Menggunakan BPJS di RS Belum Kerjasama

Diposting pada

Banyak peserta BPJS yang belum mengerti bagaimana Menggunakan BPJS di RS Belum Kerjasama ,maka ketika sakit dan berada di luar kota atau bisa dikatakan jauh dari Faskes tingkat 1 mereka bertanya – tanya apakah masih bisa di cover BPJS Kesehatan?

Jika kita menjadi peserta asuransi premium tentu tidak perlu bingung cukup menggunakan asuransi komersil tersebut untuk berobat bisa klaim kemudian karena mereka tidak menganut sistem rujuk.


Artikel Terkait (Polemik Layanan Fisioterapi dan Penarikan Petugas Verifikator)

Namun berbeda cerita di BPJS kesehatan tidak bisa menggunakan cara seperti itu, peserta harus melalui beberapa prosedur untuk bisa berobat diluar daerah domisili.

Yang perlu dilakukan peserta ialah mengurus surat pengantar di kantor BPJS Kesehatan terdekat dengan keberadaan peserta saat ini dan pihak BPJS Kesehatan akan memberikan rekomendasi ke rumah sakit mana atau faskes TK 1 mana peserta akan dirawat.

Peserta diperbolehkan menunjuk ingin dirawat gunakan BPJS di RS Belum Kerjasama selama rumah sakit atau fasilitas kesehatan tersebut sudah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Yang tidak di perkenankan ialah peserta minta langsung dirawat ke Rumah sakit besar tertentu tanpa melalui faskes tingkat 1 meskipun rumah sakit yang dinginkan merupakan patner BPJS.

Berbeda jika peserta sudah masuk rumah sakit karena kondisi darurat dan ternyata RS tersebut belum menjadi patner BPJS maka pihak BPJS Kesehatan yang berhak memutuskan apakah akan tetap dirawat di rumah sakit tersebut atau di pindahkan ke rumah sakit yang telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Keputusan BPJS Kesehatan tentu mempertimbangkan berbagai aspek termasuk kondisi pasien apakah mampu jika dilakukan pemindahan ke RS lain.

Jika dirasa mampu makan akan dipindahkan ke RS yang bekerjasama untuk mempermudah proses pengawasan dan administrasi antara pihak BPJS Kesehatan dengan pihak Rumah sakit namun jika hal tersebut justru akan  membahayakan nyawa peserta maka pasien akan tetap dirawat di rumah sakit yang belum bekerjasama dengan mekanisme khusus.

demikian infor mengenai Menggunakan BPJS di RS Belum Kerjasama jika masih kurang jelas silahkan menanyakan ke petugas BPJS atau call center pusat.

Yang di Cari:

  • klaim bpjs di rumah sakit swasta
  • Cara kerjasama antara rumah sakit dengan BPJS
  • rs yg memutuska kerja sama dengan bpjs
  • apabila dirawat di rumah sakit swasta yang tidak ada kerja sama dengan bpjs kesehatan
  • cara klaim bpjs kesehatan di rumah sakit swasta
  • cara rembes bpjs kesehatan di rs yang tidak kerja sama
  • claim faskes di rumah sakit ga kerjasama dengan bpjs
  • daftar rumah sakit yg belum bekerjasama dengan bpjs
  • Ngeklaim pembayaran pasien di rumah sakit yg tdk kerjasama dgn bpjs
  • tidak kerjasama dgn bpjs

0 thoughts on “Menggunakan BPJS di RS Belum Kerjasama

  1. Nama saya ROPIAH, saya telah berhenti/mengundurkan diri dari Perusahaan sejak tanggal 07 April 2017, saya telah melakukan Cklaim BPJSKT pada tanggal 9 Juli 2017 tetapi menurut keterangan dari BPJSKT kepesertaan saya belum syah untuk Claim (TRANSAKSI GAGAL) menurut Keterangan BPJSKT kendalanya adalah saya belum di Off di perusahaan, bagaimana caranya untuk mengambil saldo BPJSKT 100% saya? Mohon solusinya dari BPJSKT. Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *