Dokter Demo Tuntut RS & Klinik Transparan

By | 2 Maret 2016

Para dokter di medan yang tergabung dalam (IDI) merasa tertipu atas tindakan klinik dan rumah sakit terhadap biaya atas pelayanan medis dalam penanganan peserta BPJS Kesehatan.oleh sebab itu mereka menginginkan transparansi data yang jelas didalam paket INACBG berapa besaran upah tenaga medis.

dokter demo bpjs

dokter demo bpjs kesehatan

dimana seperti yang kita ketahui dan telah BPJS Online bahas sebelumnya mengenai tehnik penghitungan biaya mengikuti ketentuan INACBG yang mana dalam suatu diagnosa menggunakan biaya per paket. contoh saja jika terdapat pasien yang di diagnosa menderita penyakit DB maka BPJS Kesehatan akan membayar sejumlah pelayanan yang akan diberikan untuk penanganan pasien penderita DB hingga pasien tersebut sembuh, masalah termanfaatkan atau tidak dari keseluruhan paket pelayanan wajib itu sepenuhnya menjadi kebijakan di lapangan.

sehingga hal ini memicu adanya praktik nakal dimana RS atau Fasilitas kesehatan tertentu meminta petugas medis-nya untuk melakukan pengurangan penanganan apabila biaya pengobatan pasien sudah mendekati plafond paket yang sudah ditentukan INACBG , tentu saja ini membuat dokter menjadi tidak maksimal dalam memberikan terapi pengobatan apabila pihak rumah sakit atau klinik sudah memberikan warning.namun sebaliknya jika baru terpakai sebagian plafond ternyata pasien sudah sembuh pihak RS atau klinik diam saja karena memperoleh keuntungan besar.

tindakan yang lebih parah lagi dimana pihak RS atau klinik sudah mewanti – wanti dokter untuk semua pasien untuk tidak diberikan pelayanan melebihi 50% plafond hal ini tentu supaya rumah sakit memperoleh keuntungan sisa 50% dari paket yang dibayarkan INACBG ,sementara pihak BPJS kesehatan mau itu pasien sembuh atau tidak tetap membayar Full atas paket biaya yang di claim pihak RS atau klinik. hal ini tentu menjadi dilema bagi pelaksana medis dimana dituntut memberikan pelayanan terbaik namun belum apa – apa pihak RS atau klinik memberikan warning sehingga pelayanan tidak maksimal.

Baca ini: Berita » Peluncuran program BPJS Kesehatan INASIS

ads

memang urusan pembayaran tenaga medis / dokter merupakan urusan internal antara pihak RS atau klinik dengan dokter itu sendiri, mau pihak RS membayar berapapun dokter – dokter mereka BPJS Kesehatan tidak perlu mencampuri dan apabila dokter keberatan dengan jumlah yang diterima bisa saja pindah ke RS lain yang mau menggaji lebih tinggi.


Artikel Terkait (Sebelum Gugat BPJS Kesehatan Pahami Ini)

Paket Hemat untuk Peserta BPJS kesehatan

namun tetap saja BPJS kesehatan tidak boleh lepas tangan Ini bukan masalah sepele karena menyangkut pelayanan pihak BPJS harus membuat sebuah system untuk mengatasi ini. karena secara tidak langsung pasien akan terkena imbasnya. meskipun nilai paket yang terdapat dalam INACBG sudah sangat bagus pembayarannya namun apabila praktik dilapangan pihak RS dan Klinik hanya memikirkan keuntungan sebesar -besarnya saja tentu pasien hanya menerima pelayanan “Paket Hemat” meskipun bisa sembuh , namun dikhawatirkan ada beberapa hak – hak peserta BPJS Kesehatan yang tidak diterima.

harus ada petugas BPJS Kesehatan khusus yang terjun ke RS atau Klinik untuk melakukan pengecekan secara detail , satu – persatu memastikan mereka memperoleh perawatan sesuai paket INACBG karena pasien BPJS kesehatan merupakan tanggung jawab BPJS kesehatan. Petugas BPJS Kesehatan yang di terjunkan jangan hanya duduk menunggu pengaduan dari pasien , pasien tidak akan mengadu karena tidak mengerti paket -paket layanan apa saja yang akan mereka terima. jikalaupun mereka mengadu itu karena sudah mendapat pelayanan yang keterlaluan.


oleh sebab itu komplain tidak komplain petugas BPJS kesehatan harus tetap mengawasi secara rutin untuk memastikan pasien – pasien peserta BPJS Kesehatan memperoleh pelayanan yang sesuai dan maksimal.

Yang di Cari:

  • dokter transparan

One thought on “Dokter Demo Tuntut RS & Klinik Transparan

  1. wahyu sigit

    Jika BPJS tidak percaya terhadap keuntungan berdasar INA CBGs. Bagaimana kalau FEE FOR SERVICE?
    Jadai apa yang telah kami kerjakan, bayarkanlah sesuai dengan yang telah kami kerjakan.
    Bagaimana Tuan BPJS?…
    Anda siap?..

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *