Jangan turun Kelas! 2021 BPJS Standarkan smua terupdate 2020

Diposting pada

Demi menghindari defisit BPJS Kesehatan melakukan perubahan besar dengan rencana pemberlakuan kelas standar pada awal 2021 nanti.
Awal berhembusnya kabar penghapusan kelas BPJS ini bermula ketika Oscar Primadi yang saat ini menjabat sebagai sekretaris jendral kementerian kesehatan menyatakan penghapusan kelas BPJS Kesehatan pada rapat bersama Komisi IX DPR, Kamis (17/9/2020)

BPJS Kelas Standar

“Pada awal 2021 hingga 2022, paket manfaat jaminan kesehatan nasional berbasis kebutuhan dasar kesehatan (KDK) dan rawat inap kelas standar bisa kami terapkan bertahap,” Ungkap Oscar


Perumusan kelas standar ini telah di bahas bersama dengan Kementrian kesehatan, BPJS Kesehatan, kementrian Keuangan , Kalangan akademisi juga perhimpunan dan asosiasi rumah sakit di bawah koordinasi DJSN (Dewan Jaminan Sosial Nasional ).
Selambatnya september 2020 di harapkan semua pihak dapat menyelesaikan rancangan paket manfaat JKN berbasis KDK dan rawat inap kelas standar.
Sehingga pada bulan – bulan oktober-desember rancangan tersebut dapat dimatangkan termasuk legalitas aturan tersebut.

Sebelum proses implementasi yang dijadwalkan pada awal tahun 2021 revisi Perpres 82 tahun 2018 bisa dilaksanakan penetapannya oleh presiden.

Selain persiapan pematangan perumusan kelas standar BPJS segala persiapan teknis juga tengah di kebut seperti ketersediaan tempat tidur Rumah sakit, Fasilitas rawat inap kelas standar di RS , Sarana prasarana hingga tenaga medis dan non medis.


Artikel Terkait (Rindu Dilan Tak Seberat Beban BPJS Kesehatan)

Ketentuan mengenai kelas standar ini tercantum dalam Peraturan presiden Nomor 64 Tahun 2020. Pada Pasal 54 A berbunyi untuk keberlangsungan pendanaan Jaminan Kesehatan, menteri bersama kementerian/lembaga terkait, organisasi profesi, dan asosiasi fasilitas kesehatan melakukan peninjauan manfaat Jaminan Kesehatan sesuai kebutuhan dasar kesehatan (KDK) dan rawat inap kelas standar paling lambat Desember 2020.Kelas standar diharapkan menjadi solusi atas polemik kenaikan iuran BPJS Kesehatan.

Segala antisipasi perlu dipersiapkan termasuk lonjakan permintaan peserta turun kelas demi membayar iuran lebih murah dan mendapatkan fasilitas standar.
meski hingga saat ini masih banyak RS yang memiliki fasilitas jauh di bawah standar sehingga perlu dilakukan persiapan hingga kelas standar benar – benar di terapkan.

Lantas Apa dampak penghapusan kelas bagi peserta ?

Bagi peserta mandiri tentu akan di gabung menjadi peserta standar semua dan tentunya dengan besaran iuran sama rata. untuk lebih jelasnya simak penjelasannya dalam video TV9 News berikut


Tinggalkan Balasan