Besar Denda BPJS Kesehatan

By | 28 Desember 2015

BPJS Kesehatan merupakan program jaminan kesehatan yang di peruntukkan bagi seluruh masyarakat agar memperoleh pelayanan kesehatan yang lebih baik secara menyeluruh dan merata.

Sehingga untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan tidak di kenakan batasan aturan yang ketat seperti ketika kita mengikuti asuransi swasta.  Semua bisa mendaftar menjadi peserta dan bahkan negara mewajibkannya.

Dengan jumlah kepesertaan yang besar tentu membutuhkan biaya yang cukup besar untuk mencover klaim dari peserta yang masih di dominasi mereka yang sakit. Jika yang sehat enggan membayar iuran maka devisit anggaran akan terus melanda BPJS Kesehatan.

Oleh karena itu BPJS Kesehatan tetap membebankan iuran kepada pesertanya dengan membagi menjadi 3 kelas dan bagi peserta yang tidak mampu membayar iuran bisa di bayarkan oleh negara.

Di dalam perjalanannya banyak peserta mandiri yang menunggak iuran sehingga untuk mengantisipasi hal tersebut BPJS Mengenakan denda sebesar 2% dari iuran kepesertaan.

Hal ini seperti yang di sampaikan Edi Wiyono Ka. Unit Manajemen Kepesertaan & UPMP4 BPJS Kesehatan cabang bandar lampung dikutip dari tribunews jika ada peserta yang menunggak iuran selama setahun bahkan lebih maka denda yang dikenakan Cuma enam bulan sehingga jika seorang peserta menunggak selama setahun maka yang di bayar iuran wajib selama 12 bulan + 2% x 6 Bulan denda BPJS Kesehatan.


Artikel Terkait (Jangan main main tanpa BPJS Ketenagakerjaan di denda 1 M)

Untuk mengantisipasi hal tersebut peserta di himbau untuk melakukan pembayaran iuran tepat waktu melalui chanel – chanel yang telah disediakan.

ads

Baca Juga: Relawan » Cara Bayar Iuran BPJS Melalui SMS banking

Perlu diketahui kepesertaan BPJS Kesehatan bersifat wajib dan seumur hidup. Kita tidak bisa berhenti sementara sedang tidak membutuhkannya sehingga jika kita tidak melakukan pembayaran iuran akan terakumulasi terus sejumlah yang tertunggak + denda BPJS Kesehatan yang dikenakan 6 bulan pertama.

Jangan sampai tagihan anda menunggak hingga bertahun – tahun sehingga akan memberatkan anda. Jika anda tidak mampu membayarnya bisa mengajukan peralihan menjadi peserta penerima bantuan ( PBI )  agar iuran bisa di bayarkan oleh negara.


Yang di Cari:

  • denda bpjs
  • denda bpjs kesehatan
  • denda bpjs mandiri online
  • pembayaran bpjs terakumulasi
  • Bayar denda bpjs on
  • cara bayar denda bpjs kesehatan online
  • cek nomer kpj untuk bpu
  • denda Satahun bpjs mandiri
  • manajemen denda bpjs kesehatan
  • menanyakan besar denda bpjs

2 thoughts on “Sakit Paru – Paru Budi Anduk Meninggal

  1. iman sulaeman

    Pertanyaan: saya bekerja enam tahun, namun berbeda beda perusahaan/ selalu take over, sampai empat kali, dan mempunyai empat kartu jamsostek dan saya hanya mempunyai satu paklaring terahir saja, setiap pindah perusahaan, perusahan baru selalu tidak mau melanjutkan kepesertaan sebelumnya, apakah saya bisa mencairkan jht saya yang empat tersebut walau hanya mempunyai paklaring terahir saja? Terima kasih

    Reply
    1. admin

      seharusnya setiap pindah perusahaan baru bapak imam melanjutkan iurannya sehingga saldo terakumulasi. untuk syarat pencairan memang harus menyertakan parklaring. jika kurang jelas sebaiknya silahkan langsung ke kantor BPJS ketenagakerjaan setempat. terima kasih

      Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *