Cara Mencairkan Jamsostek BPJS TK 100% Taktersisa

By | 15 Mei 2016

cara mencairkan jamsostek BPJS Ketenagakerjaan

image cara mencairkan jamsostek By BPJS Ketenagakerjaan

Artikel ini bukan cara mencairkan jamsostek BPJS Ketenagakerjaan 100 % full tersisa 0 melainkan lebih membahas  syarat – syarat yang harus dipenuhi supaya JHT bisa dicairkan keseluruhan.

Pihak bpjs ketenagakerjaan sendiri tidak memperbolehkan peserta yang masih aktif bekerja tapi ingin mengambil keseluruhan Jaminan Hari Tua nya.

namun sesuai peraturan pemerintahan no 60 2015 JHT bisa diambil keseluruhan saldonya selama memenuhi ketentuan – ketentuan berikut ini.

ads

1.Peserta bpjs ketenagakerjaan sudah berusia 56  atau lebih

secara umum usia ini memang sudah memasuki masa pensiun sehingga diperkenankan mengambil saldo JHT secara keseluruhan untuk persyaratan nya sendiri cukup membawa kartu asli ,surat keterangan perusahan ,KTP,KK,dan , buku tabungan.

2.Peserta sudah resign atau berhenti kerja.


Artikel Terkait (BPJS Ketenagakerjaan Fun Run 2015)

dengan membawa kartu kepesertaan asli, surat keterangan berhenti kerja ( paklaring) ,KTP ,KK,serta buku tabungan.

peserta bisa mengajukan pengambilan JHT 100 % dikantor bpjs ketenagakerjaan terdekat . dan jangan lupa seluruh dokumen di foto copy minimal rangkap 3 . dan perlu diketahui minimal masa pengunduran diri atau berhenti kerja sudah melewati satu bulan.

3.Bagi peserta bpjs ketenagakerjaan yang sudah meninggal.

Jika peserta telah meninggal dunia ahli waris bisa mengikuti petunjuk cara mencairkan jamsostek bpjs tk pada artikel ini yaitu mengajukan permohanan pengambilan uang JHT dengan membawa persyaratan sebagai berikut

kartu jamsostek atau bpjs ketenagakerjaan asli milik almarhum peserta , paklaring atau surat keterangan perusahaan almarhum bekerja , KTP almarhum, KK , surat keterangan kematian , surat keterangan ahli waris dari desa , KTP ahli waris , buku tabungan ahli waris.

semua dokumen di copy satu rangkap untuk surat keterangan kematian wajib dilegalisir dari institusi yang mengeluarkan( Bisa Rumah sakit/Desa)  . begitu juga surat keterangan ahli warisnya dilampirkan beserta dokumen asli.

Terkait: ( BPJS Ketenagakerjaan » Cek JHT Online 2016 )

4.Pencairan JHT full bagi peserta yang mengalami cacat total tetap

Bagi peserta bpjs tk yang mengalami kondisi ini bisa mengambil dana simpanan JHTnya secara penuh dengan membawa kartu jamsostek atau bpjs Ketenagakerjaan asli ,paklaring , KTP , KK , surat keterangan mengenai cacat total tetap dari pihak rumah sakit serta buku tabungan .

silahkan persyaratan tersebut di copy beberapa rangkap serta melampirkan dokumen aslinya . terkhusus peserta yang mengalami cacat jika tidak mampu mengambil sendiri bisa memberi kan kuasa pengambilan oleh pihak lain dengan membuat dokumen tambahan berupa surat kuasa .

5.Peserta meninggalkan indonesia

ini umumnya terjadi pada peserta bpjs ketenagakerjaan warga negara asing (WNA ) bagi mereka yang mungkin telah habis masa tugasnya atau kontraknya sehingga berencana untuk meninggalkan indonesia. tidak berencana kembali lagi maka bisa mengajukan permohan pengambilan JHT dengan melengkapi dokumen persyaratan sebagai berikut

kartu peserta asli , surat keterangan selesai kontrak atau berakhirnya masa tugas di indonesia, pasport, serta visa khusus pekerja WNI . silahkan di foto copy minimal rangkap 1 serta dokumen aslinya.

Lantas bagaimana bila kartu BPJS Ketenagakerjaan saya hilang ?, Ada perbedaan nama antara kartu dan KK, atau perusahaan saya sudah tutup tidak bisa mendapatkan paklaring dan kendala – kendala kecil lainnya kemana saya harus bertanya ?

anda bisa menanyakan langsung ke petugas BPJS Ketenagakerjaan di kantor BPJStk. Nanti akan di berikan solusi serta arahan untuk mengurus dokumen pengganti sebagai syarat dokumen yang bermasalah.

Saya malas antri apakah tidak bisa via online saja ? jika via online atau call center petugas tidak bisa langsung memberi keputusan jika terdapat dokumen yang bermasalah karena tidak melihat secara fisik keabsahan dokumen tersebut.

terjadinya antrian di kantor – kantor BPJS Ketenagakerjaan dikarenakan tidak seimbang antara jumlah petugas yang melayani dengan peserta yang dilayani. belum lagi jika ada peserta dengan dokumen yang tidak lengkap secara otomatis memperlama proses pengajuan klaim dan tentu saja menghambat peserta lainnya. oleh karena itu lengkapilah dokumen persyaratan supaya prosesnya cepat .

demikian info cara mencairkan jamsostek BPJS TK 100% full bagi anda yang memenuhi persyaratannya langsung saja mendatangi kantor bpjs ketenagakerjaan terdekat.

Yang di Cari:

  • syarat pencairan jamsostek terbaru
  • syarat mencairkan bpjs ketenagakerjaan 2016
  • syarat mengambil jamsostek
  • https://www bpjs-online com/cara-mencairkan-jamsostek-bpjs-tk-100/
  • syarat klaim BPJS
  • syarat pencairan bpjs tenaga kerja
  • cairkan bpjs ketenagakerjaan
  • persyaratan klaim bpjs
  • syarat mengambil jamsostek 2016
  • syarat pencairan bpjs ketenaga kerjaan
  • syarat mencairkan dana bpjs ketenagakerjaan
  • syarat pengambilan jht jamsostek terbaru
  • persyaratan cairin bpjs
  • mencairkan dana bpjs ketenagakerjaan
  • syarat cairkan bpjs ketenagakerjaan
  • syarat pengambilan dana jamsostek
  • cara pengambilan bpjs pensiun
  • persyaratan pencairan bpjs ketenagakerjaan 2016
  • cara pengambilan uang bpjs ketenagakerjaan
  • syarat klaim jht

66 thoughts on “Cara Mencairkan Jamsostek BPJS TK 100% Taktersisa

  1. galih eka

    berarti jikalau d berhntikan krn trkna pngurngan bisa di cairkan dong saldo bpjs saya ..
    mhon informasinya ..

    Reply
  2. Rizal

    permisi, saya saya sudah brhenti bekerja di suatu perusahaan. Dan saya kemarin mengajukan klaim namun sampai sekarang masih blum ada balasannya.

    Reply
    1. admin

      Silahkan Hub Call cennter BPJS Ketenagakerjaan 1500910 , untuk mendapatkan backlink silahkan link dulu web ini gan. terima kasih

      Reply
  3. Eddy Dwinanto

    Saya karyawsn kontrak 9 bulan. Dan resign 31 mei 2016. Saat ini saya masih belum bekerja.

    Apakah bisa dicairkan untuk jamsostek bpjs saya? Mohon tanggapannya.

