Jaminan Kecelakaan Kerja PNS masih menunggu PP

By | 8 September 2015

Jaminan Kecelakaan Kerja bagi PNS masih menunggu kepastian Hukum

Jaminan Kecelakaan Kerja PNS

jaminan kecelakaan kerja pns

Kepesertaan para penyelenggara negara (PNS) dalam program Jaminan Kecelakaan Kerja(JKK) juga Jaminan Kematian(JKM) masih belum bisa direalisasikan mengingat belum adanya peraturan pemerintah (PP) untuk memperkuat perpres No.109/2013.

karena di dalam UU yang berlaku saat ini disebutkan bahwa peserta BPJS Ketenagakerjaan ialah seluruh tenaga kerja kecuali penyelenggara negara. Sehingga diperlukan payung hukum berupa PP untuk memperkuat perpres 109/2013 tersebut.

Hal tersebut seperti yang di ungkapkan oleh kepala cabang BPJS ketenagakerjaan kota malang sri subekti kepada bisnis.com baru-baru ini.

Meskipun jika ditilik dari sisi administrasi seluruh data PNS wilayah malang yang berjumlah 30.000 orang telah siap untuk di daftarkan sebagai peserta program jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian BPJS ketenagakerjaan

Dan pemda malang juga telah mengganggarkan dari APBD daerah untuk pembayaran iurannya. Namun proses masih terkendala karena belum adanya payung hukum yang jelas.

meskipun tidak dipungkiri sudah ada beberapa daerah yang telah mengikut sertakan jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian bagi PNS namun masih diakui beberapa daerah masih enggan terkait kepastian peraturan itu.


Artikel Terkait (Polemik Layanan Fisioterapi dan Penarikan Petugas Verifikator)

Jika sudah terbit PP dan seluruh staf PNS yang ada di lingkup pemda kota malang telah didaftarkan jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian ,apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan bisa langsung ditangani oleh BPJS ketenagakerjaan.

Karena meskipun telah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan ,untuk  jaminan kecelakaan kerja selama ini hanya bisa dilayani oleh BPJS Ketenagakerjaan.

ads

BPJS Kesehatan hanya melayani klaim PNS untuk sakit biasa, bukan karena faktor kecelakaan kerja.

diharapkan segera terbit PP pendukung sehingga ada ketenangan bagi para pegawai penyelenggara negara yang sedang melaksanakan tugas jika terjadi sesuatu hal.

baca juga : Apakah biaya pengobatan dan rawat inap karena kecelakaan dijamin BPJS


jangan sampai terjadi presepsi yang salah BPJS kesehatan menolak klaim sakit karena faktor kecelakaan kerja. karena semua memiliki porsi masing-masing.

jika sakit bukan karena kecelakaan kerja memang menjadi tanggung jawab BPJS Kesehatan

editfrom bisnis.com

3 thoughts on “Laporkan Perusahaan Nakal Melalui BPJStk Mobile

  1. Ivan

    Kami salah satu dari kariyawan
    SURYA MAS GLASS
    JL KAPUK RAYA PEJALAN 2
    Kecamatan cengkareng kelurahan cengkareng jakarta barat

    Kami ingin melaporkan sebuat pabrik kaca
    1.tidak meliliki jamsostek..bpjs
    2.kerja melebihi kapasitas jam kerja
    3.gaji di bawah umr itungan hari hanya 65 ribu
    4.alat” septi tidak di miliki

    Mohon pabrik ini di tindak lanjuti dan segara +622129025670di tutup.
    Nmr tlpon pabriknya :+622129025670

    Reply
  2. taufik supriyanto

    Yang terhormat kode BPJS
    saya Taufik Supriyanto.
    keluhan saya. kenapa saldo saya bisa berubah.apa ad kecurangan dari PT tempat saya bekerja.
    saya bekerja di PT MUTIARA INDAH ANUGRAH.
    Saya memohon pihak BPJS menindak lanjuti masalah ini.

    Reply
    1. dodi

      Saya ingin melaporkan di perusahaan Saya pt sentra niaga Cermerlang bergerak di perusahaan rokok jayamakur palembang,yg beralamat di km 10 di pergudang di belakang pisang goreng adinda Saya mulai berkerja dari tahun 2010 smpk skrng.1di perusahan Saya tidak ada jaminan bpjs ketenaga kerja..2 gaji di bawak umr Saya menerima Dr awal Saya masuk smpk srkng gaji Pokok hanya RP 1.300.000 memang Kami diberi insetip penjualan rokok perbulan sekitar RP 1.500.000 ,Dan I2 Wajar Kami dapat kan sebab penjual setiap bulan ada hitungan persen rokok yg Kami jual..Dan Kami juga ga tau hitungan persen nya…tolong di tindak lanjutin perusaan kAmi ,supaya Kami mendapat kan jaminan bpjs ketenagakerja di perusaan.Dan bisa mendapat upah yg sesuai Dari aturan pemerinta

      Reply
  3. ibrahim

    Kami mau melaporkan bahwa Saya bekerja di salah satu perusahaan distributor cabang surabaya tepatnya pt tigaraksa satria tbk,djln. Margo mulyo 10 b.diperusahaan saya ini saya sebagai karyawan harian lepas yg kurang lebih karyawnnya 50 orang,tp diperusahaan kami ini gajinya dbawah umk surabaya dan tidak ada BPJS nya.apakah ini ada permainan.demikian yang dapat kami laporkan,dan semoga bapak dan ibu dapat segera merespon karena kami sangat membutuhkannya teima kasih.

    Reply
  4. Khaerul Muslim

    Kepada BPJS mohon bantuannya, saya Khaerul Muslim dari PT Niaga Nusa abadi distributor rokok Classmild baru saja di PHK dengan menandatangani surat resign. Saya tidak di berikan pesangon padahal saya sudah pegawai tetap tapi sk pengangkatan hanya berdasarkan lisan dan hanya tercantum di sistem informasi karyawan,disamping itu ijazah asli dan BPKB asli menjadi jaminan atau sebagai prasyarat untuk menjadi karyawan.

    Reply
  5. mansur

    saya karyawan cv semoga jaya samarinda yg pailit…saya blm mendapat pesangon…bagaimana yaa solusinya…dana jht saya jg ada tunggakan selama 2 tahun

    Reply
  6. nanang

    YTH.badan pengelola BPJS..
    sya mister X.sya ingin mengadukan perusahaan tempat sya bekerja.karena seluruh karyawannya tidak di ikut sertakan dalam program BPJS kesehatan..selain itu jika karyawan di berhentikan sepihak, perusahaan tidak memberikan pesangon.belum lama memang ada dari bpjs yg datang tetapi malah di kasih uang dari tempat sya bekerja supaya menutupi semua..tempat sya bekerja di PT.tugu pakulonan.jl raya serpong tepatnya di samping depo bangunan..apa karena yg punya perusahaan mantan aparat,jadi semua takut.sya mohon di tindak lanjuti laporan sya.

    Reply
  7. sadam husin

    Selamat sore bapak pembesar bpjs..
    Saya bekerja di pt DEFRIWANGGA ENGNERRING.
    bahwa saya tidak sama sekali di daftarkan oleh pihak pt DEFRIWANGGA ENGERRING di bpjs kesehatan

    Mohon agar hak saya di berikan sebagaimana mestinya
    Saya berja di pt DEFRIWANGGA ENGNERRING
    dari tahun 2016 hinga sekarang saya masih bekerja

    Reply
  8. drhanadex

    Hari baik setiap orang,
    Jual ginjal. Selamatkan hidup dan dapatkan uang, dokter hanadex spesialis untuk pembelian ginjal Apakah Anda ingin menjual ginjal Anda untuk menyelamatkan nyawa? Apakah Anda mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda dengan harga yang bagus sehingga Anda dapat membayar hutang Anda? adalah kesempatan bagi Anda untuk menjual ginjal Anda seharga 600.000 ton dan lebih. Semua donor yang berminat harus menghubungi tim kami Untuk informasi lebih lanjut melalui e-mail: [email protected] Atau aplikasinya +2348166843941 Pastikan Anda tidak ragu untuk menghubungi kami karena kami pasti akan memastikan bahwa kami bekerja sama dengan Anda dan juga Kami akan memastikan bahwa Anda menikmati berbisnis dengan kami.

    Email: [email protected]

    Salam

    Reply
  9. Dave

    PT Selaras citra Nusantara perkasa cileungsi tidak membayarkan iuran bpjs tidak sesuai dengan upah yg di terima karyawan. Seluruh karyawan dari level operator sampai direksi iuran bpjs yg di bayar kan berdasarkan upah sektor 1

    Reply
  10. Team X

    Selamat pagi…

    Lapor dong, sudah 2 bulan jalan ke 3 bulan, BPJS Ketenagakerjaan seluruh karyawan belum aktif dan dibayarkan oleh pihak Meikarta.

    Sedangkan gaji kami selalu di potong dengan alasan untuk iuaran bpjs
    Tolong bantu kami

    Reply
  11. BUDSET

    PT AMYRA SAGUNA MITRA.YG BERALAMAT DI JALAN PASAR MINGU RAYA.GRAHA PANCORAN NO16.A.BLOK.L.JAKSEL.TIDAK MENYETORKAN PEMBAYARAN BPJS TK..SEHINGGA KAMI EKS KARYAWAN AMYRA TIDAK BISA MENCAIRKAN DANA JHT YG MENJADI HAK KAMI…TOLONG DI TINDAK LANJUTI.KECURANGAN PT AMYRA .KARENA SANGAT MERUGIKAN PIHAK PEKERJA

    Reply
    1. IWAN

      PT.AMYRA SAGUNA MITRA.JL PASAR MINGGU RAYA NO16 BLOK.L JAKARTA SELATAN.GRAHA PANCORAN.PT INI SANGAT MERUGIKAN PIHAK KARYAWAN KARENA DUIT BPJS TIDAK DI SETIRKAN KE PIHAK BPJS..MOHON PIHAK BPJS UNTUK SEGERA MENINDAK LANJUTI.SAYA SEBAGAI KARYAWAN MERASA DI BOHONGI KARENA SETIAP BULAN GAJI SAYA DI POTONG UNTUK IURAN BPJS OLEH PT AMYRA SAGUNA MITRA.TETAPI TIDAK DISETORKAN DAN SETELAH SAYA BERHENTI BEKERJA DANA JHT SAYA TIDAK BISA DI CAIRKAN KARENA PT AMYRA SAGUNA MITRA TIDAK MENYETORKAN NYA.MOHON BANTUAN HUKUM DARI PIHAK BPJS KARENA INI ADALAH HAK KARYAWAN.TERIMA KASIH.

      Reply
  12. lukman

    Percuma Saja, gaada follow up nya juga dari pihak BPJS, setelah lapor menguap begitu aja.
    gaada tindak lanjutnya, atau solusi nya bagaimana..

    Reply
  13. indra gunawan

    Assalamualaikum..
    Yth bpk pimpinan BPJS.
    saya bekerja di PT Trimitra Sukses Farma sudah lebih dari 7 thn,dan sudah berpa kali berganti nama perusahaan tapi sampai sekarang tidak ada kesejahteraan buat karyawan,gaji jauh dari UMR dan uang lembur pun tidak ada sama sekali cuma janji janji palsu dari perusahaan akan membuatkan BPJS tapi tidak ada.
    Tolong di audit pak,dan perjuangkan nasib kami.

    Reply
  14. HXX

    Permisi bapa/ibu yang terhormat saya ingin melaporkan PT nayunda jaya dentosa kepada DEPNAKER TOLONG KEPADA DEPNAKER KAB BOGOR.
    SAYA INGIN MENGADUKAN PERUSAHAAN TEMPAT SAYA KERJA PT NAYUNDA JAYA SENTOSA YANG BERALAMAT DI.
    G HAJI NERAN SUKA HATI KERADENAN KAB BOGOR.
    YG MEMBERIKAN UMK DI BAWAH STANDAR UMK KAB BOGOR YAITU 1,9.
    DAN PT YANG TIDAK MENJALANKAN JAMSOSTEK. SEDANGKAN KERJANYA SEPERTI RODI MASUK JAM 8 ITUNGAN LRMBUR JAM 8 MALAM BERATI 12 JAM DAN ITUPUN /JAM HANYA 10 RIBU. DAN TIDAK MEMENUHI PERSYARATAN SEBAKAI MESTINYA.
    MOHON KEPADA DEPNAKER DI TINDAK LANJUTI.
    TERIMA KASIH
    MOHON DI RAHASIAKAN IDENTITAS SAYA

    Reply
    1. admin

      Halo Mr HXX untuk pengaduan perusahaan yang tidak taat dengan tidak mendaftarkan karyawannya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan , caranya dengan mendownload aplikasi BPJSTK di dalam aplikasi terdapat menu pelaporan bandan usaha yang nakal. semoga membantu bapak

      Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *