BPJS Kesehatan di laporkan komnas HAM ke PBB

By | 27 Maret 2017

Bpjs dilaporkan komnas HAM

Bpjs dilaporkan komnas HAM

Komnas HAM ( komisi Nasional Hak Asasi manusia ) mengadukan BPJS Kesehatan ke Dewan Hak Asasi manusia Perserikatan Bangsa – Bangsa ( Dewan HAM PBB )

Secara khusus dewan HAM PBB mengirimkan team khusus pada hari jum’at 23 maret 2017 untuk mengetahui sejauh mana masyarakat Indonesia mendapatkan Hak-nya atas pelayanan kesehatan.

Dalam kesempatan tersebut komisioner komnas HAM Muhammad Nurkhoiron menyampaikan baik kekurangan maupun kelebihan pemerintah dalam member kesehatan kepada masyarakat.

ads

“Kami menyampaikan beberapa aspek yang perlu di tingkatkan,meskipun juga sudah banyak kemajuan,” ujar Nurkhoiron yang BPJS Online lansir dari halaman cnnindonesia.com

Hal yang di adukan meliputi tidak adanya tindakan preventif atas pelayanan kesehatan, Masih banyak warga yang belummendapatkan Kartu BPJS Kesehatan, dan masih sedikitnya jumlah rumah sakit yang mau menerima pasien berkartu BPJS Kesehatan.


Artikel Terkait (BPJS Kesehatan Berprestasi dengan 4 awards)

Menurut Nurkhoiron selama ini BPJS Kesehatan hanya berkonsentrasi pada tindakan penanggulangan belum ke preventif.


Ia menambahkan perlu adanya terobosan supaya bisa menjangkau masyarakat yang lebih luas dan bila perlu Komnas HAM ingin seluruh rumah sakit baik negri maupun swasta menerima peserta BPJS kesehatan.

Dengan demikian antrian panjang yang masih dirasakan pasien BPJS kesehatan semakin berkurang, makin banyak rumah sakit yang menerima semakin banyak tempat untuk berobat ungkap Nurkhoiron.

Pemerintah juga di harapkan bisa lebih galak kepada rumah – rumah sakit yang belum mau menerima pasien BPJS.

Tak hanya kekurangan saja yang di sampaikan ke utusan PBB .” Misalnya ,disbanding dengan ASKES ( Asuransi Kesehatan ) BPJS Kesehatan di anggap lebih menjangkau banyak kalangan,”

 

Menanggapi hal tersebut BPJS Kesehatan menilai jika data – data yang di sampaikan Komnas HAM ada kekeliruan.

Hal ini di sampaikan oleh kepala HUMAS BPJS Kesehatan Irfan Humaidi bahwasannya

Jumlah pemilik kartu BPJS Kesehatan dan kartu Indonesia Sehat ( KIS ) sudah mencapai 175.7 juta jiwa bisa di artikan 70% jumlah penduduk Indonesia.

“ target kita kan 2019 seluruh penduduk ikut BPJS Kesehatan ya,maka pencapaian tiga tahun ini sudah sangat baik,karena sudah menjangkau 70%. Tetapi kalau komnas HAM bilang belum banyak yang terima  kartu BPJS Kesehatan ya tidak salah juga,” kata Irfan di Jakarta Minggu 26 Maret 2016

Kedua, perihal kuantitas pelayanan di bidang kesehatan yang sangat tinggi di banding sebelum adanya BPJS kesehatan . ini bisa di artikan pemerintah telah berusaha optimal memfasilitasi pemenuhan hak warganya dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.

Dan untuk jumlah fasilitas kesehatan yang mau menerima pasien BPJS kesehatan hingga kini BPJS Kesehatan telah berkerja sama dengan rumah sakit sebanyak 2.086 atau sekitar 78% dari seluruh jumlah rumah sakit yang ada di Indonesia.

“Secara presentase, jumlah rumah sakit yang bekerja sama lebih besar dari cakupan peserta , yang artinya selaras,” ungkap irfan.

Itu artinya keselarasan antara jumlah peserta dengan jumlah rumah sakit yang bekerjasama seimbang.

Di samping itu juga BPJS Kesehatan telah bermitra dengan 20.701 fasilitas kesehatan tinggat 1 baik itu puskesmas , klinik kesehatan,dokter praktik perorangan juga dokter gigi praktik perorangan.

Misi JKN sendiri selain kuratif juga promotif ,preventif dan rehabilitatif sehingga BPJS Kesehatan bersinergi dengandinas kesehatan di propinsi ,kabupaten dan kota.

“Program promotif dan preventif yang di kelola BPJS Kesehatan lebih kepada upaya kesehatan masyarakat ( UKM ) di kelola oleh dinas kesehatan,” ungkap Irfan

Adapun contoh program promotif dan prefentifnya yaitu program pengelolaan penyakit kronis ( Prolanis) dan screening kesehatan bagi peserta BPJS Kesehatan dan KIS.contoh lainnya yakitu berupa pemeriksaan inspeksi visual dengan asam asetat (IVA) serta pemeriksaan sitologi dari serviks dan porsio atau pap smear.    

Yang di Cari:

  • apakah bikin bpjs harus ada pbb

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *