Cara Mencairkan Jamsostek BPJS TK 100% Taktersisa

By | 15 Mei 2016

cara mencairkan jamsostek BPJS Ketenagakerjaan

image cara mencairkan jamsostek By BPJS Ketenagakerjaan

Artikel ini bukan cara mencairkan jamsostek BPJS Ketenagakerjaan 100 % full tersisa 0 melainkan lebih membahas  syarat – syarat yang harus dipenuhi supaya JHT bisa dicairkan keseluruhan.

Pihak bpjs ketenagakerjaan sendiri tidak memperbolehkan peserta yang masih aktif bekerja tapi ingin mengambil keseluruhan Jaminan Hari Tua nya.

ads

namun sesuai peraturan pemerintahan no 60 2015 JHT bisa diambil keseluruhan saldonya selama memenuhi ketentuan – ketentuan berikut ini.

1.Peserta bpjs ketenagakerjaan sudah berusia 56  atau lebih

secara umum usia ini memang sudah memasuki masa pensiun sehingga diperkenankan mengambil saldo JHT secara keseluruhan untuk persyaratan nya sendiri cukup membawa kartu asli ,surat keterangan perusahan ,KTP,KK,dan , buku tabungan.


2.Peserta sudah resign atau berhenti kerja.


Artikel Terkait (Puskesmas Menolak Bpjs)

dengan membawa kartu kepesertaan asli, surat keterangan berhenti kerja ( paklaring) ,KTP ,KK,serta buku tabungan.

peserta bisa mengajukan pengambilan JHT 100 % dikantor bpjs ketenagakerjaan terdekat . dan jangan lupa seluruh dokumen di foto copy minimal rangkap 3 . dan perlu diketahui minimal masa pengunduran diri atau berhenti kerja sudah melewati satu bulan.

3.Bagi peserta bpjs ketenagakerjaan yang sudah meninggal.

Jika peserta telah meninggal dunia ahli waris bisa mengikuti petunjuk cara mencairkan jamsostek bpjs tk pada artikel ini yaitu mengajukan permohanan pengambilan uang JHT dengan membawa persyaratan sebagai berikut

kartu jamsostek atau bpjs ketenagakerjaan asli milik almarhum peserta , paklaring atau surat keterangan perusahaan almarhum bekerja , KTP almarhum, KK , surat keterangan kematian , surat keterangan ahli waris dari desa , KTP ahli waris , buku tabungan ahli waris.

semua dokumen di copy satu rangkap untuk surat keterangan kematian wajib dilegalisir dari institusi yang mengeluarkan( Bisa Rumah sakit/Desa)  . begitu juga surat keterangan ahli warisnya dilampirkan beserta dokumen asli.

Terkait: ( BPJS Ketenagakerjaan » Cek JHT Online 2016 )

4.Pencairan JHT full bagi peserta yang mengalami cacat total tetap

Bagi peserta bpjs tk yang mengalami kondisi ini bisa mengambil dana simpanan JHTnya secara penuh dengan membawa kartu jamsostek atau bpjs Ketenagakerjaan asli ,paklaring , KTP , KK , surat keterangan mengenai cacat total tetap dari pihak rumah sakit serta buku tabungan .

silahkan persyaratan tersebut di copy beberapa rangkap serta melampirkan dokumen aslinya . terkhusus peserta yang mengalami cacat jika tidak mampu mengambil sendiri bisa memberi kan kuasa pengambilan oleh pihak lain dengan membuat dokumen tambahan berupa surat kuasa .

5.Peserta meninggalkan indonesia

ini umumnya terjadi pada peserta bpjs ketenagakerjaan warga negara asing (WNA ) bagi mereka yang mungkin telah habis masa tugasnya atau kontraknya sehingga berencana untuk meninggalkan indonesia. tidak berencana kembali lagi maka bisa mengajukan permohan pengambilan JHT dengan melengkapi dokumen persyaratan sebagai berikut

kartu peserta asli , surat keterangan selesai kontrak atau berakhirnya masa tugas di indonesia, pasport, serta visa khusus pekerja WNI . silahkan di foto copy minimal rangkap 1 serta dokumen aslinya.

Lantas bagaimana bila kartu BPJS Ketenagakerjaan saya hilang ?, Ada perbedaan nama antara kartu dan KK, atau perusahaan saya sudah tutup tidak bisa mendapatkan paklaring dan kendala – kendala kecil lainnya kemana saya harus bertanya ?

anda bisa menanyakan langsung ke petugas BPJS Ketenagakerjaan di kantor BPJStk. Nanti akan di berikan solusi serta arahan untuk mengurus dokumen pengganti sebagai syarat dokumen yang bermasalah.

Saya malas antri apakah tidak bisa via online saja ? jika via online atau call center petugas tidak bisa langsung memberi keputusan jika terdapat dokumen yang bermasalah karena tidak melihat secara fisik keabsahan dokumen tersebut.

terjadinya antrian di kantor – kantor BPJS Ketenagakerjaan dikarenakan tidak seimbang antara jumlah petugas yang melayani dengan peserta yang dilayani. belum lagi jika ada peserta dengan dokumen yang tidak lengkap secara otomatis memperlama proses pengajuan klaim dan tentu saja menghambat peserta lainnya. oleh karena itu lengkapilah dokumen persyaratan supaya prosesnya cepat .

demikian info cara mencairkan jamsostek BPJS TK 100% full bagi anda yang memenuhi persyaratannya langsung saja mendatangi kantor bpjs ketenagakerjaan terdekat.

Yang di Cari:

  • syarat pencairan jamsostek terbaru
  • syarat mencairkan bpjs ketenagakerjaan 2016
  • syarat mengambil jamsostek
  • https://www bpjs-online com/cara-mencairkan-jamsostek-bpjs-tk-100/
  • syarat klaim BPJS
  • syarat pencairan bpjs tenaga kerja
  • cairkan bpjs ketenagakerjaan
  • persyaratan klaim bpjs
  • syarat mengambil jamsostek 2016
  • syarat pencairan bpjs ketenaga kerjaan
  • syarat mencairkan dana bpjs ketenagakerjaan
  • syarat pengambilan jht jamsostek terbaru
  • persyaratan cairin bpjs
  • mencairkan dana bpjs ketenagakerjaan
  • syarat pengambilan dana jamsostek
  • syarat cairkan bpjs ketenagakerjaan
  • cara pengambilan bpjs pensiun
  • persyaratan pencairan bpjs ketenagakerjaan 2016
  • cara pengambilan uang bpjs ketenagakerjaan
  • syarat klaim jht

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *