Cara Cek Nomor BPJS Aktif atau tidak terupdate 2020

Diposting pada

Bagi peserta yang senantiasa rutin membayar iuran BPJS Kesehatannya, tentu tidak perlu tau tips berikut. Karena dengan rutin membayar iuran setiap bulannya otomatis kartu BPJS anda akan selalu siap di gunakan.

Namun bagi peserta yang menunggak beberapa kali telat membayar dan saat ini membutuhkan pengobatan mereka jadi ragu apakah kartu yang ia miliki masih aktif atau tidak.

Sebenarnya banyak cara yang di berikan oleh BPJS Kesehatan untuk mengetahui status keaktifan kartu.

Melalui Call Center

Cara yang terbilang paling simple menurut BPJS Online, kita tinggal menghubungi nomor layanan 1500400 maka segala macam pertanyaan anda tentang keanggotaan BPJS bisa terjawab, bahkan baru – baru ini call center juga melayani pendaftaran peserta.


Artikel Terkait (AKTIFASI VIRTUAL ACOUNT)

Namun beberapa peserta menuturkan kalau menghubungi kontak tersebut susah nyambung dan jika terputus maka yang menerima sudah berganti dan harus menjelaskan dari awal lagi.

Via SMS Gateway

Metode yang ke-dua ini sudah sering BPJS Online bahas dalam artikel – artikel sebelumnya , namun guna mengingatkannya kita bahas disini lagi.

Metode ini juga cukup simpel hanya dengan mengirimkan SMS dengan format khusus , maka peserta akan mendapatkan balasan  berupa informasi tentang nomor kepesertaan aktif atau tidak.

Ikuti format berikut

NOKA NOMOR_KARTU_BPJS KESEHATAN_ANDA
Contoh       : NOKA  0001260979765
Kirim ke      : 087775500400

NIP NOMOR_INDUK_KEPEGAWAIAN_ANDA
Contoh       : NIP  0001260977779765
Kirim ke      : 087775500400

NIK NOMOR_KTP
Contoh       : NIK 357303030965
Kirim ke      : 087775500400

Bagi peserta yang mengetahui nomor BPJSnya cukup menggunakan Nomor kartu BPJSnya , bagi yang berprofesi sebagai Pegawai negri sipil bisan menggunakan NIP dan untuk peserta yang lupa nomor BPJSnya bisa menggunakan NIK KTP.

Untuk metode tersebut banyak yang mengeluhkan respon balasannya lambat, mungkin lalulintas server lagi padat sehingga lambat untuk membalas sms yang masuk.

Online melalui website

 

Bagi generasi milineal memang lebih menyukai metode pengecekan status kepesertaan melali website, mereka banyak menghindari pertanyaan – pertanyaan yang di anggap ribet ketikan harus mengghubungi call center sehingga memilih jalan cek status kepesertaan secara online.


Silahkan kunjungi official website BPJS Kesehatan disini atau melalui alternatif link dengan ketik “cek tagihan bpjs” di google pencarian.

Disini anda hanya perlu mempersiapkan data berupa NIK KTP saja.

Melalui Aplikasi BPJS Kesehatan

Nah yang paling lengkap BPJS Online sarankan anda menginstal aplikasi android yang sudah tersedia di playstore maupun apple store , tidak akan kita bahas secara detail karena semua sudah lengkap petunjuk memanfaatkannya di sini

Melalui webservice

Cek tagihan bpjs via tokopedia
Cek tagihan bpjs tokopedia

Anda bisa memanfaatkan layanaan pembayaran berbasis web atau aplikasi seperti tokopedia , bukalapak atau aplikasi – aplikasi pembayaran seperti bebasbayar paytren dan lainnya. Tinggal memasukkan nomor virtual account, anda sudah bisa mengetahui jumlah tagihan tanpa ribet.

Nah sobat BPJS sudah sangat lengkap cara mengetahui besaran tagihan BPJS anda metode mana yang paling anda sukai, dan kami sarankan tidak cuma di cek – cek doang tapu teruslah secara rutin membayar iuran BPJS supaya saudara – saudara kita yang saat ini mengalami sakit bisa terbantu melalui iuran kita. Dan BPJS Kesehatan tidak akan terus mengalami defisit keuangan jika para peserta mandirinya rutin membayar iuran.

update 13/06/2019 penambahan video

12 thoughts on “Cara Cek Nomor BPJS Aktif atau tidak

  1. Halo admin,
    Saya punya pertanyaan mengenai BPJS nih.
    Oktober 2018 yang lalu saya mulai bekerja di salah satu perusahaan di Karawang, saya pun didaftarkan BPJS Kesehatan.
    Setelah coba didaftarkan oleh perusahaan ternyata ada kendala dalam pendaftaran.
    Kendalanya saya sudah terdaftar dalam BPJS ayah saya (domisili Purwokerto, Banyumas, Jateng).
    Setelah diurus penghapusan data saya dalam BPJS ayah saya, dilakukan lagi pendaftaran oleh pihak perusahaan tapi masih gagal karena statusnya belum berubah (masih ikut BPJS ayah saya), padahal sudah diurus beberapa kali dan sudah terhapus.

    Mohon solusinya,
    Terima kasih.

Tinggalkan Balasan