    Salam,

    Eddy

    Reply
  4. Kohar

    2.Peserta sudah resign atau berhenti kerja.

    dengan membawa kartu kepesertaan asli, surat keterangan berhenti kerja ( paklaring) ,KTP ,KK,serta buku tabungan.

    peserta bisa mengajukan pengambilan JHT 100 % dikantor bpjs ketenagakerjaan terdekat . dan jangan lupa seluruh dokumen di foto copy minimal rangkap 3 . dan perlu diketahui minimal masa pengunduran diri atau berhenti kerja sudah melewati satu bulan.

    mohon untuk dikonfirmasi, apakah benar semua syarat-syarat diatas sudah bisa di approve atau masih ada syarat yang lainnya, yang nanti malah mempersulit ketika akan di klaim?

    Terima kasih.

    Reply
    1. admin

      informasi terakhir yang kami terima memang demikian, jika ada update terbaru akan kami infokan melalui website ini, terima kasih..

      Reply
      1. Kohar

        mungkin yang berhenti dibawah 2015 masih bisa klaim JHT hanya dengan syarat-syarat diatas, tapi saya dapat informasi bagi yang berhenti kerja diatas tahun 2015 wajib menyertakan surat laporan berhenti kerja yang dilaporkan oleh pihak perusahaan dan ditembuskan ke dinas tenaga kerja. tanpa itu tidak bisa klaim JHT. Bagaiman tentang hal itu, mohon informasinya? Terima kasih

        Reply
        1. admin

          Pak kohar
          jika kondisinya bapak resign per 1 september 2015 ke atas memang harus melengkapi dokumen berupa KPJ,KTP,KK,Parklaring,Buku Tabungan, serta Surat Pengunduran diri yang di laporkan ke disnaker.
          semua itu wajib dan bisa di ajukan ke Kantor BPJS ketenagakerjaan terdekat. semoga membantu

          Reply
          1. Kohar

            Iya itu maksud saya juga begitu min harus sertakan Surat Pengunduran diri yang di laporkan ke disnaker., tempat saya bekerja kan bukan berupa perusahaan profit, tapi lebih ke NGO, untuk para pengurusnya lebih ke pekerja sosial dan NGO ini hanya terdaftar di dinas sosial tidak terdaftar di dinas tenaga kerja. berarti bisakah Surat Pengunduran diri yang di laporkan ke dinsos atau tetap harus ke dinasker? JHT itu kan diibaratkan uang tabungan peserta selama dia bekerja dan peserta yang ingin klaim itu memang benar telah resign, kenpa tidak dipermudah dengan tanpa menyertakan Surat Pengunduran diri yang di laporkan ke disnaker pun tetap bisa klaim, kalau harus menyertakan Surat Pengunduran diri yang di laporkan ke disnaker itu lumayan sulit untuk sekelas NGO yang para pekerjanya diberikan jaminan. bolehkah dikirimkan contoh Surat Pengunduran diri yang di laporkan ke disnaker nya ke email saya. [email protected].
            Terima kasih.

  5. Rizqia

    Dear, mau bertanya..
    Tahun 2011-2013 saya bekerja di perusahaan A, kemudian resign dan 2013-2014 saya bekerja di perusahaab B, kemudian resign lagi dan skrg saya bekerja di perusahaan C.

    Kondisi skrg msg bekerja di perusahaan C, apakah saya bisa mencairkan dana bpjs dari perusahaan A dan B ?

    Reply
    1. admin

      untuk saat ini bagi peserta yang masih aktif bekerja disarankan menggabungkan semua kepesertaan yang dimiliki menjadi 1 kepesertaan dimana bekerja saat ini. semoga membantu

      Reply
  6. Rizqia

    Dear admin..
    Untuk menggabungkan nya bgmn ya?
    Ini berarti kartu bpjs saya hanya akan berlaku 1 kartu saja ya? Karena saat ini saya punya 3 kartu..

    Kemudian untuk saldo bpjs saya apakah akan terakumulasi semua dari kartu apabila digabungkan?

    Reply
  7. Eko andri w

    Saya bekerja di jakarta,,tinggal di ciawi kab bogor,,untuk paklaring yg di legalisir disnaker itu bisa di disnaker mana saja kan??

    Reply
  8. Bambang

    Itu untuk pelaporan ke depnaker bawa surat pengantar tidak bekerja lagi dan surat referensi kerja bukan?
    Nah, kalau keadaan dipecat dan perusahaan tidak mengeluarkan surat referensi gimana?
    Masih belum ngerti sebenernya yang di bawa ke BPJS itu surat referensi nya atau surat keterangan yang ke depnaker itu?

    Reply
    1. admin

      Bapak bambang yth
      surat referensi kerja atau surat pengalaman kerja fungsinya untuk mencari pekerjaan baru berbeda dengan surat pemutusan hubungan kerja di mana fungsinya sebagai bukti bapak sudah tidak memiliki ikatan hubungan kerja lagi dengan perusahaan tersebut.

      jika bapak keluar (maaf ) mungkin karena sesuatu hal upayakanlah dan jelaskanlah mengenai ketentuan Permen 12/2007 kepada manajemen Perusahaan, agar Saudara bisa memperoleh “dana jamsostek” JHT yang menjadi hak Saudara.

      jika sebuah perusahaan memberhentikan seorang karyawan tanpa mengeluarkan surat tersebut maka secara hukum anda masih karyawan dan masih bisa menuntut hak sebagai karyawan.

      semoga membantu..

      Reply
      1. Bambang

        Waktu itu saya hanya diberikan surat keterangan bahwasanya telah dikeluarkan dari bpjs oleh perusahaan. Apakah itu bisa dijadikan lampiran untuk pencairan dana JHT?

        Reply
  9. afni

    Suami saya resign dari perusahaan sebelumnya April kemaren. Nah di perusahaan yg baru ini gak ada sistim BPJS. Kalo sakit ya minta surat klaim langsung ke tempat berobatnya. Kalo gitu, udah bisa di cairkan belum dana nya?

    Reply
    1. admin

      Mohon di perjelas yang ibu maksud BPJS Kesehatan atau BPJS ketenagakerjaan ?

      Reply
      1. adin

        Saya mempunyai 2 kartu BPJS ketenagakerjaan, di 1 perusahaan.
        Untuk yg pertama itu periode 2014,
        Dan yang satunya lagi periode 2015.
        Apakah untuk yg periode 2014 bisa claim JHT 100% tanpa surat dari disnaker?
        Dikarenakan saya hanya dapat suratnya untuk periode 2015 saja.
        Mohon pencerahannya ya min ????

        Terimakasih 🙂

        Reply
  10. Dewi

    Dear admin..mhn infonya..Suami sy mau resign dr kntr A pd thn 2012, dan berkerja kmbali di kntr B, tetapi kartu jmsosteknya Kantor A tdk per panjang dkntr B,d kntr B dibuatkan Baru kartu jmsosteknya.. Apakah bs dicairkan jmsosteknya yg dr Kantor A yg sdh lbh dr 6 thn masa keangotasnnya.. makasih

    Reply
  11. erwin

    Per tanggal 31 agustus 2016 saya sudah tdk bekerja lagi.mau nanya kapan saya bisa mencairkan seluruh dana bpjs saya mohon infonya.

    Reply
  12. Ima

    apakah eklaim BPJSTK msh berlaku atau tdk? Kenapa tidak bisa buka link eklaim ? Mohon balasan. Terima kasih

    Reply
  13. vivi

    admin saya mau tanya. saya karyawan resign dengan masa kerja 11 bulan, kemudian saya berencana ingin mencairkan dana bpjs ketenagakerjaan saya di perusahaan terakhir saya bekerja. yg saya ingin tanyakan apakah ketika nanti saya bekerja lagi di perusahaan baru status bpjs ketenagkerjaan saya menggunakan nomer yg lama untuk dilanjutkan atau dengan pembuatan kartu baru diperusahaan yg baru. terimakasih

    Reply
  14. Hendra

    BPJS mengeluarkan surat yang ditujukan kepada Kepala Dinas Tenaga Kerja & Transmigrasi Prov. DKI Jakarta tertanggal 29 Maret 2016 dengan no. surat : B/220/032016, Perihal Pembayaran Manfaat Jaminan Hari Tua (JHT) BPJS Ketenagakerjaan bahwa di point 4 disebutkan :
    4. BPJS Ketenagakerjaan tidak mewajibkan adanya bukti tanda tangan atau stempel dari Dinas Tenaga Kerja dalam pengurusan pengajuan klaim JHT.

    Tertanda tangan Bapak Endro Sucahyono (Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah DKI Jakarta).

    Dalam surat tersebut ditembuskan juga kepada Bapak Adie Mulyadi S. ( Kepala Bidang Pelayanan, Kantor Cabang Jakarta – Pulogebang).

    Semoga keterangan surat di atas bisa menjadi rujukan bagi yang akan meng-klaim pembayaran JHT BPJS Ketenagakerjaan.

    Terima kasih

    Reply
  15. Okky

    Min mau tanya, untuk KK nya itu yang asli atau yang fotocopy ? Misalnya yang aslinya hilang gmna min ?

    Reply
  16. fauzan

    Dear Admin,

    mohon bantuannya terkait 1 syarat yang diperlukan untuk pencairan dana JHT bagi karyawan yang sudah berhenti bekerja periode tahun 2016 yang harus melampirkan Surat Pengunduran diri yang di laporkan ke disnaker.

    surat seperti apakah yang dimaksud diatas? apakah kita sendiri pribadi yang mengurus ke Disnaker atau bagaimana?

    mohon pencerahannya

    Terima kasih

    Reply
  17. Kaisar

    Dear Admin

    Saya pegawai kontrak, setiap 1 tahun ganti vendor perusahaan & sampai saat ini sudah 4 kali ganti vendor perusahaan.
    sekarang saya mempunyai 4 kartu bpjs ketenagakerjaan.
    Pertanyaannya apakah saya bisa mencairkan dana bpjs ketenagakerjaan saya yg diperusahaan 1,2, & 3?

    Dan kalau melihat pernyataan admin diatas untuk menggabungkan kepersertaannya menjadi satu. Bagaimana caranya?

    Mohon dijawab & Terima kasih

    Reply
  18. Saripudin

    Min kalo buku tabungan yang waktu saya kerja sudah tidak aktif karna kartu atm nya hilang bagaimana min ?
    Dan saya sudah berhenti dari kerjaan itu sejak tahun 2014 , apa peraturan nya sama dengan prosedur yg diatas untuk mencairkan dana JHT tersebut sama ?

    Reply
  19. pemungkas

    Saya sudah melakukan pengajuan penciran.
    Data/syarat lengkap sudah saya serahkan ke kantor cabang jogja.
    Dana tidak bisa langsung cair katanya menunggu verifikasi pusat.
    Sudah lebih 2minggu tidak ada progress.
    Apa yg harus saya lakukan???

    Reply
  20. Gita

    Saya sudah resign, dan mau mencairkan bpjs ketenagakerjaan saya. Namun saya tidak dapat park laring, cuma dapet surat disnaker dari bekas tempat saya bekerja. Apakah masih bisa dicairkan? Mohon dijawab.
    Terimakasih

    Reply
  21. Anita

    Maaf pak saya mau tanya. Saya sudah resign dan sudah tidak bekerja di perusahaan mana pun.
    Saya sudah ada parklaring, ktp, kk, dan buku tabungan. Apakah saya sudah bisa mencairkan bpjs tk?
    Terimakasih

    Reply
  22. hendri

    mohon penjelasannya mengapa harus menunjukkan kartu keluarga asli. soalnya skrg saya di jakarta sedangkan KK masih di daerah, trus ktp juga daerah. sehingga malah bikin ribet ngurus domisili & minta dikirimi kk dari kampung padahal saya dari daerah terpencil. mohon birokrasi bisa dibikin lebih mudah krn skrg ktp sdh online. trmksh

    Reply
  23. Hendrik

    Mas mau nanya, sya resign per 26 Agustus 2016, apa bisa klaim jhtnya ya,
    Tp kok accounting sya masih aktif.
    Pdhal di paklaring per 26 Agustus 2016.
    Trimakasih

    Reply
  24. Penti nopentina

    Maaf min saya mau tanya,,saya bekerja di perusahaan A tahun 2012-2014 kemudian saya resign dan off tidak bekerja selama 1 tahun,,dan pada tahun 2015 sya bekerja kembali di perusaah B pada bulan juli tptnya tgl 30 juli saya resign lagi dari perusahaan B,yang saya tanyakan saldo jht saya ktika bekerja di perusahaan A masih berlaku soal nya saya off 1 taun dan belum saya cairkan,, ketika saya mau klaim knpa sldo jht hanya ada dari perusahaan B saja,,saya mau cek laporan jht tahun tidak bisa karna status kepesertaannya sudah nonaktif,,itu solusinya gimana ya supaya saya bisa lihat laporan tahunan jht ktk saya bekerja di perusahaan A?

    Reply
  25. ikbal

    Admin saya mau tanya..
    Saya mau mencairkan dana bpjs saya
    Saya sudah resign pertanggal 19 oktober 2012..
    Persyaratannya apa ya yang harus di lengkapi..

    Reply
  26. udin

    Maaf,mau tanya..kalau untuk pengajuan klaim bisa di wakilkan ga..kalau bisa syaratnya apa ya…trims.

    Reply
  27. Kartika

    Dear Admin,

    Saya bekerja di 3 perusahaan selama 6 tahun terakhir.
    Sekarang sudah resign dan tidak lagi bekerja di kantor.
    Untuk semua syarat pencairan BPJS Ketenagakerjaan saya lengkap, kecuali paklaring.
    Dari 2 perusahaan pertama, semuanya mengeluarkan paklaring; namun perusahaan ketiga (terakhir) tidak mengeluarkan paklaring dan hingga kini tetap tidak ada tindak lanjutnya padahal saya sudah 2 tahun resign dari perusahaan terakhir.
    Apakah saya tetap bisa mencairkan 100% BPJS Ketenagakerjaan saya hanya dengan 2 surat paklaring (yang terakhir tidak kunjung diproses oleh perusahaan terakhir).
    Mohon dibantu mudah-mudahan bisa.

    Terima kasih Admin .

    Reply
  28. udin

    Maaf,mau tanya..untuk pengajuan klaim bisa di wakilkan tidak..kalau bisa syaratnya apa saja..terima kasih.

    Reply
  29. gustina susanti

    admin saya mau tanya, sudah sebulan lebih saya berhenti dari tempat kerja saya yang dulu di jambi disana saya didaftarkan oleh perusahaan bpjs ketenagakerjaan ,sekarang saya sudah tinggal di padang, apakah bisa saya mengurus bpjs ketenaga kerjaan saya di kota padang? dan bagaimana proses yang harus saya lewati,? mohon jawaban nya admin, wassalam…

    Reply
  30. Apep

    Maaf pak, mohon penjelasannya. Saya memiliki 3 kartu jamsostek. 2 diantaranya sudah nonaktif(resign), dan yang 1 msh aktif (bekerja) diperusahaan yang baru. Yang akan saya tanyakan adalah apakah 2 kartu jamsostek yang nonaktif bisa langsung dicairkan saldonya? Terima kasih.

