Laporkan Perusahaan Nakal Melalui BPJStk Mobile

By | 25 Juni 2016

Setelah sebelumnya BPJS Online membahas tentang tatacara mendownload serta menggunakan aplikasi BPJStk Mobile , kali ini saya akan membahas perihal fiture baru yang di sematkan oleh team TI BPJS Ketenegakerjaan dalam rilis update terakhir ini.

layanan ini memepermudah bagi pekerja yang mendapati perusahaan tempat ia bekerja berbuat curang contoh saja sudah memperkerjakan banyak karyawan namun tidak mau mendaftarkan karyawannya ke BPJS Ketenagakerjaan atau jumlah karyawan yang di daftarkan tidak sesuai dengan kenyataan , lebih sedikit bertujuan untuk menghindari pengeluaran iurannya, maka karyawan bisa melaporkan hal tersebut melalui aplikasi ini.

berdasarkan hasil ujicoba BPJS Online layanan Pengaduan dalam aplikasi BPJStk mobile ini cukup efektif dan proses kerjanya ialah setelah setelah user berhasil login dan memanfaatkan fitur pelaporan , maka aplikasi akan mengirikan data ke server pusat BPJS Ketenagakerjaan yang kemudian akan di tangani oleh divisi khusus, serta di teruskan ke kantor BPJS Ketenagakerjaan untuk di tidak lanjuti kebenarannya.

dan pihak BPJS Ketenagakerjaan sendiri menjamin kerahasiaan data dari pelapor , sehingga anda tidak perlu khawatir jika melaporkan perusahaan anda yang memanipulasi data kepesertaan akan di pecat dari tempat kerja anda.

sistem lapor ini tentunya sangat bermanfaat bagi pekerja itu sendiri apabila besaran gaji yang di sampaikan sesuai , tentu akan mempengaruhi besaran manfaat yang di dapatkan oleh pekerja.seperti yang kita ketahui sesuai amanah undang – undang UU No.40 Tahun 2014 tentang sistem jaminan sosial upah merupakan besaran gaji yang diterima pekerja setiap bulannya di tambah dengan tunjangan.

proses pembaruan ini sementara masih rilis hanya untuk platform android dan di pastikan untuk platform yang lain IOS dan blackberry akan menerima update segera.

ads


Artikel Terkait (Mengenal Pcare BPJS Kesehatan)

dengan adanya sistem ini semoga pekerja mulai berani menyampaikan hak – hak mereka yang seharusnya di dapatkan tanpa takut mendapatkan tekanan ataupun ancaman akan dikeluarkan dari pekerjaannya karena semua bersifat face to face.

jika dahulu sebagai buruh pekerja kita menyampaikan aspirasi melalui serikat – serikat pekerja yang di bentuk dalam perusahaan namun seiring perkembangan jaman hal tersebut dirasa kurang efektif lantaran teknologi sudah canggih dengan aplikasi pelaporan bisa dilakukan dengan lebih cepat dan rahasia.

Berikut ini kami berikan sedikit proses pelaporan menggunakan aplikasi BPJSTK mobile.


bagi yang belum mendownload silahkan download terlebih dahulu untuk petujuk bisa di baca disini ( BPJS Ketenagakerjaan » Menjajal Performa Aplikasi BPJSTK )

bagi yang sudah download dan instalasi silahkan login sesperti biasa kemudian cek jumlah besaran saldo JHT anda setelah muncul jumlah JHT anda maka di bawahnya akan muncul tombol baru yang sebelumnya tidak ada.

Layanan Pengaduan BPJStk2

Layanan Pengaduan BPJStk2

seperti gambar di atas klik tombol tidak untuk mulai melaporkan jika memang perusahaan tempat anda bekerja terindikasi melalukan kecurangan seperti besaran upah yang terlapor tidak sesuai dengan slip gaji , atau jumlah karyawan lebih sedikit dengan kenyataan.

namun sebelum yakin melaporkan sebaiknya di telusuri kebenarannya melalui data – data yang Valid hal ini agar petugas BPJS ketenagakerjaan tidak melakukan kesalahan ketikan memberikan teguran akibat laporan yang tidak akurat.

setelah anda klik tombol tidak , maka anda akan mulai di berikan beberapa pertanyaan yang menjelaskan kondisi perusahaan yang sebenarnya dan isi dengan data yang akurat sesuai fakta.

layanan_pengaduan_bpjstk

layanan pengaduan bpjstk mobile

 

demikian sekilas pembahasan perihal fitur terbaru layanan pengaduan yang disediakan oleh aplikasi BPJS Ketenagakerjaan ,mari kita suarakan jika menemukan kecurangan karena ini era terbuka sudah tidak jaman kita takut dengan ancaman pemecatan ataupun dikucilkan karena menjdi pelapor, namun kita hanya menuntut hak – hak anda sebagi pekerja.

Notice:

download aplikasi hanya dari link resmi untuk mencegah handphone anda terjangkit virus ataupun malware jahat

www.bpjsketenagakerjaan.go.id/mobile/

 

 

 

Yang di Cari:

  • cara melaporkan perusahaan ke disnaker
  • cara melaporkan perusahaan nakal ke depnaker
  • cara melaporkan perusahaan yang tidak ikut bpjs
  • cara melapor ke depnaker
  • cara melapor ke disnaker
  • bagaimana cara melaporkan perusahaan ke disnaker
  • cara melaporkan perusahaan nakal
  • pengaduan bpjs ketenagakerjaan online
  • cara melaporkan perusahaan ke dinas tenaga kerja
  • cara melapor ke disnaker online
  • Cara Melaporkan Perusahaan
  • https://www bpjs-online com/laporkan-perusahaan-nakal-melalui-bpjstk-mobile/
  • cara melaporkan perusahaan ke depnaker
  • melaporkan perusahaan ke disnaker
  • melaporkan perusahaan
  • pengaduan bpjstk
  • cara melaporkan perusahaan tidak bayar bpjs
  • cara melaporkan perusahaan yang curang
  • cara melaporkan pt yg tidak ada bbjs ketenagakerjaan
  • bekerja tidak mendapatkan bpjs dimana melaporkannya

3 thoughts on “Laporkan Perusahaan Nakal Melalui BPJStk Mobile

  1. Ivan

    Kami salah satu dari kariyawan
    SURYA MAS GLASS
    JL KAPUK RAYA PEJALAN 2
    Kecamatan cengkareng kelurahan cengkareng jakarta barat

    Kami ingin melaporkan sebuat pabrik kaca
    1.tidak meliliki jamsostek..bpjs
    2.kerja melebihi kapasitas jam kerja
    3.gaji di bawah umr itungan hari hanya 65 ribu
    4.alat” septi tidak di miliki

    Mohon pabrik ini di tindak lanjuti dan segara +622129025670di tutup.
    Nmr tlpon pabriknya :+622129025670

    Reply
  2. taufik supriyanto

    Yang terhormat kode BPJS
    saya Taufik Supriyanto.
    keluhan saya. kenapa saldo saya bisa berubah.apa ad kecurangan dari PT tempat saya bekerja.
    saya bekerja di PT MUTIARA INDAH ANUGRAH.
    Saya memohon pihak BPJS menindak lanjuti masalah ini.

    Reply
    1. dodi

      Saya ingin melaporkan di perusahaan Saya pt sentra niaga Cermerlang bergerak di perusahaan rokok jayamakur palembang,yg beralamat di km 10 di pergudang di belakang pisang goreng adinda Saya mulai berkerja dari tahun 2010 smpk skrng.1di perusahan Saya tidak ada jaminan bpjs ketenaga kerja..2 gaji di bawak umr Saya menerima Dr awal Saya masuk smpk srkng gaji Pokok hanya RP 1.300.000 memang Kami diberi insetip penjualan rokok perbulan sekitar RP 1.500.000 ,Dan I2 Wajar Kami dapat kan sebab penjual setiap bulan ada hitungan persen rokok yg Kami jual..Dan Kami juga ga tau hitungan persen nya…tolong di tindak lanjutin perusaan kAmi ,supaya Kami mendapat kan jaminan bpjs ketenagakerja di perusaan.Dan bisa mendapat upah yg sesuai Dari aturan pemerinta

      Reply
  3. ibrahim

    Kami mau melaporkan bahwa Saya bekerja di salah satu perusahaan distributor cabang surabaya tepatnya pt tigaraksa satria tbk,djln. Margo mulyo 10 b.diperusahaan saya ini saya sebagai karyawan harian lepas yg kurang lebih karyawnnya 50 orang,tp diperusahaan kami ini gajinya dbawah umk surabaya dan tidak ada BPJS nya.apakah ini ada permainan.demikian yang dapat kami laporkan,dan semoga bapak dan ibu dapat segera merespon karena kami sangat membutuhkannya teima kasih.

    Reply
  4. Khaerul Muslim

    Kepada BPJS mohon bantuannya, saya Khaerul Muslim dari PT Niaga Nusa abadi distributor rokok Classmild baru saja di PHK dengan menandatangani surat resign. Saya tidak di berikan pesangon padahal saya sudah pegawai tetap tapi sk pengangkatan hanya berdasarkan lisan dan hanya tercantum di sistem informasi karyawan,disamping itu ijazah asli dan BPKB asli menjadi jaminan atau sebagai prasyarat untuk menjadi karyawan.

    Reply
  5. mansur

    saya karyawan cv semoga jaya samarinda yg pailit…saya blm mendapat pesangon…bagaimana yaa solusinya…dana jht saya jg ada tunggakan selama 2 tahun

    Reply
  6. nanang

    YTH.badan pengelola BPJS..
    sya mister X.sya ingin mengadukan perusahaan tempat sya bekerja.karena seluruh karyawannya tidak di ikut sertakan dalam program BPJS kesehatan..selain itu jika karyawan di berhentikan sepihak, perusahaan tidak memberikan pesangon.belum lama memang ada dari bpjs yg datang tetapi malah di kasih uang dari tempat sya bekerja supaya menutupi semua..tempat sya bekerja di PT.tugu pakulonan.jl raya serpong tepatnya di samping depo bangunan..apa karena yg punya perusahaan mantan aparat,jadi semua takut.sya mohon di tindak lanjuti laporan sya.

    Reply
  7. sadam husin

    Selamat sore bapak pembesar bpjs..
    Saya bekerja di pt DEFRIWANGGA ENGNERRING.
    bahwa saya tidak sama sekali di daftarkan oleh pihak pt DEFRIWANGGA ENGERRING di bpjs kesehatan

    Mohon agar hak saya di berikan sebagaimana mestinya
    Saya berja di pt DEFRIWANGGA ENGNERRING
    dari tahun 2016 hinga sekarang saya masih bekerja

    Reply
  8. drhanadex

    Hari baik setiap orang,
    Jual ginjal. Selamatkan hidup dan dapatkan uang, dokter hanadex spesialis untuk pembelian ginjal Apakah Anda ingin menjual ginjal Anda untuk menyelamatkan nyawa? Apakah Anda mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda dengan harga yang bagus sehingga Anda dapat membayar hutang Anda? adalah kesempatan bagi Anda untuk menjual ginjal Anda seharga 600.000 ton dan lebih. Semua donor yang berminat harus menghubungi tim kami Untuk informasi lebih lanjut melalui e-mail: [email protected] Atau aplikasinya +2348166843941 Pastikan Anda tidak ragu untuk menghubungi kami karena kami pasti akan memastikan bahwa kami bekerja sama dengan Anda dan juga Kami akan memastikan bahwa Anda menikmati berbisnis dengan kami.

    Email: [email protected]

    Salam

    Reply
  9. Dave

    PT Selaras citra Nusantara perkasa cileungsi tidak membayarkan iuran bpjs tidak sesuai dengan upah yg di terima karyawan. Seluruh karyawan dari level operator sampai direksi iuran bpjs yg di bayar kan berdasarkan upah sektor 1

    Reply
  10. Team X

    Selamat pagi…

    Lapor dong, sudah 2 bulan jalan ke 3 bulan, BPJS Ketenagakerjaan seluruh karyawan belum aktif dan dibayarkan oleh pihak Meikarta.

    Sedangkan gaji kami selalu di potong dengan alasan untuk iuaran bpjs
    Tolong bantu kami

    Reply
  11. BUDSET

    PT AMYRA SAGUNA MITRA.YG BERALAMAT DI JALAN PASAR MINGU RAYA.GRAHA PANCORAN NO16.A.BLOK.L.JAKSEL.TIDAK MENYETORKAN PEMBAYARAN BPJS TK..SEHINGGA KAMI EKS KARYAWAN AMYRA TIDAK BISA MENCAIRKAN DANA JHT YG MENJADI HAK KAMI…TOLONG DI TINDAK LANJUTI.KECURANGAN PT AMYRA .KARENA SANGAT MERUGIKAN PIHAK PEKERJA

    Reply
    1. IWAN

      PT.AMYRA SAGUNA MITRA.JL PASAR MINGGU RAYA NO16 BLOK.L JAKARTA SELATAN.GRAHA PANCORAN.PT INI SANGAT MERUGIKAN PIHAK KARYAWAN KARENA DUIT BPJS TIDAK DI SETIRKAN KE PIHAK BPJS..MOHON PIHAK BPJS UNTUK SEGERA MENINDAK LANJUTI.SAYA SEBAGAI KARYAWAN MERASA DI BOHONGI KARENA SETIAP BULAN GAJI SAYA DI POTONG UNTUK IURAN BPJS OLEH PT AMYRA SAGUNA MITRA.TETAPI TIDAK DISETORKAN DAN SETELAH SAYA BERHENTI BEKERJA DANA JHT SAYA TIDAK BISA DI CAIRKAN KARENA PT AMYRA SAGUNA MITRA TIDAK MENYETORKAN NYA.MOHON BANTUAN HUKUM DARI PIHAK BPJS KARENA INI ADALAH HAK KARYAWAN.TERIMA KASIH.

      Reply
  12. lukman

    Percuma Saja, gaada follow up nya juga dari pihak BPJS, setelah lapor menguap begitu aja.
    gaada tindak lanjutnya, atau solusi nya bagaimana..

    Reply
  13. indra gunawan

    Assalamualaikum..
    Yth bpk pimpinan BPJS.
    saya bekerja di PT Trimitra Sukses Farma sudah lebih dari 7 thn,dan sudah berpa kali berganti nama perusahaan tapi sampai sekarang tidak ada kesejahteraan buat karyawan,gaji jauh dari UMR dan uang lembur pun tidak ada sama sekali cuma janji janji palsu dari perusahaan akan membuatkan BPJS tapi tidak ada.
    Tolong di audit pak,dan perjuangkan nasib kami.

    Reply
  14. HXX

    Permisi bapa/ibu yang terhormat saya ingin melaporkan PT nayunda jaya dentosa kepada DEPNAKER TOLONG KEPADA DEPNAKER KAB BOGOR.
    SAYA INGIN MENGADUKAN PERUSAHAAN TEMPAT SAYA KERJA PT NAYUNDA JAYA SENTOSA YANG BERALAMAT DI.
    G HAJI NERAN SUKA HATI KERADENAN KAB BOGOR.
    YG MEMBERIKAN UMK DI BAWAH STANDAR UMK KAB BOGOR YAITU 1,9.
    DAN PT YANG TIDAK MENJALANKAN JAMSOSTEK. SEDANGKAN KERJANYA SEPERTI RODI MASUK JAM 8 ITUNGAN LRMBUR JAM 8 MALAM BERATI 12 JAM DAN ITUPUN /JAM HANYA 10 RIBU. DAN TIDAK MEMENUHI PERSYARATAN SEBAKAI MESTINYA.
    MOHON KEPADA DEPNAKER DI TINDAK LANJUTI.
    TERIMA KASIH
    MOHON DI RAHASIAKAN IDENTITAS SAYA

    Reply
    1. admin

      Halo Mr HXX untuk pengaduan perusahaan yang tidak taat dengan tidak mendaftarkan karyawannya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan , caranya dengan mendownload aplikasi BPJSTK di dalam aplikasi terdapat menu pelaporan bandan usaha yang nakal. semoga membantu bapak

      Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *