BPJS Kesehatan Memberikan Layanan Konsultasi Online Pada Masa Pandemi Covid-19

Diposting pada

BPJS Kesehatan memberikan keterangan tentang kesehatan melalui via online yaitu telemedicine . Dijelaskan bahwa BPJS akan tetap memberikan pelayanan masyarakat , terutama pada masa pandemic corona saat ini .

BPJS Kesehatan
BPJS Kesehatan

Dengan ini diperjelas untuk seluruh Rumah sakit agar meningkatkan mutu pelayanan fasilitas kesehatan kepada peserta Jaminan (JKN-KIS) . Untuk mendukung Peningkatan mutu tersebut BPJS Kesehatan Cabang Pati juga melaksanakan pertemuan bersama Tim Kendali Mutu dan Kendali Biaya (TKMKB) Cabang Pati, Kamis(14/05). Pertemuan ini dilakukan bersama TKMKB yang merupakan tim independen yang beranggotakan perwakilan dari organisasi profesi dan pakar klinis perwakilan dari Rumah Sakit .


Artikel Terkait (Sakit Paru – Paru Budi Anduk Meninggal)

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pati Tarmuji telah merancang agenda pembahasan apa saja yang akan di diskusikan pada telemedicine sebagaimana yang telah diatur dalam Peraturan Konsil Kedokteran Indonesia Nomor 74 Tahun 2020 tentang Kewenangan Klinis dan Praktik Kedokteran melalu Telemedicine pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Indonesia .Telemedicine ini kemudian di operasikan dengan fitur konsultasi Online yang telah disediakan oleh BPJS Kesehatan melalui aplikasi Mobile JKN .

“BPJS Kesehatan mendukung upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) melalui pengaturan kunjungan melalui sistem antrean dan pengurangan jam kontak langsung menjadi kontak tidak langsung melalui Mobile JKN atau sarana online,” jelas Tarmuji.

Tarmuji menjelaskan bahwa semua FKTP sudah didaftarkan dan bisa mengakses Mobile JKN Faskes , oleh karena itu diharapkan agar semua FKTP dapat memaksimalkan pelaksanaaan pelayanan konsultasi online melalui Mobile JKN.

“Saat ini semua FKTP dokter praktek perorangan, dokter penanggung jawab klinik pratama dan beberapa dokter yang didaftarkan dan bisa akses Mobile JKN Faskes. Diharapkan semua FKTP dapat memaksimalkan pelaksanaan pelayanan konsultasi online melalui Mobile JKN, terutama agar fasilitas Mobile JKN lain juga bisa dirasakan peserta seperti cek kamar tidur, cek riwayat pembayaran, cek jadwal operasi, antrean ke FKTP dan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) bahkan skrining,” katanya.

Sementara itu, Ketua TKMKN Cabang Pati dr. Widi Antono memberikan dukungan atas fasilitas konsultasi online yang diberikan oleh BPJS Kesehatan melalui Mobile JKN. Dirinya juga menjelaskan bahwa pada kondisi pandemi sepertini akan terjadi perubahan pada dunia kedokteran yaitu masalah yang menyangkut dengan pelayanan kesehatan.

“Untuk mengatasi pandemic ini memang membutuhkan terobosan-terobosan baru, salah satunya telemedicine,”kata Widi.

Ketua IDI Pati, dr. Cahyono Hadi menerangkan tentang beberapa hal yang harus dilakukan dalam pengembangan telemedicine . Diantaranya yaitu menjaga kerahasiaan pasien sesuai kompetensi dan tugas dokter, pasien diwajibkan harus memberikan keterangan persetujuan dan memberikan rekam medis baik manual ataupun elektronik yang disimpan di fasilitas kesehatan.

“Dan yang perlu diperhatikan ada hal hal yang tidak boleh dilakukan saat telekonsultasi, misalnya dokter memberikan telekonsultasi di luar fasilitas kesehatan, memberikan diagnosis dan tatalaksana di luar kompetensi, melakukan tindakan invasive melalui telekonsultasi dan memberikan surat keterangan sehat,” Ujarnya.

Tinggalkan Balasan