    Reply
  31. Septi

    Min bner ga klo skrg mencairkan jamsostek dengan cara online atau bisa dtg lsg dan d mana sja cabang yg busa dtang lsg

    Reply
  32. Afandi manurung

    Mau nanya admin
    Saya resign tgl 27 okt 2016.kapan BPJS ketenagakerjaan saya bisa d cairkan.
    Dan apa kah mencair kan nya itu hanya d kantor BPJS tertentu atw bebas d kantor BPJS mana saja
    Terimakasih

    Reply
  33. Selvi

    Dear admin,
    Saya terdaftar bpjs TK lbh dr 7thn.
    Per Agt 2016 saya sudah tdk bekerja dan ingin mencairkan bpjs saya. Mengenai syarat surat ke disnaker, itu seperti apa bisakah saya dikirimkan contohnya? (Email:[email protected])

    Terima kasih.

    Reply
  34. Suci

    Mau tanya,
    Saya habis kontrak per 24 sep 2015, saya pernah datang ke kantor jamsostek untuk klaim jamsostek saya.
    tapi ditolak, karena ada 1 persyaratan yg belum lengkap yaitu surat keterangan kerja ke Disnaker.
    saya sudah minta ke tempat kerja saya dulu tapi dipersulit sampai sekarang belum ada kabar.
    dulu saya bekerja di karawang sementara saya tinggal di depok.
    yang mau saya tanya,
    Apakah ada solusi untuk saya apabila tidak bisa melengkapi persyaratan surat keterangan kerja ke Disnaker?

    Reply
  35. Novia

    Mau tanya,
    Saya resign pada tahun 2014, syarat untuk pencairain dana jamsostek.saya apa saja?
    Apakah harus menggunakan surat dri disnakertrans juga?
    Mohon infonya
    Terima kasij

    Reply
  36. dwi

    anak saya bekerja kurang lebih satu tahun dari agustus 2015 sampai agustus 2016 di perusahaan karena lulus sbmptn..apakah bpjs ketenagakerjaannya bisa dicairkan?yg ingin saya tanyakan..kemana kami harus mengajukan? paklaring,kk,ktp,bku tabungan ada apakah harus melalui perusahaan tempat anak kami bekerja dulu atau kami bisa datang langsung ke kantor bpjs terdekat?atau ke disnaker dulu?isa diwakilkan tidak?jika anak kami tidak sempat datang?trimakasih

    Reply
  37. Arief hidayatullah

    Pagi admin…saya resign dr tgl 10 oktober 2016 kmaren tgl 14 november 2016 saya datang ke kantor cabang cimahi untuk pengajuan klaim pencairan jht berkas sudah saya bawa dari yg asli dan photocopy,setelah saya ajukan ternyta saya ditolak dengan alasan belum register via online,dan saya diwsjibkan untuk register via online dulu dan pilih cab cimahi baru saya biaa dayang kmbali untuk proses lanjutan,pdahal seharusny register eklaim online tidak diwajibkan,saya akhirny memutuskan untuk mengikuti prosedur tsb. Setelah saya register via online ternyata berkas saya ditolak dengan alasan harus menyertakan surat berhenti kerja dr depnaker,padhal saya sudah sertakan surat keterangan berhenti kerja yg diberikan perusahaan yg sudah dilaporkan ke disnaker, klw sudah seperti ini apa yg harus saya lakukan, dr pihak jamsostek cimahi hanya bisa pimpong sana sini gk ada solusi.

    Reply
  38. Indah

    Min mU tanya kalo hanya 1 surat paklaring aja boleh ga?sedangkan saya pnya 2 bpjs dri perusahaanyg berbeda
    Dan bisa ga ngambil karty bpjs di kantor bpjs
    Soalnya pas saya kekantor lama hrd saya bilang” blm jadi dan disuruh ambil langsung kekantor bpjsnya”

    Reply
  39. jujuk sujarwadi

    Saya mw tanya min
    Dulu saya kan bekerja di perusaha’an 1 tpi uda keluar sekarang bekerja di perusaha’an 2 dan katanya mw di daftar kan lagi untuk bpjs ketenaga kerja’an yg baru
    Untuk bpjs yg lama apa bisa di klaim kan karna sudah tidak aktif

    Reply
  40. riuh

    saran saya utk pencairan bpjs ketenagakerjaan kalau bisa lebih dipermudah lagi,seperti rujukan disnaker saya rasa tdk perlu,kalau memang utk tujuan pengetatan syarat pencairan ada baiknya pihak bpjs tenaga kerja langsung menghubungi kantor tempat si karyawan pernah bekerja yg tertera di data base bpjs tenaga kerja,karena ini riskan menjadi celah bagi para pegawai disnaker utk mempersulit keluarnya surat keterangan dari disnaker……hanya sekedar saran,mudahan jadi masukan yg membangun utk bpjs tenaga kerja kedepannya,juga utk mempermudah karyawan yg ingin mencairkan haknya,trimakasih.

    Reply
    1. admin

      ibu riuh sepertinya pernah kita bahas dalam artikel sebelumnya jika parklaring tidak perlu di stample atau memperoleh legalisir, cukup disampaikan tembusannya saja. salam bpjs online

      Reply
      1. rizal ramadani

        Surat Pengunduran diri yang di laporkan ke disnaker
        Ngurusnya gimana suratnya bikin sendiri apa paklaring dari perusahaan yg di berikan disnaker ??

        Reply
  41. Wahyu

    Ada yang bilang kalau pencairan harus dilampiri dengan pkwt, bagaimana jika tidak ada pkwt? Tapi semua syarat sudah lengkap, apakah bisa cair?

    Reply
  42. Gina

    Saya domisili di depok, trakhir kerja saya di jakarta. Kira2 dokumen utk pencairan bpjs tenaga kerjax bisa dimasukan yg di cabang depok? Atau harus di jkta/kntor pusatnya.

    Reply
  43. Rahma Nur Fitri

    Pagi, saya ingin tanya. Hari ini saya resign dari pabrik tempat saya bekerja. Dan sudah pula diberi surat pengantar untuk ditujukan ke Disnaker. Tapi, saya berencana mencari kerja di tempat lain, apakah bisa diambil lain waktu? Dan dimana saya mesti membayar apabila saya sudah tidak bekerja tapi bpjs masih aktif? Terimakasih

    Reply
  44. corry

    dear admin, saya ingin bertanya. tahun 2008-2009 saya bekerj di perusahaan A, lalu tahun 2009-2013 saya berja di perusahaan B. kartu jamsostek yang digunakan dari perusahaan A di lanjutkan di perusahaan B, lalu untuk pengajuan pencairan JHT nya apakah saya harus mempunyai surat referensi/parklaring dari perusahaan A juga, atau cukup dengan surat referens/parklaring di perusaan B tempat terakhir saya bekerja? mohon infonya yaa..terimakasih

    Reply
    1. admin

      kepada ibu corry parklaring dari perusahaan B semoga membantu

      Reply
  45. sera ayunda

    Saya di potong dri 2013 tp blm d kSih kartu nya.. Skrg saya sudah keluar dari perusahaann itu.. Mw ngambil jht tp tidak pny Kartu nya gmna..Saldo ada.. Cek d BPJSTK mobile skitar 4,4jt lmayan bgt buat modal usaha

    Reply
  46. anik

    Min mohon infonya dong.. saya 2013 kluar dr pbrik dan dpet surat brhentu trus saya kerja dtempat lain jamsostek dipabrik dlu tk lanjutin, 4 bulan saya mengundurkan diri tp tidak dibolehin trpaksa saya kabur dan gk dapet surat berhenti dr pbrik.. apakah jamsostek saya bs saya ambil.. bisa diambil semua apa cuma yg pbrik prtama yg bs diambil.. mkasih min

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *