Cara Daftar BPJS Kesehatan Offline Untuk Perorangan Terbaru 2017

By | 11 Maret 2017

daftar offline di kantor BPJS Kesehatan

daftar offline di kantor BPJS Kesehatan

Cara daftar BPJS Kesehatan secara offline perorangan ialah dengan mendatangi langsung ke kantor BPJS Kesehatan setempat , perbedaan yang utamanya ialah kita harus meluangkan waktu dan jika kebetulan ramai ya harus antri.

Untuk dokumen persyaratan tidak ada beda dengan cara daftar bpjs kesehatan online pada artikel sebelumnya.

BPJS Kesehatan » Cara Daftar BPJS Kesehatan Online Terbaru 2017

Namun bagi para peserta yang sudah pernah terdaftar sebagai peserta ASKES , JAMKESDA, KIS atau produk JKN lain secara otomatis telah tergabung menjadi peserta BPJS Kesehatan.

ads

Dan bagi anda yang belum pernah memiliki jaminan sosial kesehatan masyarakat ini segeralah mendaftar karena sangat besar sekali manfaatnya untuk melindungi keluarga kita.


Artikel Terkait (Menkeu: Alami Defisit dalam Tubuh BPJS Kesehatan Perlu di Perbaiki)

Cara mendaftarnya pun tidak sesulit 2 – 3 tahun lalu yang mana selain harus antri pendaftaran peserta secara offline juga sering terkendala baik jaringan lah ,sistemnya bingga antri yang berkepanjangan.

Seiring waktu BPJS Kesehatan terus berbenah dan pelayanannya terus di tingkatkan. Hal ini bisa kita lihat dari jumlah komplain terhadap instansi satu ini yang terus menurun.


Jika sobat BPJS memutuskan untuk mendaftar BPJS Kesehatan secara ofline oleh petugas akan di tanyakan mau menjadi peserta bpjs kelas berapa sebagai pengingat  perbedaan ruang kelas bukan persoalan pelayanan melainkan perbedaan ruangan perawatan saja.

Ada 3 macam kelas dalam bpjs yakni kelas I , kelas II dan kelas III yang paling banyak pesertanya saat ini ialah kelas III yang mana sebagaian pesertanya merupakan pemegang kartu KIS  dan penerima bantuan iuran (PBI) lainnya.

Untuk jumlah iuran bulanan BPJS Kesehatan terbaru 2017

  • Jumlah iuran bulanan BPJS Kesehatan kelas 3 sebesar 25.500 / bulan
  • Jumlah iuran bulanan BPJS Kesehatan kelas 2 sebesar 51.000 / bulan
  • Jumlah iuran bulanan BPJS Kesehatan kelas 1 sebesar 80.000 / bulan

Itu merupakan besaran iuran yang harus anda bayar setiap bulan nantinya jika anda sudah menjadi peserta BPJS Kesehatan perorangan.

Jangan sampai telat lewat tanggal 10 dikarenakan beberapa kali telat status kepesertaan akan di nonaktifkan.

Syarat mendaftar BPJS Kesehatan offline

  1. Foto copy KK (Kartu Keluarga ) sebaiknya di bawa juga yang asli
  2. Foto copy KTP /passpor siapkan masing -masing 1 lembar
  3. Foto copy buku tabungan , cukup salah satu keluarga yang ada di dalam KK
  4. Pass Foto 3 x4 semua anggota keluarga.

Berikut langkah – langkah mendaftar BPJS Kesehatan secara offline

Silahkan mendatangi kantor BPJS Kesehatan terdekat , ingat ya BPJS Kesehatan bukan BPJS Ketenagakerjaan karena keduanya memiliki kemiripan..

Setelah mengambil nomor antrian silahkan mengambil formulir DIP ( Daftar Isian Peserta ) yang sudah di sediakan tanya saja ke petugas jika tidak tau tempat pengambilannya serta lampirkan seluruh berkas yang di minta.

nomor antri bpjs

nomor antri bpjs kesehatan

Setelah tiba nomor giliran serahkan data ke petugas BPJS Kesehatan untuk dilakukan pendaftaran. Petugas kemudian memberikqn nomor Virtual Account ( VA ) yang menjadi bukti anda telah di daftarkan.

Setelah mendapatkan nomor VA tersebut silahkan melakukan pembayaran iuran pertama anda bisa melalui ATM, Teller bank yang telah bekerjasama dengan BPJS, Kantor Pos, PPOB maupun Toko Retailer.

Setelah membayar serahkan kembali bukti pembayaran ke petugas BPJS Kesehatan agar di berikan kartu peserta. Meski demikian kartu anda belum bisa di gunakan karena ada masa tunggu 14 hari baru aktif.

Demikian cara daftaran BPJS Kesehatan ofline yang mungkin sedikit ribet harus bolak – balik ke kantor BPJS Kesehatan. Meski beberapa sobat BPJS Online sudah beralih mendaftar secara online tetapi bagi sebagian orang cara offline masih diminati lantaran kita mendapatkan Kartu kepesertaan plus bisa tanya – tanya kepetugas BPJS yang ganteng – ganteng dan cantik – cantik.

ilustrasi bpjs offline

ilustrasi bpjs offline

Alternatif daftar BPJS Kesehatan offline

Daftar secara offline melalui bank yang telah bekerjasama yanki BANK MANDIRI , BRI ,BNI tidak perlu 2 kali antri karena bisa langsung daftar dan bayar di tempat. Namun anda hanya mendapatkan E-id bukan kartu BPJS Kesehatan.

silahkan sobat BPJS pilih cara mana yang paling efektif buat anda.

Yang di Cari:

  • daftar bpjs perorangan
  • https://www bpjs-online com/cara-daftar-bpjs-kesehatan-offline-untuk-perorangan-terbaru-2017/
  • cara mengurus bpjs
  • persyaratan bpjs perorangan
  • syarat pembuatan bpjs
  • persyaratan bikin bpjs
  • bpjs perorangan
  • cara daftar bpjs kesehatan perorangan
  • syarat mengurus bpjs
  • syarat bikin bpjs perorangan

3 thoughts on “Cara Daftar BPJS Kesehatan Offline Untuk Perorangan Terbaru 2017

  1. sukis

    sy dibuatkan kartu BPJS dr BRI karena syarat pengajuan KUR, pertama sy byr 27rb, setelah itu belum byr sama sekali sampe skrg sdh berjalan 17bulan. Sy blum byr karena kartu BPJS sy rusak kena hujan, dompet basah semua, sy blum kepikiran waktu itu mau ngurus krn msh byk hal yg harus sy kerjakan, sampai tiba saatnya skrg sy sdh byk waktu longgar mau sy urus.
    pertanyaan sy, langkah awal yg harus sy lakukan apa..? mengingat sy jg tdk tahu no BPJS sy kalo mau bayar gmn..? apa kah bisa dilihat dr KTP saja..? trus kira2 apakah ada denda dlm pembayaran sy nanti..? apakah ada web online yg bisa ngecek no.BPJS hanya dg menggunakan KTP saja..?

    Reply
  2. m. irwan bani s

    daftar bpjs, kk tidak terdaftar, mohon pencerahan

    Reply
  3. ABDUL LATIF

    bagaimana cara memperbaiki data di jamsostek bila nama di KTP dan nama di kartu jamsostek ada perbedaan huruf

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *