya apabila kamu merasa kurang yakin terhadap suatu hal maka sebaiknya 75 persen , terimalah kenyataan bahwa kamu tidak akan berhasil. Faktanya, memang tidak semua hal bisa kamu dapatkan. Dibandingkan dengan menghibur diri dengan kebohongan semata dan akhirnya berujung kekecewaan malah membuat kamu kehilangan motivasi serta mudah menyerah.

2.Jangan Pernah Membandingkan Dirimu Dengan Apapun

Sosial media
Sosial media

Apakah kamu memiliki media sosial? Dan apakah kamu menyadari bahwa media sosial mampu membuat seseorang membandingkan dirinya sendiri dengan orang lain?. Hal demikian lah yang membuat kamu mudah semakin iri dengan apa yang dimiliki orang lain. Di media sosial, seseorang hanya menampilkan versi terbaik dari diri mereka. Sedangkan kamu tidak tahu apa yang terjadi dibelakang mereka. Jadi jangan repot repot untuk terus membaandingkan kehidupanmu.

3.Carilah Kelebihan Diri Sendiri

Bakat Diri
Bakat Diri

Kenalilah jati dirimu sendiri dan ingatkan diri kamu sendiri tentang siapa kamu serta tujuan hidupmu. Dari cara ini kamu akan lebih bersyukur. Dengan menegaskan nilai nilai yang telah kamu tentukan dan yakini tentang dirimu sendiri maka akan membuat rasa insecure yang kamu miliki akan memudar dengan sendirinya. Dikarenakan, kamu tidak lagi terfokus akan membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

4.Jadilah Dirimu Sendiri

jadi diri sendiri
jadi diri sendiri

Jadilah diri sendiri adalah cara yang penting untuk mengurangi rasa insecure , ambil saja contoh ketika kamu sedang bertemu teman teman sebaya mu , mungkin kamu tergoda untuk meniru perilaku maupun gaya mereka . Tetapi alih alih mencoba mengikuti jejak mereka, fokuslah untuk perubahan pada diri sendiri. Kamu tidak harus menjadi pusat perhatian, namun yakin bahwa pribadi kamu itu unik dan tidak dimiliki oleh orang lain .

5.Ingatlah hal yang baik yang sudah kamu lakukan

Kebaikan diri sendiri
Kebaikan diri sendiri

Cara lain untuk menghilangkan rasa insecure adalah mengingat semua hal baik yang pernah kamu lakukan. Saat kamu merasa insecure kamu seakan berfikir bahwa dunia bekerja seperti melawanmu. Ancaman serta bahaya kecil dapat muncul dari bali setiap sudut . Namun, mengingat diri kamu sebaik mungkin dapat membantu memandang dunia dengan lebih indah.

Tinggalkan Balasan