Defisit anggaran BPJS Kesehatan Perlu perbaikan

By | 19 November 2015

defisit anggaran bpjs

defisit anggaran bpjs kesehatan

Hari ini banyak sekali media yang memberitakan adanya defisit anggaran BPJS Kesehatan.

Meski pemerintah melalui wakil presiden memastikan akan menalangi sebagian dana tersebut demi kelangsungan operasional BPJS Kesehatan, tetap saja kita tidak boleh meremehkan hal ini.

Seperti di yang telah disampaikan bapak wakil presiden kita terjadinya defisit anggaran BPJS di tahun pertama itu adalah hal wajar , seolah – olah tidak perlu dikhawatirkan.

Namun jika kita tidak melakukan upaya perubahan – perubahan BPJS Online yakin defisit anggaran BPJS tetap akan terjadi di tahun – tahun berikutnya.

ads

Perubahan tersebut tidak hanya dilakukan pada tubuh BPJS Kesehatan namun harus dilakukan ke seluruh pemangku kepentingan yang memiliki andil dalam program asuransi pemerintah ini.


Artikel Terkait (Kecelakaan ditanggung BPJS Asal?)

Perubahan pola pikir ( mainset ) harus dilakukan untuk bisa mengeluarkan BPJS Kesehatan dari jurang defisit.

  1. Perubahan pola pikir di mulai dari masyarakat

Masyarakat harus di edukasi , merubah pola pikir yang sebelumnya memiliki prinsip “berobat sekarang gratis jadi sakit tidak apa – apa “.


Sehingga banyak dari mereka enggan menjaga kesehatannya karena tidak ada kekhawatiran jika terjadi sakit. Kita lihat contohnya para perokok semakin nambah terus setiap hari tidak peduli kesehatan mereka sendiri.

Hal ini tidak bisa dikatakan adil, jika yang rajin menjaga kesehatan membayar iuran untuk membatu peserta BPJS Kesehatan yang sakit kangker akibat perbuatan merokok.

Ini bukanlah tugas yang mudah tapi tetap menjadi penting untuk menekan jumlah peserta sakit yang di dominasi sakit kronis.

  1. Perubahan di Rumah sakit / Fasilitas Kesehatan ( faskes )

Perubahan pola pikir juga harus di terapkan pada manajemen rumah sakit juga faskes – faskes kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Jangan sampai manajemen berfikiran karena semua biaya di tanggung BPJS Kesehatan ,lantas mereka mengambil keuntungan dalam situasi melalui tenaga medisnya dimana pasien yang sebenarnya hanya menderita sakit biasa dapat di sembuhkan secara cepat di diagnosa seolah – olah menderita penyakit langka yang diagnosanya selalu berubah – ubah sehingga dilakukan tindakan – tindakan seperti cek darah , kultur jaringan hingga pemanfaatan teknologi city scan yang sebenarnya tidak diperlukan.

Hal ini semata –mata untuk pemanfaatan alat / fasilitas kesehatan yang mereka miliki sehingga tagihan biaya yang harus di tanggung BPJS kesehatan menjadi sangat besar dan menguntungkan pihak pemilik fasilitas.adanya team pengawas BPJS yang di bentuk kemenkes semoga mampu mengurangi praktik ini

  1. Perubahan ketiga dilakukan pada dokter / perawat

Mengapa dokter atau perawat juga harus merubah pola pikir? Ya karena 32% kesembuhan pasien itu karena sugesti. Sugesti kepercayaan pasien terhadap dokter  yang mengobatinya.

Jika dokter / perawat sudah memiliki perlakuan berbeda terhadap pasien yang datang dengan asuransi a, dengan yang datang membawa kartu bpjs kesehatan maka kekuatan penyembuhan melalui sugesti tersebut tidak akan pernah di dapatkan.

Meskipun dokter / perawat mengaku tidak pernah membedakan itu , namun jika kita survei kepada pasien di seluruh rumah sakit kita akan menemukan jawabannya.

Saran BPJS Online dokter atau perawat tidak perlu mengetahui pasien yang di tanganinya tersebut di cover oleh asuransi atau BPJS hal ini untuk mencegah adanya perbedaan perlakuan.

  1. Perubahan juga di berlakukan bagi para wartawan media

Mereka hanya rajin memblowup kasus – kasus yang menyangkut keburukan BPJS Kesehatan yang dinilai lebih menjual.

Sangat sedikit yang mau membantu mensosialisasikankan program BPJS Kesehatan agar sampai ke masyarakat.

Baca Ini: Berita » BPJS Pusat » 3 pokok utama masalah BPJS Kesehatan

  1. Manajemen BPJS Kesehatan wajib berubah

Seperti halnya program yang di gagas pak jokowi revolusi mental, seluruh karyawan BPJS Kesehatan dari paling bawah hingga level atas harus merubah pola pikir mereka bagaimana benar – benar jiwaraganya untuk memajukan program BPJS Kesehatan sesuai bidang dan kapasitasnya.

Seringkali masyarakat di buat kecewa terutama di kantor perwakilan sudah antri lama sampai pada giliranya petugas memintanya kembali esok karena sudah waktunya tutup.

Sama sekali tidak ada loyalitas untuk memberikan pelayanan terbaik, sangat jauh ketika kita bandingkan dengan pelayanan di bank dengan kantor BPJS Kesehatan.

REVOLUSI MENTAL TANGKAL DEFISIT ANGGARAN BPJS

Dari kelima faktor tersebut merupakan opini murni dari redaksi BPJS Online menanggapi adanya berita defisit anggaran bpjs .

materi kami rangkum berdasarkan dari pertanyaan – pertanyaan yang di sampaikan melalui kami ataupun yang tersebar di media sosial semoga bisa menjadi bahan pertimbangan bagi para pemilik keputusan di BPJS Kesehatan.

Yang di Cari:

  • kotak saran bpjs ketenagakerjaan
  • kritik dan saran bpjs kesehatan
  • Kritik dan saran Bp
  • kritik dan saran bpjs
  • kritik dan saran untuk bpjs
  • kritik dan sararan bpjs ketenagakerjaan
  • saran dari pelanggan untuk bpjs
  • saran kepada bpjs ketenagakerjaan
  • saran kritik bpjs
  • saran pelayanana bpjs

One thought on “Defisit anggaran BPJS Kesehatan Perlu perbaikan

  1. maryanto

    untuk membantu solusi agar tidak terjadi defisit anggaran BPJS Kesehatan… kami usulkan agar BPJS setiap bulan mengirimkan tagihan dari Faskes setiap peserta BPJS Kesehatan ( baik yang sakit atau tidak … dikirim via WEB BPJS Kesehatan ) … dengan demikian secara tidak langsung setiap peserta BPJS Kesehatan membantu mengaudit tagihan yang masuk ke BPJS Kesehatan … kami yakin dengan cara ini dimasa datang tidak akan terjadi defisit anggaran BPJS Kesehatan … usulan ini akan kami sampaikan juga ke Menkes/Wakil Presiden dan Presiden…terima kasih.

    wassalam,
    maryanto
    08124433245

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *