Bayi Lahir Langsung Punya BPJS Kesehatan

By | 23 Juni 2016

bayi bpjs kesehatan

bayi bpjs kesehatan

Jika sebelumnya ada bayi yang baru di lahirkan menderita gangguan kesehatan maka biaya tersebut tidak di cover oleh BPJS Kesehatan meskipun ibu si bayi merupakan peserta BPJS Kesehatan baik mandiri maupun PBI.

meski dalam proses kelahirannya sendiri biaya di tanggung oleh BPJS Kesehatan milik sang ibu namun sangat riskan jika ternyata bayi tersebut ada kelainan kesehatan biayanya tidak di cover BPJS ibu tersebut. hal ini lah yang sering memicu polemik dimana orang tua merasa sudah menjadi peserta BPJS Kesehatan namun masih tetap di kenakan biaya.

meski BPJS Kesehatan sendiri telah memberitahukan jauh – jauh hari bahwa pendaftaran bayi menjadi peserta BPJS Kesehatan bisa dilakukan meski masih dalam kandungan dan belum memiliki nama sekalipun bisa di daftarkan menjadi peserta BPJS. ( [Wajib baca] Melahirkan Pakai BPJS )

ads

ternyata aturan tersebut tetap tidak efektif masih banyak masyarakat belum memahami jika bayi sudah lahir kedunia harus menjadi peserta BPJS Kesehatan terpisah dengan ibunya. masih banyak kasus peserta kecewa lantaran bayinya tidak di biayai oleh BPJS Kesehatan.

problem semacam ini sepertinya telah di tangkap oleh Pemprove DKI Jakarta yang mana pada hari rabu ( 22/06/2016) Pemprove DKI dengan BPJS Kesehatan mulai memeberlakukan pendaftaran kepesertaan bagi bayi yang baru lahir langsung memperoleh kepesertaan BPJS Kesehatan tanpa prosedur yang rumit.

namun fasilitas tersebut hanya di peruntukkan bagi peserta PBI ( penerima Bantuan iuran ) , bagi peserta mandiri ya tetap mengurus sendiri.


Artikel Terkait (Ohh..! Ini tho Penyebab RS enggan Kerjasama dengan BPJS)

kemudahan seperti ini sepertinya perlu di ikuti oleh daerah lain supaya tidak terjadi kasus bayi sakit di biarkan terlantar lantaran orang tuanya belum mendaftarkan si jabang bayi sebagai peserta BPJS Kesehatan.

“Kini peserta PBI dari APBN maupun APBD dapat mendaftarkan bayinya yang baru lahir melalui rumah sakit. Dalam pelaksanaannya, RS Koja Jakarta Utara ditunjuk Pemprov DKI Jakarta sebagai rumah sakit pertama yang mengimplementasikan layanan pendaftaran khusus tersebut,” ujar Fachmi dalam acara Launching E-Samsat, E-Ticketing, Jakarta Smart City dan Pelayanan Akte Kelahiran Terintegrasi dengan RSUD DKI Jakarta dan JKN-KIS, di Balaikota, Jakarta Pusat, metrotvnews

Alur Proses Pendaftaran bayi menjadi peserta BPJS Kesehatan otomatis masih tahap ujicoba di RSUD Koja yang mana prosedurnya pihak RS akan meminta dokumen seperti KK, KTP dan buku nikah dari peserta PBI yang bersangkutan untuk kemudian di terbitkan surat keterangan kelahiran, setelah itu dokumen akan dikirimkan ke DISDUKCAPIL  melalui sistem online sehingga pihak DISDUKCAPIL dapat memberikan NIK untuk bayi yang baru lahir serta update data kependudukan , kemudian pihak DISDUKCAPIL akan melajutkan ke BPJS Kesehatan untuk dilakukan verifikasi , setelah lolos maka si bayi sudah menjadi peserta BPJS Kesehatan di tandai pihak BPJS Center rumah sakit menerima notifikasi berupa email yang berisi ID BPJS Kesehatan.

semua proses tersebut dilakukan secara online sehingga tidak berbelit – belit hanya memerlukan waktu sehari namun tetap tergantung jumlah pengajuan yang masuk pada hari itu. meski demikian jika pihak RS mengalami gangguan jaringan ketika ingin mendaftarkan secara online bisa melalui alternatif lain dengan melibatkan kantor cabang BPJS Kesehatan setempat untuk melakukan proses pendaftaranya.

“Harapan kami ke depannya, Fasilitas Kesehatan lain baik rumah sakit maupun Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) seperti Puskesmas, Klinik, atau Dokter Pratek Perorangan lain dapat mengikuti jejak RSUD Koja terkait implementasi mekanisme tersebut demi memudahkan peserta PBI yang akan mendaftarkan bayinya,” tegas Fachmi.

Gubernur DKI Jakarta Basuki ‘Ahok’ Tjahaja Purnama menyambut baik kerja sama tersebut. Sebab banyak kasus peserta JKN-KIS yang pusing karena bayi yang baru dilahirkannya belum terproteksi jaminan kesehatan.

sumber : metrotvnews

Yang di Cari:

  • daftar bpjs bayi online
  • daftar bpjs bayi baru lahir online
  • daftar bpjs bayi baru lahir
  • bpjs bayi baru lahir
  • pendaftaran bayi baru lahir
  • syarat daftar bpjs anak baru lahir
  • syarat pembuatan bpjs bayi baru lahir
  • syarat bpjs anak baru lahir
  • daftar bpjs online bayi baru lahir
  • daftar bpjs online untuk bayi baru lahir
  • daftar bpjs anak online
  • https://www bpjs-online com/bayi-lahir-langsung-punya-bpjs-kesehatan/
  • daftar bpjs bayi baru lahir secara online
  • daftar online bpjs bayi baru lahir
  • bpjs untuk bayi baru lahir
  • bpjs anak baru lahir
  • Cara daftar bpjs bayi baru lahir online
  • cara daftar bpjs online bayi baru lahir
  • apakah bisa daftar bayi baru lahir di bpjs online
  • cara daftar bpjs perusahaan bayi baru lahir

One thought on “Bayi Lahir Langsung Punya BPJS Kesehatan

  1. Uswah

    Saya ingin melaporkan kecurangan yang dilakukan oleh perusahan tempat saya pernah bekerja, PT. NAGA CIPTA CENTRAL, sebuah Galangan Reparasi Kapal yang berlokasi di Kumpe, Jambi. Sejak saya diterima bekerja disana 1 September 2014 saya menerima gaji pokok sebesar Rp. 3,000,000,- . sampai kemudian saya mengundurkan diri dari perusahaan, gaji pokok terakhir yang saya terima adalah Rp. 3,276,000,-
    tetapi ketika saya menerima laporan saldo BPJS Ketenagakerjaan (JHT) tercantum bahwa gaji pokok saya di akhir masa kerja adalah senilai Rp. 1,906,650,-.
    Maka saya merasa dirugikan karena yang seharusnya saya menerima dana JHT diatas 4juta rupiah, jadi menerima hanya sebesar Rp. 2,282,746.95 (sebagaimana tercantum di https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/infosaldojht.bpjs dengan nomer KPJ 14044219526 a/n Uswah Aqilah)
    Demikian untuk ditindaklanjuti

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *