Ini Kendala Sistem Rujukan Online

By | 31 Oktober 2018

Setelah melakukan uji coba sejak bulan agustus lalu BPJS Kesehatan akan menghentikan sistem rujukan online guna dilakukan evaluasi serta pencarian solusi terhadap dampak – dampak baru yang timbul atas penerapan sistem rujukan online.


Hasil uji coba tidak menututup ada sejumlah hal yang harus dibenahi,” kata Deputi Direksi Bidang Jaminan Pembiayaan Kesehatan Rujukan, BPJS Kesehatan, Budi Mohamad Arif dalam konferensi pers di Kantornya, Jakarta, Rabu (31/10).

dari serangkaian uji coba yang dilakukan taem BPJS Kesehatan menemukan sebuah dampak baru yakni pergeseran penumpukan pasien yang awalnya pada rumah sakit tipe A dan B kini justru yang menumpuk pada Rumah sakit type C dan D

Meski demikian terdapat sisi positif dari hasil ujicoba ini yakni para peserta BPJS Kesehatan sudah terbiasa memanfaatkan sistem rujuk online dan terbantu.

Misalnya terjadi penumpukan antrean pada beberapa rumah sakit kelas C dan D, akibat ada rumah sakit yang tidak sesuai dalam mengimput jadwal praktik dan kapasitas, tambahnya

Selain masalah pergeseran penumpukan peserta tersebut diatas , kendala lain yang di hadapi ialah ketidakcocokan antara mapping terhadap fasilitas kesehatan sehingga membuat peserta mengeluhkan karena harus berpindah – pindah RS.


Artikel Terkait (Nomor KK Baru tidak terdeteksi Pendaftaran BPJS Online)

untuk mengatasi hambatan – hambatan tersebut BPJS Kesehatan berencana merangkul semua stage holder diantaranya Kementrian Kesehatan , PD ID , PERSI , ADIKNES, ARSSI, ASKLIN dan ARSADA untuk bersama -sama mengawal perbaikan sistem rujukan online ini.

ads

Sistem rujukan online memasuki fase transisi dan evaluasi yang direncanakan dilakukan selama satu bulan mulai di awal November ini. Selama masa transisi dan evaluasi ini, proses rujukan tetap dilakukan secara online, dengan menggunakan aplikask Pcare Vclaim dan HFIS yang terkoreksi secara online, kata Budi. seperti yang BPJS Online lansir dari halaman merdeka.com

 

di harapkan dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan dapat memberikan masukan guna perbaikan sistem rujuk online agar semakin sempurna dan kuat.


Yang di Cari:

  • pembukaan antrian online bpjs

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *