Defisit ini Tanggapan Dirut BPJS Kesehatan 

By | 16 Agustus 2017

Dapat sindiran kerap defisit anggaran ari Menkes seperti yang BPJS Online muat pada artikel sebelumnya Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris turun langsung untuk meluruskan anggapan tersebut seperti yang BPJS Online lansir dari laman kompas.com

“Begini, prinsip program ini adalah anggaran berimbang. Jadi Kementerian Keuangan, Kementerian Kesehatan, Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) itu bersama-sama menyetujui rencana kerja dan anggaran tahunan,” kata Fachmi, dalam konferensi pers yang digelar di kantor BPJS Kesehatan, Jakarta Pusat, Selasa (15/8/2017).

Menurut orang nomor satu di BPJS Kesehatan tersebut bahwa antara pemasukan dan pengeluaran harus seimbang yang mana pendapatan diperoleh dari iuran peserta serta sumber dana lainnya.

Dana lainnya bisa dari hasil investasi dan dana dari pemerintah.

Dan setelah keseluruhan di kalkulasi hasil iuran dan aktuaria tidak seimbang dengan yang dikeluarkan.

ads

Fachmi juga menambahkan, iuran dari peserta untuk kelas III sebesar Rp 25.500 per bulannya. Sementara, berdasarkan hitungan aktuaria, seharusnya iuran kelas III itu sebesar Rp 53.000. Artinya, dari sini saja sudah kekurangan anggaran sebesar Rp 27.500.


Artikel Terkait (Kader BPJS Ketenagakerjaan)

Kemudian iuran masyarakat kelas II sebesar Rp 51.000 per bulan. Berdasar hitungan aktuaria, iuran program tersebut seharusnya Rp 63.000 per bulan. Dengan demikian, sudah defisit Rp 13.000.

Sedangkan untuk hitungan iuran kelas I sebesar Rp 80.000 kalau ini sudah sesuai dengan hitungan aktuaria.


Kemudian di sisi penerima bantuan, iuran berdasar hitungan fiskal sebesar Rp 23.000. Namun berdasar hitungan aktuaria iuran per bulan sebesar Rp 36.000. Artinya per kepala sudah minus Rp 13.000.

“Pertanyaannya, pasti ini kan defisit, uang pasti kurang. Jadi pertanyaannya, anggaran berimbang ini pemecahannya yang pertama kalau ingin berimbang betul, iuran disesuaikan dengan hitungan akademik,” kata Fachmi.

Siaran pers bpjs kesehatan

Siaran pers bpjs kesehatan

Yang di Cari:

  • https://www bpjs-online com/question/kenapa-waktu-cek-tagihan-data-virtual-account-tdk-ditemukan/
  • question bpjs web

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *