Jaminan Kecelakaan Kerja PNS masih menunggu PP

By | 8 September 2015

Jaminan Kecelakaan Kerja bagi PNS masih menunggu kepastian Hukum

Jaminan Kecelakaan Kerja PNS

jaminan kecelakaan kerja pns

Kepesertaan para penyelenggara negara (PNS) dalam program Jaminan Kecelakaan Kerja(JKK) juga Jaminan Kematian(JKM) masih belum bisa direalisasikan mengingat belum adanya peraturan pemerintah (PP) untuk memperkuat perpres No.109/2013.

karena di dalam UU yang berlaku saat ini disebutkan bahwa peserta BPJS Ketenagakerjaan ialah seluruh tenaga kerja kecuali penyelenggara negara. Sehingga diperlukan payung hukum berupa PP untuk memperkuat perpres 109/2013 tersebut.

Hal tersebut seperti yang di ungkapkan oleh kepala cabang BPJS ketenagakerjaan kota malang sri subekti kepada bisnis.com baru-baru ini.

Meskipun jika ditilik dari sisi administrasi seluruh data PNS wilayah malang yang berjumlah 30.000 orang telah siap untuk di daftarkan sebagai peserta program jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian BPJS ketenagakerjaan

Dan pemda malang juga telah mengganggarkan dari APBD daerah untuk pembayaran iurannya. Namun proses masih terkendala karena belum adanya payung hukum yang jelas.

ads

meskipun tidak dipungkiri sudah ada beberapa daerah yang telah mengikut sertakan jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian bagi PNS namun masih diakui beberapa daerah masih enggan terkait kepastian peraturan itu.


Artikel Terkait (Cara Pindah Kelas BPJS Kesehatan)

Jika sudah terbit PP dan seluruh staf PNS yang ada di lingkup pemda kota malang telah didaftarkan jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian ,apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan bisa langsung ditangani oleh BPJS ketenagakerjaan.

Karena meskipun telah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan ,untuk  jaminan kecelakaan kerja selama ini hanya bisa dilayani oleh BPJS Ketenagakerjaan.


BPJS Kesehatan hanya melayani klaim PNS untuk sakit biasa, bukan karena faktor kecelakaan kerja.

diharapkan segera terbit PP pendukung sehingga ada ketenangan bagi para pegawai penyelenggara negara yang sedang melaksanakan tugas jika terjadi sesuatu hal.

baca juga : Apakah biaya pengobatan dan rawat inap karena kecelakaan dijamin BPJS

jangan sampai terjadi presepsi yang salah BPJS kesehatan menolak klaim sakit karena faktor kecelakaan kerja. karena semua memiliki porsi masing-masing.

jika sakit bukan karena kecelakaan kerja memang menjadi tanggung jawab BPJS Kesehatan

editfrom bisnis.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *