Ini Kecurangan yang di lakukan Faskes Nakal

By | 30 Maret 2017

Bpjs kesehatan balikpapan

Bpjs kesehatan balikpapan

BPJS Kesehatan kota Balikpapan bersama dengan Dinas Kesehatan kota ( DKK ) akan membuat Team Fraud.

Hal ini dilakukan lantaran masih banyaknya di temukan kecurangan – kecurangan yang di lakukan pihak rumah sakit dengan memanfaatkan lemahnya pengawasan di lapangan.

ads

Meski terdapat seorang petugas BPJS Kesehatan yang di tempatkan di Rumah sakit masih dirasa belum mampu menghentikan praktik curang ini.

Hal ini juga mengacu pada Permenkes no 36/2015 tentang pencegahan kecurangan ( Fraud ) dalam pelaksanaan program jaminan kesehatan pada system jaminan sosial nasional.

“ Seperti yang kami temukan pada pasien DBD tahun lalu yang meninggal. Kami telusuri alamat rumahnya berdasar data.Namun ketika sampai rumahnya yang meninggal sepupu pemilik kartu BPJS tersebut,” ujar kepala DKK Balikpapan ballerina seperti yang BPJS Online lansir dari halaman jpnn


Artikel Terkait (Jalan sulit mengatasi defisit)

Selain itu ,pemanfaatan dana kapitasi harus sesuai ketentuan. Seperti aturan Permenkes, sebanyak 60 % untuk jasa medis dan 40% untuk operasional.

“Uang sudah di kasih.Pemanfaatan dana Kapitasi harus sesuai seperti aturan permenkes,sebanyak 60 persen untuk jasa medis dan 40 persen untuk operasional,” imbuh ballerina.

Contoh fraud lainnya ialah melakukan manipulasi data klaim pelayanan medis.

Contoh saja memberikan rujukan kepada pasien ke rumah sakit tertentu yang telah bekerjasama untuk mendapatkan sebuah komisi.

Praktik seperti ini sering terjadi pada wilayah perkotaan yang mana persaingan antar rumah sakit sangat ketat.

“Kalau di rumah sakit, coding puskesmas di tambah.padahal penyakitnya Cuma tifus sama diare.lalu di tambah lagi jantung, penambahan coding.tapi kalau pemeriksaan ketahuan,” ungkapnya lagi.

Menurutnya team anti fraud nantinya akan melakukan sosialisasi di rumah sakit dan puskesmas.

“Masih di susun timnya. Ada tim investigasinya nanti. Sementara belum tahu ada berapa kejadian. Bagi kejadian yang telah terjadi tidak diberi sanksi.karena saat ini masih masa transisi” ujarnya.

Yang di Cari:

  • sanksi bpjs kepada rs yg sering merujuk pasien

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *