Iuran BPJS Naik !

By | 4 Januari 2016

iuran bpjs naik

iuran bpjs naik

Defisit anggaran sebesar 5,85 triliun memaksa kementerian kesehatan untuk memutar otak mencari solusi agar hal itu tidak terulang lagi.

Berbagai upaya telah dilakukan baik itu dengan mengeluarkan kebijakan adanya masa tunggu kartu aktif langkah lain yang di ambil seperti bekerjasama dengan pihak bank , PT.POS juga pihak lain untuk memberikan kemudahan pembayaran iuran.

Namun langkah tersebut dirasa belum efektif untuk menekan angka defisit pada BPJS Kesehatan.

ads

Meskipun demikian pemerintah beserta BPJS Kesehatan harus bisa mengatasi defisit tersebut dengan menaikkan besaran angsuran sebagai solusi apabila kebijakan – kebijakan yang diambil tidak membuahkan hasil yang signifikan.

Sesuai informasi yang BPJS Online terima kemenkes telah merumuskan hitung – hitungan kenaikan baik untuk peserta PBI ( Penerima Bantuan Pemerintah ) yang iurannya di tanggung pemerintah maupun peserta mandiri.


Artikel Terkait (Kesalahan Pengetikan Alamat)

Besaran iuran merupakan hasil akhir yang telah disepakati antara kemenkes ( Kementerian Kesehatan ), kemenkeu ( kementerian Keuangan ) serta BPJS Kesehatan itu sendiri.


Meskipun belum final namun hasil iuran bpjs naik tersebut telah di sampaikan kedalam tahap harmonisasi di kementerian Hukum dan Ham sebelum kemudian diserahkan ke Presiden untuk mendapatkan persetujuan.

Jika presiden telah setuju makan draft kenaikan iuran peserta akan masuk dalam perpres tentang pengelolaan dana JKN ( Jaminan Kesehatan Nasional ).

Berikut besaran kenaikan yang telah disepakati:

  • Untuk Peserta PBI yang semula 19.225 / Bulan menjadi 23.000 / bulan
  • Untuk Peserta mandiri Kelas I dari 59.500/ bulan menjadi 80.000/bulan
  • Untuk Peserta mandiri Kelas II dari 42.500/ bulan menjadi 51.000/bulan
  • Untuk Peserta mandiri Kelas III dari 25.500/ bulan menjadi 30.000/bulan

Besaran  kenaikan iuran tersebut masih berupa draft jadi masih menunggu proses persetujuan presiden. Apakah hasilnya akan seperti itu ? kita lihat saja.

Dari besaran kenaikan diatas peserta mandiri kelas I yang mengalami kenaikan cukup tinggi marginnya menurut sekretaris jendral kemenkes Untung suseno hal tersebut berdasarkan besaran klaim dari tahun sebelumnya yang didominasi peserta mandiri yang hampir 400% dari jumlah iuran peserta mandiri.

Apakah iuran bpjs naik akan berdampak terhadap kualitas layanan ?

Secara langsung mungkin tidak dikarenakan pihak pemberi layanan peserta merupakan fasilitas – fasilitas kesehatan yang telah bekerjasama dengan BPJS kesehatan semua tergantung masing – masing faskes. Beberapa faskes sempat kualahan hingga kekurangan bed karena pasien melebihi kapasitas yang harus dilayani tentu saja hal seperti ini akan mengurangi kualitas pelayanan karena untuk penambahan jumlah bed atau fasilitas lain merupakan kewenangan dari manajemen pihak RS / faskes itu sendiri.

Jadi meskipun iuran bpjs naik belum tentu faskes TK I anda menambah jumlah dokter, atau peralatan medis untuk memberikan layanan maksimal ke anda.

Namun dengan andanya kenaikan iuran di harapkan klaim yang di ajukan oleh pihak rumah sakit bisa langsung cepat cair sehingga bisa digunakan untuk biaya operasional selanjutnya.

Dengan pembayaran klaim lancar Faskes tidak lagi di pusingkan persoalan stok obat kurang karena belum cairnya klaim atau dokter belum di gaji dan beberapa kasus lain.

Terkait: Relawan » Cara Bayar Iuran BPJS Melalui SMS banking

Jadi apakah anda masih tidak setuju kenaikan iuran BPJS Kesehatan di atas ?

Sampaikan keberatan anda jika iuran bpjs jadi naik melalui kolom komentar di bawah silahkan share ke FB,TWTER,IG dll

 Semakin anda share maka semakin besar kemungkinan keberatan anda didengar oleh para pemilik kebijakan.

Yang di Cari:

  • bpjs naik
  • iuran bpjs naik
  • harga bpjs 2016
  • iuran bpjs 2016
  • harga bpjs
  • biaya bpjs 2016
  • kenaikan bpjs
  • iuran bpjs mandiri
  • iuran bpjs kesehatan 2016
  • kenaikan bpjs kesehatan 2016

30 thoughts on “Iuran BPJS Naik !

  1. sandra

    untuk faskes 1 kenaikannya tinggi sekali. kalau dihitung hampir sama dengan asuransi swasta.

    Reply
    1. Romeo

      iuran faskes 1 hampir sama dg swasta, namun pelayanan di RS jomplang banget.

      Reply
  2. shinta

    Knapa bpjs harus di naikkan..
    Gmana Kita uang gak pernah sakit masa harus rutin membayar..!
    apa lagi dengan kenaikan bpjs kami bisa mengeluh

    Reply
  3. jamal

    Kenaikan faskes kelas 1 terlalu tinggi,,belum tentu pelayanan nya bagus
    Selama ini pelayanan rumah sakit yg melayani bpjs gak bagus,,padahal kita berobat pake bpjs bukan berarti gratis tapi ttp bayar, knp di layani nya semau nya, seadanya?

    Reply
  4. Shinta Gunawan

    Dari awal pake bpjs, saya dipersulit pihak RS. Udh pake prosedur yang bener, tetep aja dipersulit dengan aneka alasan tetek bengek. Bacot doank. Percuma bayar mahal, boro2 bs dipake. Eh skrg malah mau naik. Iya kl kami dpt menikmati manfaat BPJS. Taunya cuma buat nebelin dompet direksi BPJS males bgt

    Reply
  5. knchunk

    Cm bisa ngomong kita g bkal d gubris ini…
    Meskipun protes sekeras apa pun.
    Iuran naik pun ga tau itu untuk apa kalo hanya dalil defisit ga terselesaikan.!!!

    Reply
  6. whida

    kelas I tinggi banget naiknya, tapi pelayanannya ga berubha gimana deh. mending pindah ke swasta deh -.-

    Reply
  7. Romi Riswandi

    Klo kls 1 80rb mending saya lebih pilih pindah ke swasta yg pelayanan dan responya jauh lebih baik dan klo sakitpun diperlakukan secara manusiawi oleh pihak rs.
    Berbanding terbalik dgn bpjs

    Reply
  8. Erlan Dewani Azis

    Bagaimana dengan yang telah melunasi iuran BPJS untuk setahun penuh (Jan. 2016 s.d. Des. 2016)..?!? Apakah juga diwajibkan untuk membayar selisihnya? Terimakasih.

    Reply
  9. Adel

    Haduuhh….iuran buat kls 1 naiknya besar banget. Tolong dong jangan sampe segitu besar kenaikannya….

    Reply
  10. farid

    daripada membayar gaji pimpinan BPJS sebesar 50 jt-an mending turunin aja tuh gajinya dari pada menaikkan premi iuran dari peserta BPJS. kita itu bayar bukan gratis. mana janji pemerintah bahwasanya kesehatan rakyat Indonesia diprioritaskan nyatanya uang dulu yang diprioritaskan. janji tinggal janji. cuma OMDO.

    Reply
  11. dwi

    kok lama-lama menjadi komersil ya?? mending make swasta bisa balik lagi uangnya

    Reply
  12. nunung

    Sy hanya bisa berdoa semoga para pengambil kebijakan yg berniat menaikkan biaya bpjs, diberikan hidayah oleh Alloh. Saya hanyalah pegawai honorer dg upah di bawah UMK. Bagaimana sy bisa membayar BPJS untuk sy dan keluarga, jika semakin tidak terjangkau untuk ukuran saya?

    Reply
  13. Hari Widarto

    faskes 1 mencekik. Tidak semua yg terdaftar di faskes 1 gol mampu. Banyak pensiunan termasuk saya sudah didaftar di faskes 1. Pasti akan banyak yang minta turun klas

    Reply
  14. Hari Widarto

    Kenaikan faskes 1 sangat tinggi. Tidak semua di klas 1 gol mampu

    Reply
  15. kin

    mahal bgt..utamax kelas 1. pelayanan burukl alo bukan warga negara yg baik sy tidak akan ikut bpjs2 segala…orang orang melarat sprti kami kok semakin dipersulit oleh negara sendiri…

    Reply
  16. Fadela

    Saya tidak setuju dengan kenaikan iuran bpjs..urusin dulu faskesnya yang bagus baru dinaikin..gaji pejabat tuch suruh nutupin kekurangan dana kesehatan..jangan cuman enaknya saja…masak iuran bpjs lebih mahal daripada asuransi swasta..tutup aja bpjs…kenaikan itu rasional dunk…saya kecewa dengan bpjs kesehatan..mau bantu rakyat atau mau membunuh rakyat??

    Reply
  17. yoga

    faskes kelas 1 kenaikannya terlalu, padahal faskes kelas 1 ngga pernah didapat oleh peserta bpjs, RS selalu kasih alasan penuh, padahal faskes kelas 1 di komersilkan mereka, tapi kita terus disuruh bayar faskes kelas 1 karna sudah otomatis di potong dr besaran persentase gaji yg dihitung oleh perusahaan tempat kita kerja.

    Rezim ini menterinya ngga ada yg becus, cuma bisa carmuk doang sama nyusahin rakyat! sue lu pada

    Reply
  18. andini

    iuran BPJS boleh naik asalkan pelayanannya di tingkatkan dan pihak rumah sakit yg selalu beralasan kamar full yg kelas 1 atau dokternya tidak ada atau peralatannya tidak lengkap dll agar pasien BPJS di pindahkan ke rumah sakit lain dan alasannya sama juga, pemerintah harus tegas bertindak terhadap rumah sakit yg tolak pasien BPJS dgn berbagai macam alasan kalau perlu bangun rumah sakit khusus BPJS setingkat dgn rumah sakit swasta serta pelayanannya harus profesional jadi pasien BPJS tidak di telantarkan lagi.

    Reply
  19. sri astutik

    kenaikan terlalu tinggi.
    saya jd peserta BPJS tingkat 1 hanya ingin berpartisipasi saja jadi kalo memang ditetap naik, saya sudah memutuskan untuk tidak membayarnya alias berhenti jd peserta BPJS. buat sedekah yang lainnya saja

    Reply
  20. Yoko

    Masalah klasik dr bpjs kesehatan. Dulu sewaktu masih askes jg sama alasannya merugi. Sebuah pembodohan. Kalau sudah dinaikkan apa bisa menyelesaikan masalah. Kemungkinan ke depan akn sama jg. Merasa merugi untuk menaikkan iuran bpjs.

    Reply
  21. Marlina

    Kalo Harganya naik ngapain bikin bpjs mending nabung aja sendiri, tadinya mikir bpjs murah ini tau gtu mending gak usah di adain aja bpjs musingin kepala aja keluarga saya 5 gaji gak nyampe umr, gak semua org dikelas 2 tuh org mampu!

    Reply
  22. tio

    mungkin hanya di negara ini, di mana rakyat harus patuh dan kalau perlu harus dipaksa mengikuti kebijakan dari perintahan yang kelas comberan.

    caranya berhenti dari bpjs kesehatan bagaimana ya? saya lebih milih asuransi swasta kalau yang sekelas layanan negara hanya seperti ini kualitasnya,
    tidak sepadan dengan kontribusi yang dibayar peserta wajibnya.

    ps : saya peserta mandiri kelas 1, yang saya dapat cuma layanan kelas 20 mungkin lebih tepatnya.

    Reply
  23. Ansori

    Ini benar-benar konyol, sebegitu miskin kah negara kita, sampai membuat aturan yang seolah2 membantu rakyat, padahal semua mengeluh tentang iuran BPJS ini, silahkan lakukan survey bagaimana tanggapan kebanyak masyarakat.
    apa lagi ini dinaikan, parah.

    Reply
  24. wahyu

    Sebenarnya sy mau dftar bpjs . tpi krn berita bakal naiknya bpjs maka sy urugkan niat ajaa.. Mahal sih

    Reply
  25. ucu

    Saya barusan bayar bpjs kls 1, 100500 ,sangat KECEWA KECEWAAAAAAA

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *