Keringanan Anggaran Untuk Peserta BPJS Yang Menunggak Di Masa Pandemi Covid-19

Diposting pada

Direktur Utama BPJS Kesehatan menjelaskan tentang keringanan pembayaran anggaran BPJS kesehatan untuk peserta yang menunggak pembayaran anggaran dikarenakan kondisi serta situasi pandemi Covid-19 .

Keringanan BPJS
Keringanan BPJS

“Bicara mengenai Covid-19, Perpres Nomor 64 Tahun 2020 ini sangat memerhatikan suasana itu. Jadi diadakan kelonggaran terhadap pembayaran anggaran menunggak di periode Covid-19 ini ,” Ujar Fahmi ketika dijumpai dalam diskusi secara virtual bertema ‘Jaminan Kesehatan di Masa New Normal dan Kinerja BPJS’, Jumat (5/6/2020) .

Fahmi menambahkan keringan yang diberikan yaitu pengurangan masa denda kepada seluruh peserta,termasuk yang sudah memiliki tunggakan anggaran .

“Jika anda menunggak sampai 24 bulan, ya bayar sampai 6 saja. Nanti baru dijumlahkan. Tidak perlu dipaksa peserta aktif untuk bayar semua,” katanya .

Lanjutnya Fahmi mengatakan bahwa tugas dari pemerintah untuk BPJS kesehatan selama keadaan dalam kondisi pandemic Covid-19 yaitu melakukan konfirmasi atau memverifikasi klaim dari pihak Rumah Sakit yang memberikan pelayanan terhadap pasien Covid-19 .

“Sesuai ketentuannya, berkas berkas rumah sakit yang dinyatakan lengkap, itu pemerintah langsung bayar 50 persen dulu ke RS, ini dilakukan agar cast flow RS tidak terganggu,” sambungnya.


Artikel Terkait (AKTIFASI VIRTUAL ACOUNT)

Tinggalkan Balasan