Penting ! Yang Mau Mudik Wajib Lapor BPJS Kesehatan

By | 26 Juni 2016

mudik lebaran BPJS Kesehatan

mudik lebaran BPJS Kesehatan

Tak terasa separuh perjalanan kita menjalani puasa ramadhan kini sudah hampir mendekati garis kemenangan , hanya tinggal menghitung hari lebaran sudah di depan mata. semua orang sudah hiruk pikuk mempersiapkan menyambut pesta kemenangan di hari yang suci.

sebuah tradisi yang terus mengiringi pesta nan fitri pulang kampung bertemu orang tua serta sanak saudara , yang setiap hari sibuk dengan mengais rejeki meluangkan waktu  ambil cuti untuk bersilaturahmi. lantas bagaimana dengan sobat  BPJS online sudahkah persiapan untuk menuju kampung halaman ?

ads

sebelum mudik sebaiknya segala sesuatu harus di persiapkan dengan matang , baik itu kendaraan bagi yang mau berkendara maupun bermobil , dan tiket pesawat atau kereta semua harus sudah terencanakan dengan sempurna.

bagi yang mau berkendara jangan lupa untuk melakukan service terlebih dahulu mobil maupun motor anda untuk siap menghadapi perjalanan jauh, bagi yang naik pesawat ataupun kereta rencanakan jadwal perjalanan anda jauh – jauh hari jangan mendesak kalu tak ingin perjalanan anda amburadul.

selain itu setamina anda harus terus dijaga tetap fit dan bugar dalam menghadapi perjalanan yang menguras energi , siapkan segala obat anti mabuk bagi yang tidak tahan berkendara. dan istirahatlah jika sudah merasa lelah banyak tersedia posko – posko mudik gratis yang disepanjang perjalanan.


saya tidak perlu jelaskan tips – tips mudik secara rinci karena sudah banyak yang membahasnya saya hanya ingin mengingatkan bagi anda peserta BPJS kesehatan yang melakukan Mudik Lebaran dan hanya mengandalkan kartu BPJS kesehatan untuk berobat sebaiknya perhatikan hal – hal berikut.


Artikel Terkait (Cara Mendaftar BPJS TKI Online)
  • Apakah kartu BPJS Kesehatan bisa digunakan di luar kota ?

Bisa ! Bagi peserta bpjs kesehatan yang berada di luar kota tetap bisa menggunakan kartu BPJS kesehatannya untuk berobat namun sebelumnya harus melapor ke kantor BPJS Kesehatan terdekat. Loh kok harus lapor ? ya hal ini untuk mengubah alamat faskes tk 1 anda sementara menyesuaikan lokasi terdekat anda saat ini.

Baca Juga: ( Relawan » Menggunakan BPJS di RS Belum Kerjasama )

contoh saja si joko yang sudah lama kerja di jakarta dan alamat Faskes tk 1 di puskesmas jakarta , sementara saat ini joko mudik dengan keluarganya di daerah jawa maka tidak mungkin kalau berobat harus mendapatkan surat rujukan dari faskes yang di jakarta.

dan juga nanti akan di informasikan oleh pihak kantor BPJS kesehatan terdekat faskes yang akan anda tuju ketika memerlukan pengobatan karena hanya pihak BPJS Kesehatan yang memiliki data lengkap puskesmas atau klinik mana yang sudah bekerjasama untuk di jadikan rujukan.

  • Bagaimana jika terlanjur belum lapor dan saat ini sedang sakit ?

Segera menuju ke fasilitas kesehatan terdekat puskesmas atau klinik yang diketahui menerima pasien BPJS Kesehatan ( Jangan langsung ke rumah sakit) di saat bersamaan minta keluarga yang lain untuk mengurus ke BPJS Kesehatan agar diberikan solusi termasuk apakah sudah benar faskes tk 1 yang dituju sudah menjadi rekanan BPJS Kesehatan.

  • Bgaimana jika Kondisi darurat dan yang terdekat hanya Rumah sakit atau klinik yang tidak menerima BPJS kesehatan

Yang menentukan tingkat darurat keadaan pasien adalah petugas BPJS Kesehatan yang di dampingi tenaga medis setempat , jika hanya berdasarkan asumsi keluarga pasien saja maka ada kemungkinan pihak BPJS kesehatan menolak menanggung biayanya dan akan disarankan untuk pindah ke puskesmas atau klinik lain yang bekerjasama dengan BPJS kesehatan.

  • Bagaimana Jika Sudah terlanjur dirawat beberapa hari di RS yang bukan patner BPJS kesehatan dan baru lapor ?

Dalam kasus ini hanya jika kondisi benar – benar darurat yang membahayakan nyawa pasien yang biayanya bisa di rembuis / di ganti oleh pihak BPJS kesehatan. selain darurat BPJS Kesehatan tidak menanggung biayanya.

  • Bagaimana jika sama sekali tidak melapor ?

Maka sangat kecil kemungkinannya baiaya perawatan atau pengobatan anda akan di ganti BPJS kesehatan.

  • Kok ribet ya tidak seperti asuransi lain ?

ya! BPJS Kesehatan mengikuti sistem rujukan jadi kita tidak bisa keluar masuk fasilitas kesehatan dengan seenaknya tanpa persetujuan dari pihak BPJS kesehatan.

saran BPJS Online sakit atau tidak sebaiknya Lapor saja jika kita sedang berada di luar kota hal ini bertujuan jika sewaktu – waktu sakit tidak perlu di pusingkan harus melapor lagi dan kita tidak salah masuk klinik dan yang penting biaya pasti sudah di cover BPJS kesehatan.

Oke sobat BPJS Online demikian tips singkat bagi anda yang akan melakukan perjalanan libur mudiklebaran ke kampung , pesiapkan segala sesuatunya termasuk lapor BPJS Kesehatan hal ini supaya waktu libur tahunan anda tidak menjadi kelabu,selain itu jangan sampai kita malah memiliki hutang karena biaya sakit ketika liburan tidak di tanggung BPJS kesehatan.

Semoga selamat sampai tunjuan salam BPJS Online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *