Operasi Caesar BPJS Kesehatan

By | 19 April 2016

Cesarean section atau yang sering kita dengar sebagai operasi cesar merupakan proses melahirkan yang di bantu oleh seorang tenaga medis dengan menggunakan metode irisan pada laparatomi ( Perut Ibu ) dan juga pada rahim (histerotomi ).

secara umum metode tersebut di lakukan apabila proses kelahiran secara normal gagal dilakukan sehingga untuk menyelamatkan bayi tersebut harus dilakukan proses caesar.

operasi caesar bpjs kesehatan

operasi caesar bpjs kesehatan

namun kenyataannya banyak sekali yang melakukan operasi cesar bukan karena indikasi medis melainkan hanya karena tidak ingin melewati proses persalinan yang menyakitkan , dan bahkan ada juga demi mencocokkan tanggal kelahiran anak mereka bersamaan moment – moment spesial tertentu contoh saja pas bertepatan gerhana matahari total atau moment – moment lain.

Hal ini tidak semata – mata terjadi pada pasien saja, demi mengejar keuntungan sebuah RS lebih menyarankan setiap pasiennya yang akan melahirkan ke operasi cesar ketimbang persalinan normal. tentu dengan harapan semakin banyak yang melakukan cesar dokter yang menanggani proses persalinan hanya memerlukan waktu 15-20 menit saja untuk satu proses persalinan. sehingga sehari bisa menangani puluhan pasien. berbeda jika proses secara normal sehari mungkin hanya bisa menghandel 1 pasien saja.

dari segi biaya untuk operasi cesar dipatok antara 13 hingga 15 juta sementara untuk melahirkan secara normal cukup mengeluarkan biaya antara 5 s/d 7 juta sesuai kelas perawatan.


Artikel Terkait (Lowongan Direksi BPJS dan Dewan Pengawas BPJS)

Baca Juga: BPJS Kesehatan » Relawan » Operasi bibir sumbing gratis dengan BPJS

ads

Operasi Caesar BPJS Kesehatan Tidak Mengcover Jika Itu Bukan indikasi Medis

 

atas dilema inilah mungkin BPJS Kesehatan tidak mengcover operasi cesar atas dasar permintaan pasien bukan karena pertimbangan medis.

namun terdapat pengecualian apabila kondisi janin dalam keadaan sungsang , air ketuban sudah pecah dan kondisi gawat lain.


prosedur yang harus di taati oleh peserta BPJS Kesehatan yang ingin melahirkan secara caesar diantaranya:

1. Rajin memerikasakan kandungan minimal 1 bulan sekali ke Faskes yang ditunjuk guna mengetahui perkembangan janin dari waktu ke waktu.

sehingga apabila terdapat indikasi kelainan bisa di deteksi lebih awal supaya dokter mempersiapkan tindakan yang tepat apakan melakukan persalinan normal atau cesar.

2. pastikan anda tidak telat membayar iuran BPJS Kesehatan. kebiasaan masyarakat indonesia mengabaikan ini sehingga pas kondisi darurat kepesertaan tidak aktif dikarenakan terdapat tunggakan.

3. pesiapkan dokumen – dokumen kelengkapan seperti KK , Kartu BPJS kesehatan dll.

demikian artikel kali ini perihal Operasi caesar BPJS Kesehatan , saran dari BPJS Online jika tidak ada kelainan atau kendala lain sebaikknya melakukan proses persalinan secara normal.

Yang di Cari:

  • operasi caesar dengan bpjs kelas 2
  • bpjs kesehatan melahirkan caesar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *