Klarifikasi BPJS Soal Katarak ,Rehabilitasi Medika dan Bayi Lahir Sehat

By | 27 Juli 2018

katarak germas

katarak germas

Menjelang pilres 2019 suasana semakin memanas , manuver – manuver para elit politik semakin membuat persaingan semakin sengit.

hal ini juga sangat terasa imbasnya bagi badan usaha – badan usaha yang berada di bawah naungan pemerintah tak luput menjadi sasaran serangan black campaign.

seperti yang banyak beredar BPJS Kesehatan diserang isue dengan berita hoax yang di sebarkan secara berantai, untuk menepis isue tersebut silahkan simak klarifikasi dari BPJS Berikut.

 BPJS KESEHATAN TETAP JAMIN PELAYANAN KATARAK, REHABILITASI MEDIK DAN BAYI BARU LAHIR SEHAT

Jakarta (25/07/2018): Per 25 Juli 2018, BPJS Kesehatan menerapkan implementasi (1) Peraturan Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan Nomor 2 Tahun 2018 Tentang Penjaminan Pelayanan Katarak Dalam Program Jaminan Kesehatan, (2) Peraturan Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan Nomor 3 Tahun 2018 Tentang Penjaminan Pelayanan Persalinan Dengan Bayi Lahir Sehat, dan (3) Peraturan Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan Nomor 5 Tahun 2018 Tentang Penjaminan Pelayanan Rehabilitasi Medik. Kepala Humas BPJS Kesehatan Nopi Hidayat menegaskan berlakunya Peraturan Direktur Jaminan Pelayanan ini jangan disalah artikan bahwa penjaminan akan pelayanan kesehatan katarak, fisioterapi dan bayi baru lahir sehat diberhentikan atau dicabut. Jadi tidak benar ada penghentian penjaminan pelayanan terhadap 3 hal itu.

“Kami tegaskan, semua pelayanan itu tetap dijamin oleh skema JKN-KIS. Perdir itu terbit dimaksudkan untuk mengoptimalkan mutu pelayanan dan efektivitas penjaminan kesehatan. Jadi tidak benar bahwa Perdir tersebut untuk menghapuskan penjaminan pelayanan, misalnya menghapuskan penjaminan pelayanan katarak atau menghapuskan penjaminan pelayanan rehabilitasi medik. Ini yang perlu publik pahami,” tegas Nopi.


Artikel Terkait (Payment Reminder System ( PRS ) BPJS ketenagakerjaan)

Nopi menjelaskan, dalam peraturan mengenai pelayanan katarak, BPJS Kesehatan akan menjamin pelayanan operasi katarak. Peserta penderita katarak dengan visus (lapang pandang penglihatan) pada kriteria tertentu dengan indikasi medis dan perlu mendapatkan operasi katarak, akan tetap dijamin BPJS Kesehatan. Penjaminan juga memperhatikan kapasitas fasilitas kesehatan seperti jumlah tenaga dokter mata dan kompetensi dokter mata yang memiliki sertifikasi kompetensi.

ads

Lebih lanjut Nopi menjelaskan terkait dengan peraturan mengenai bayi baru lahir sehat, disampaikan bahwa BPJS Kesehatan akan menjamin semua jenis persalinan baik persalinan biasa/normal (baik dengan penyulit maupun tanpa penyulit) maupun tindakan bedah caesar, termasuk pelayanan untuk bayi baru lahir yang dapat ditagihkan oleh fasilitas kesehatan dalam satu paket persalinan untuk ibunya. Namun apabila bayi membutuhkan pelayanan atau sumber daya khusus, maka diatur dalam Perdirjampelkes Nomor 3, faskes dapat menagihkan klaim diluar paket persalinan.

Terakhir, terkait dengan peraturan yang mengatur tentang rehabilitasi medik atau fisioterapi, pelayanan tersebut tetap dijamin dengan kriteria frekuensi maksimal yang ditetapkan dalam Perdirjampelkes Nomor 5.

“Perlu kami tekankan bahwa dengan diimplementasikan 3 peraturan ini, bukan dalam artian ada pembatasan pelayanan kesehatan yang diberikan kepada peserta JKN-KIS. Namun penjaminan pembiayaan BPJS Kesehatan disesuaikan dengan kemampuan keuangan BPJS Kesehatan saat ini. BPJS Kesehatan akan tetap memastikan bahwa Peserta JKN-KIS mendapat jaminan pelayanan kesehatan sesuai dengan ketentuan. BPJS Kesehatan mengapresiasi dan menampung semua aspirasi, baik Kementerian Kesehatan, DJSN, asosiasi, perhimpunan profesi dan pihak terkait lainnya. Implementasi Perdirjampelkes 2,3 dan 5 untuk ditingkatkan menjadi peraturan badan, melalui mekanisme dan ketentuan yang ada,” ujar Nopi.


Informasi lebih lanjut :
Humas BPJS Kesehatan
[email protected]
BPJS Kesehatan Care Center 1500-400

Yang di Cari:

  • klarifikasi bpjs soal 3 lyanana yg akan ditarik
  • Web admin bpjs kesehatan
  • website admin bpjs kesehatan
  • admin bpjs kesehatan admin
  • klarifikasi bpjs tentang penyakit katarak
  • Perdirjampelkes Nomor 3 pdf

4 thoughts on “Cara Cek BPJS Kesehatan Perusahaan

  1. Danan Nursaid

    Bagaimana cara cek bpjs perusahaan? Dan kalau sudah tidak dibayar perusahaan, bagaimana cara dan apa saja persyaratan untuk merubah bpjs tsb ke bpjs pribadi?

    Reply
  2. wiwik sugianto

    selamat pagi
    pak saya mau tanyakan tentang bpjs kesehatan saya tidak aktif, karena pindah perusahan, dari PT BENUA ASIA TONGAH KE PT WIGNYO, sedangkan saya mau berobat

    Reply
  3. Sekhmu aji

    Saya mau tanya pak untuk saya dan anggota keluarga sudah di daftarkan bpjs tapi belum tahu nomer peserta dan kartunya saya daptarkan lewat perusahaan pt pamapersada nusantara
    Minta tolong yaa..

    Reply
  4. Sumaryono

    DH,
    alangkah lebih bagus jika untuk mempermudah pekerja dalam hal memeriksa kepersertaanya dalam BPJS, pihak BPJS juga membuatkan aplikasi pengecekan seperti yang terdapat pada peserta mandiri, sehingga membuat para pekerja dapat langsung mengetahui kondisi kepesertaannya melalui media intenet.
    Terima Kasih.

    Reply
  5. jhon mase

    Saya mau tanya sy seoramg karywan swasta apa saya punya anak istri otomatis bisa memakai saya punya kartu bpjs

    Reply
  6. pamusureng

    Mau tanya ngecek bpjs kesehatan perusahaan ko susah ya.padahal saya sudah mengundurkan diri

    Reply
  7. Kristina

    Ingin cek nomor peserta BPJS KESEHATAN yang sudah didaftar oleh pihak perusahaan, karena saya belum terima kartu tersebut.

    Reply
  8. R. Agung Wuryantoro

    KK saya sdh terdaftar sbg peserta bpjs kesehatan, tapi saya blm menerima kartu bpjs nya hingga saat ini dan saya tidak tahu no kartu bpjs saya… Bila memang sdh terdaftar saya ingin melakukan pembayaran preminya. Mohon bantuan spy saya tahu no kartu bpjs saya.. Saya tunggu via wa no 089613344138 trims

    Reply
  9. Ragil

    Sama aja bohong kalau harus ke HRga, dikirain dh ada pembaruan link untuk check status no kode bpjs nya sekarang…

    Reply
  10. herdian

    Kata perusaan saya sih punya istri saya dah di daptarin tapi dah 1bln blum jadi” kartu nyah kata nyah nunggu pembayaran dari perusaan dulu baru jdi kartu nyah emang bener kaya gtu yah

    Reply
  11. iskandar

    Selamat malam,saya karyawan diperusahaan pt.bas sudah 3 tahun tetapi yang dikasih kartu BPJS kesehatan cuma saya sedangkan anak dan istri saya tidak dikasih sampai sekarang

    Reply
    1. admin

      Silahkan menginstal aplikasi JKN-KIS disana bapak iskandar bisa melakukan pengecekan status kepesertaan. Semoga membantu.

      Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *