Di Abaikan Oleh RS karena BPJS ? Laporkan Saja

By | 31 Agustus 2015

 

diskriminasi oknum RS

 img sumber  screeninsults.com

 

Kepala Unit Management Pelayanan Kesehatan Rujukan (MPKR) Niyan Lestari menyampaikan perihal maraknya pengaduan dari masyarakat tentang diskriminasi pelayanan terhadap peserta BPJS.

Masyarakat di minta tidak perlu segan apalagi takut jika mengalami tindakan diskriminasi tersebut segera melaporkan ke BPJS kesehatan bisa melalui call center pusat atau kantor BPJS terdekat.

ads

Karena setiap warga negara indonesai tanpa terkecuali berhak mendapatkan pelayanan yang sama tanpa adanya diskriminasi.

Berikut petikan kalimat yang di sampaikan nyan lestari seperti yang kita kutip dari halaman solopos


Artikel Terkait (tidak suka dngn jawban dr petugas bpjs)

“Warga tak perlu sungkan untuk melapor atau protes kepada kami [BPJS Kesehatan] jika mendapatkan perlakuan yang buruk atau tak menyenangkan dari pihak rumah sakit. Kamilah yang nantinya akan mengingatkan dan menegur RS,” ujar Kepala Unit Manajemen Pelayanan Kesehatan Rujukan (MPKR) Niyan Lestari saat ditemui , dalam kegiatan sosialisiasi BPJS Kesehatan di Boyolali, Kamis (27/8/2015).


Bagi warga Boyolali dapat menghubungi hotline BPJS di nomor 0821-354- 850-50. Untuk menyampaikan segala keluhan.

Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), menurut Niyan, memberikan perlindungan kesehatan kepada setiap warga negara tanpa terkecuali. Sehingga, tak dibenarkan jika ada pihak rumah sakit masih membedakan layanan kepada pasien BPJS. “Jangan khawatir untuk melapor atau komplain. Orang lapor tak akan dipolisikan, sebab itu demi perbaikan layanan kesehatan kita semua,” tegasnya.

Niyan menambahkan saat ini masih banyak dijumpai di beberpa daerah yang mengalami perlakuan tidak mengenakkan dari beberapa oknum namun hanya memendamnya dalam hati tidak memiliki keberanian menyampaikan ke pihak terkait atau ke BPJS kesehatan langsung.

Dari cuplikan berita di atas kami redaksi BPJS Online menyarankan agar menyampaikan setiap keluhan perihal BPJS tanpa perlu takut akan mendapatkan tekanan. Tentunya semua harus dipastikan kembali apakah kita sudah mengikuti prosedur yang benar namun masih mendapat pelayanan yang tidak memuaskan.

Baca Juga: Menggugat BPJS

Atau malah sebenarnya kita yang melanggar ketentuan BPJS sehingga pihak RS tidak bisa memberikan pelayanan.

Lebih baik lagi jika kita memiliki bukti kuat seperti rekaman video/ capture sms atau bukti yang menguatkan lainya.

Sudah bukan zamanya lagi masyarakat kecil nerima jika ditindas oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Jadilah peserta BPJS yang cerdas.

Sumber berita solopos.co m

Yang di Cari:

  • pengaduan bpjs
  • pengaduan bpjs kesehatan online
  • keluhan bpjs
  • lapor bpjs
  • tempat pengaduan pelayanan rumah sakit
  • pengaduan bpjs online
  • pengaduan bpjs kesehatan
  • pengaduan rumah sakit bpjs
  • pengaduan pelayanan BPJS
  • pengaduan pasien bpjs
  • pengaduan pelayanan rumah sakit
  • pengaduan rumah sakit
  • cara pengaduan pelayanan puskesmas yg kurang bertangung jawab
  • pengaduan pelayanan bpsj di puskesmas
  • kemana harus komplin bpjs di persulit
  • mengadukan faskes 1
  • hotline pelayanan RSU buruk
  • wadah untuk pengaduan pasien bpjs yang tidak di hiraukan
  • cara melaporkan puskesmas ke bpjs kesehatan
  • Cara melaporkan pengaduan pihak rumah sakit

5 thoughts on “Di Abaikan Oleh RS karena BPJS ? Laporkan Saja

  1. marzuk8

    kepada bpjs kesehatan saya peserta bpjs kesehatan kecewa. saya berobat tidak sembuh dengan obat klinik bpjs. penyakit saya sembuhnya setelah meminum obat beli di apotik

    Reply
    1. admin

      Apakah bapak sudah coba tanyakan kepada dokter yang memeriksa bapak menegenai hal tersebut ?

      Reply
  2. linda dwi k

    saya peserta BPJS dan berobat kandungan di klinik yang telah di tunjuk tapi setelah melakukan USG saya di suruh membayar 100.000 karena BPJS tidak mencover mohon petunjuknya.

    Reply
  3. Monic

    Papa saya memakai bpjs untuk kemoterapi di RSCM. Sudah dijadwalkan hari selasa untuk kemo, sudah ada tanda terima obat, saat hari yg dijadwalkan papa saya tidak bisa melakukan kemo karena obat tersebut dikatakan habis padahal sudah ada tanda terima yang seharusnya jadi jatah papa saya. Apa karena bpjs obat tersebut dapat di jual ke orang lain yang berbayar?

    Reply
  4. arief

    Saya periksa di rumah sakit hermina udah dapat rujukan . Sudah daftar dan dpt antrian saya dpt antrian 10 . Tetapi setelah saya hitung antrian saya ternyata tidak benar2 nmr 10. Dan ternyata benar bagian pendaftaran mengatur antrianya.. dengan tidak mengasihkan nmr antrian kpd pasien . Katanya nanti di panggil .
    Sunggug terlalu sudah datang awal tetapi kita di singkirkan sama orang kaya berduit.

    Reply
  5. v

    Siang,
    Saya mau menanyakan perihal offlinenya sistem bpjs kesehatan hari ini, sampai kapan diperbaiki ? Adik saya ada urusan mendadak sore ini

    Reply
  6. Susanto

    Diskriminasi!!!! Sungguh kelewatan dan tdk berkeprimanusiaan! !! Pasien dengan cover bpjs di telantarkan, acuhkan, bahkan tdk diberi kepastian dan tindakan sama sekali di Rs Mh Thamrin salemba ini !!! !!!

    Reply
  7. Susanto

    Tolong tindak dokter serta pelayanan di RS ini !!! Saya mewakili suara para pasien hari ini beserta istri saya sendri yg menjadi pasien hari ini.
    Bagian poly mata
    Dokter ratna chairani, spm.

    Reply
  8. Putri

    Bapa saya dapet rujukan dr rmh sakit setia mitra, kerumah sakit siloam, tapi pengalaman saya sangat mengecewakan, krmh skt siloam tb simatupang, 3x saya bolak balik hari pertama katanya gada dokternya, hari kedua saya pun sudah antri ternyata harus telpon dulu, hari ketiga saya sudah telpon dihari kedua itu, dan sudah daftar sudah lengkap semuanya ternyata pas sampai di tempat tinggal ktmu dokternya ternyata dokternya cuti sehari.. Masya allah yaa sabar nya kaya apa ngurusin kaya gini cuman karna pake bpjs jdi dibeda bedakan sekali, knp ga confirmasi pas di loket buat daftar biar pasien ga nunggu lama,, daftar aja nunggu 3jam sendiri.. Penjaga loket nya lelehnya minta ampun dan super duper jutek.. Seharusnya rmh sebesar ini jangan memberikan pelayanan seperti ini..

    Reply
  9. Putri

    Bapa saya dapet rujukan dr rmh sakit setia mitra, kerumah sakit siloam, tapi pengalaman saya sangat mengecewakan, krmh skt siloam tb simatupang, 3x saya bolak balik hari pertama katanya gada dokternya, hari kedua saya pun sudah antri ternyata harus telpon dulu, hari ketiga saya sudah telpon dihari kedua itu, dan sudah daftar sudah lengkap semuanya ternyata pas sampai di tempat tinggal ktmu dokternya ternyata dokternya cuti sehari.. Masya allah yaa sabar nya kaya apa ngurusin kaya gini cuman karna pake bpjs jdi dibeda bedakan sekali, knp ga confirmasi pas di loket buat daftar biar pasien ga nunggu lama,, daftar aja nunggu 3jam sendiri.. Penjaga loket nya lelehnya minta ampun dan super duper jutek.. Seharusnya rmh sakit sebesar ini jangan memberikan pelayanan seperti ini..

    Reply
  10. yayan suheryana

    Saya peserta Bpjsk saya kecewa dengan klinik BAKTI MULIA yang bertempat di kec bojong kab purwakarta,obat yang d kasih obat nya jelek,
    malah dokter nya ngomong kalo mau obat yang bagus harus nambah uang, padahal klo d rupia kan ga nyampe 70rb ,katanya bpjsk sgala pengobatan d tanggung/gratis oleh bpjsk. ?
    Apakah peraturan paskes 1 harus nambah uang?

    Padahal saya ngalamin 2kali rawat inap di RS gede daerah purwakarta yg pengobatan nya hbis jutaan rupiah sama sekali tidak Bayar,
    Mohon untuk di Bantu ke pihak bpjsk untuk klinik ITU

    Reply
  11. Slamet, ST

    Pada hari Sabtu, 2 September 2017 malam saya periksa ke IGD RSI 2 Jemursari. Keluhan batuk dan sering buang air besar disertai darah. Akhirnya disarankan utk opname dengan biaya BPJS. Aku disuruh tunggu di bangsal IGD. Setengah jam menunggu tidak ada pelayanan sama sekali dengan alasan harus mengurus kamarnya dulu. Akhirnya aku menyusul istri saya (yg juga membawa anak saya berumur 5 bulan) yg sedang urus kamar di bagian administrasi. Hampir 3 jam aku mengurus bersama istri dan tidak ada kepedulian dari pihak rumah sakit terhadap pasien yg akan rawat inap. Akhirnya karena jengkel saya putuskan untuk membatalkan rawat inap. Salah seorang dokter marah-marah dg menada menantang menganggap saya mempermainkan rumah sakit. Begitukah cara manajemen RSI 2 Jemursari memperlakukan pasien BPJS dan begitukah attitude seorang dokter terhadap pasien? Masih layakkah memakai nama Islam utk rumah sakit ini? 

    Reply
  12. Paul bintang riyanto

    Saya hari tgl 13/09/2017 ini benar-benar sangat kecewa, sudah sering sekali dokter dede spesialis jantung di Rs OMNI pulomas tidak maksimal menangani pasien, khususnya pasien bpjs. Apalagi perawat-perawat di rs OMNI tersebut yang dengan santai dan tidak ramah menyuruh datang sore sementara sudah datang dari pagi, dan setelah datang sore ini ternyata disuruh menunggu sampai jam 7 malam. Sementara kondisi ibu saya yang tidak kuat menunggu terlalu lama oleh karena menderita stroke sudah jalan hampir 6thn. Jika tidak menunggu, maka harus datang control lagi untuk minta surat rujukan ke rekam jantung lagi, karena surat pengantar hanya berlaku hari itu juga. Apakah ini pelayanan yang pantas diterima penderita sakit? Sementara setiap bulannya tidak pernah telat membayarkan kewajiban bpjs untuk kelas 1. Tetapi kenapa pelayanan yang diterima selalu telat dan mengecewakan? Tolong direspon keluhan ini. Terima kasih.

    Reply
  13. amad fauzi

    bpak saya sakit tedun/ turun bero setelah dioprase 1 hari bpk jatuh dri tempat tdr dirmh sakit ‘ setalh jatuh tangan n kaki kiri ngga bisa bergerak ‘ kata dokter itu efek obat bius ‘ beberapa minggu sembuh ‘ tp ternyata setelh 4 bln blm sembuh jg bln kemrn saya minta rujukan lg ke doktr kelurga ‘ suruh ke dokter saraf yg seprti biasa ‘ n saya jg kedokter tersebut samedisana cama ditanyain doang keluahnya ap n dikasih resep obat ” emang klo menangani org sakit caraya seperti itu doaanf po gmnh sih ” sampai sekrg bpa saya jg masih sakit kaki n tanganta masih susah bergerak

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *