Apresiasi Sistem Rujukan Online BPJS Kesehatan by Pimpinan YLKI

By | 17 Agustus 2018

Sistem Rujukan Online di sambut baik oleh YLKI

BPJS itu merupakan paradigma baru dalam pelayanan kesehatan sehingga sudah sewajarnya di topang dengan infrastruktur kebijakan yang baru juga, saya kira dengan memanfaatkan aspek digital ini saya kira lebih pembaharuan dalam pelayanan kepada konsumen.

ads

saya kira tidak ada alasan untuk menolak ini karena justru untuk mengoptimalkan dan meningkatkan pelayanan kepada konsumen BPJS. jadi saya kira ini bentuk inovasi pelayanan publik yang berbasis digital , kami menyambut baik dengan sistem ini dengan harapan lebih mengoptimalkan pelayanan

Seperti yang sudah banyak beredar mulai tanggal 15 agustus kemarin, BPJS Kesehatan mulai menerapkan sistem rujukan online.

Dimana sistem rujukan yang di anut selama ini masih secara manual sehingga menyulitkan peserta untuk mendapatkan pelayanan, melalui digitalisasi maka di harapkan proses rujukan berjenjang dapat memberikan kemudahan serta kepastian dalam mendapatkan layanan di rumah sakit sesuai kompetensi , jarak dan kapasitas dari Rumah sakit itu sendiri meyesuaikan kebutuhan medis dari si pasien.


Artikel Terkait (Ini Kecurangan yang di lakukan Faskes Nakal)

Sistem Rujuk Online ini sudah di wajipkan kepada FKTP yang sudah terkoneksi dengan jaringan internet , dan sudah di ujicobakan pada 20.906 fasilitas kesehatan sejak 21 juni lalu. dan akan di aplikasikan secara resmi di 15 agustus 2018. secara prinsip sistem rujukan online tidak berbeda dengan sistem rujukan manual hanya saja sistem online lebih unggul dalam kecepatan komunikasi data karena semua dilakukan secara oline dan realtime.

Dengan sistem ini peserta dapat mendapatkan kemudaha – kemudahan sebagai berikut.

  • Peserta tidak perlu membawa surat rujukan

Dengan rujukan online peserta yang kehilangan atau ketinggalan surat rujukannya tidak usah khawatir karena semua data peserta sudah terecod dalam sistem rujukan online baik oleh FKTP maupun di Rumah sakit , cukup menunjukkan kartu peserta BPJS Kesehatan , maka Rumah sakit akan cek data di sistem bila sesuai maka akan di layani meski tidak menunjukkan surat rujukan.

  • Proses Antrian panjang Akan Terkurangi

data peserta sudah tercatat di database antar fasilitas kesehatan, sehingga pelayanan peserta JKN-KIS pun menjadi lebih cepat karena data tidak perlu di-input ulang pada saat pendaftaran inilah yang mengurangi proses antrian panjang yang sering peserta keluhkan, termasuk data diagnosa penyakit yang diderita peserta. Selain itu, peserta JKN-KIS juga mendapat kepastian rujukan ke fasilitas kesehatan yang kompetensinya sesuai dengan kebutuhan medis peserta yang bersangkutan.

Nah sobat BPJS Online mari kita dukung terus inovasi layanan dari BPJS Kesehatan agar terus maju demi kemaslahatan bersama.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *