Keringanan Anggaran Untuk Peserta BPJS Yang Menunggak Di Masa Pandemi Covid-19 terupdate 2020

Diposting pada

Direktur Utama BPJS Kesehatan menjelaskan tentang keringanan pembayaran anggaran BPJS kesehatan untuk peserta yang menunggak pembayaran anggaran dikarenakan kondisi serta situasi pandemi Covid-19 .

Keringanan BPJS
Keringanan BPJS

“Bicara mengenai Covid-19, Perpres Nomor 64 Tahun 2020 ini sangat memerhatikan suasana itu. Jadi diadakan kelonggaran terhadap pembayaran anggaran menunggak di periode Covid-19 ini ,” Ujar Fahmi ketika dijumpai dalam diskusi secara virtual bertema ‘Jaminan Kesehatan di Masa New Normal dan Kinerja BPJS’, Jumat (5/6/2020) .

Fahmi menambahkan keringan yang diberikan yaitu pengurangan masa denda kepada seluruh peserta,termasuk yang sudah memiliki tunggakan anggaran .

“Jika anda menunggak sampai 24 bulan, ya bayar sampai 6 saja. Nanti baru dijumlahkan. Tidak perlu dipaksa peserta aktif untuk bayar semua,” katanya .

Lanjutnya Fahmi mengatakan bahwa tugas dari pemerintah untuk BPJS kesehatan selama keadaan dalam kondisi pandemic Covid-19 yaitu melakukan konfirmasi atau memverifikasi klaim dari pihak Rumah Sakit yang memberikan pelayanan terhadap pasien Covid-19 .

“Sesuai ketentuannya, berkas berkas rumah sakit yang dinyatakan lengkap, itu pemerintah langsung bayar 50 persen dulu ke RS, ini dilakukan agar cast flow RS tidak terganggu,” sambungnya.


Artikel Terkait (Jelang 2 tahun keluhan BPJS kesehatan masih berjibun)

Tinggalkan Balasan