Pertanyaan seorang ibu PNS tentang BPJS Kesehatan

By | 1 Maret 2017

Pns bpjs kesehatan

Pns bpjs kesehatan


Bila anda hingga kini masih mengalami nasib yang sama seperti yang di alami seorang ibu ya g bekerja di sebuah instansi tidak ada salahnya menyimak artikel berikut yang BPJS Online kutip sepenuhnya dari liputan6.com

Berikut pertanyaannya

Saya adalah PNS di salah satu instansi pemerintah yang otomatis menjadi peserta BPJS Kesehatan (dulu Askes) dimana suami termasuk daftar tanggungan. Suami adalah karyawan perusahaan swasta. Namun perusahaan suami juga mewajibkan karyawan dan istrinya untuk masuk bpjs kesehatan.
Setelah kartu Bpjs yg merupakan pengajuan dari perusahaan terbit, saya melihat bahwa nomor kartu yg diterbitkan sama dengan yg kartu yang merupakan tanggungan saya. Apakah peraturannya memang seperti itu? Berarti untuk satu kartu nomor kartu bpjs kesehatan yg sama, ada 2 sumber dana pemotongannya, yaitu satu dari pemerintah (bagian dari gaji pns saya) dan satu lagi dari perusahaan swasta (daftar gaji suami). Jika ya, tolong diberitahukan peraturannya. Jika seandainya saya atau suami sakit, apakah dimungkinkan menggunakan BPJS kesehatan secara ganda? karena kelas untuk kartu tersebut adalah sama. Mohon penjelasan.

Terima kasih. 

Pengirim [email protected]

Jawaban dari pihak BPJS Kesehatan

ads


Artikel Terkait (ganti alamat)

Pertama bersama ini kami sampaikan dasar hukum sebagai berikut: 1. Undang-Undang No. 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial: Pasal 1 ayat (4) : Peserta adalah setiap orang, termasuk orang asing yang bekerja paling singkat 6 (enam) bulan di Indonesia, yang telah membayar iuran, Pasal 1 ayat (8) : Pekerja adalah setiap orang yang bekerja dan menerima gaji, upah atau imbalan dalam bentuk lain. 2. Undang-Undang No. 111 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2013 tentang Jaminan Kesehatan: Pasal 16B ayat (1) : Iuran Jaminan Kesehatan bagi peserta Pekerja Penerima Upah yang terdiri atas PNS, anggota TNI, anggota POLRI, dan Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri sebesar 5% dari gaji atau upah per bulan, Apasal 16B ayat (2) : Iuran sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dibayar dengan ketentuan 3% dibayar oleh pemberi kerja dan 2% dibayar oleh peserta. 3. Surat edaran resmi BPJS Kesehatan nomor 3994/VII.2/0415 tanggal 14 April 2015 tentang status kepesertaan pasangan suami dan istri sebagai Pekerja Penerima Upah Penyelenggara Negara dan Non Penyelenggara Negara. Merujuk pada sejumlah dasar hukum tersebut, bagi pasangan suami dan istri yang sama-sama bekerja, keduanya wajib didaftarkan menjadi peserta JKN-KIS dan keduanya wajib membayar iuran JKN-KIS. Dalam hal suami dan istri memiliki hak kelas rawat yang berbeda, maka suami dan istri dapat memilik hak ruang kelas perawatan yang tertinggi dari hak suami/istri. Selain itu, anak dari suami/istri berhak menggunakan ruang kelas perawatan sesuai dengan ruang kelas perawatan ibu/bapaknya sebagai peserta yang memiliki kelas rawat tertinggi. Untuk diketahui bahwa iuran PPU pegawai pemerintah hanya dipotong 2% dari gaji tetap, sehingga seandainya gaji peserta PNS adalah Rp 4.000.000, maka yang iuran yang dibayarkan adalah Rp 80.000 untuk 5 anggota keluarga, atau Rp 16.000 per orang. Jumlah tersebut tentu jauh lebih murah dibanding iuran bagi peserta mandiri, yaitu Rp 80.000 per orang untuk kelas I. BPJS Kesehatan memiliki prinsip gotong royong. Artinya, secara tak langsung peserta yang sehat membiayai peserta yang sakit, peserta yang mampu membiayai peserta yang kurang mampu. Setiap bulan, iuran peserta BPJS Kesehatan digunakan untuk membiayai para peserta yang sedang sakit, membutuhkan biaya pengobatan yang besar, dan atau membutuhkan pelayanan kesehatan seumur hidup. Iuran bulanan dari para peserta BPJS Kesehatan yang sehat itulah yang dapat menutup pembiayaan tersebut. Dengan demikian, manfaat iuran yang dibayarkan peserta BPJS Kesehatan tersebut akan terus berputar, membiayai mereka yang membutuhkan, sehingga diharapkan seluruh masyarakat Indonesia dapat memperoleh jaminan kesehatan yang adil dan merata. Hormat kami, Departemen Komunikasi dan Hubungan Masyarakat Grup Komunikasi dan Hubungan Antar Lembaga BPJS Kesehatan Kantor Pusat.

Yang di Cari:

  • Bpjs kesehatan pns
  • cara cek askes pns online
  • cek data peserta bpjs pns
  • cek keanggotaan bpjs kesehatan untuk pns
  • cek bpjs kesehatan pegawai negri
  • cara mengecek no bpjs pns
  • cara mengecek kepesertaan bpjs pns
  • cek data bpjs pns online
  • daftar askes online
  • bpjs online pns
  • pembayaran BPJS untuk PNS
  • daftar bpjs online pns
  • cek tagihan bpjs pns
  • cara cek bpjs pegawai negeri
  • cek data peserta askes
  • cek nomor bpjs askes
  • cek keanggotaan bpjs kesehatan pensiunan pns
  • boks boaudio pns
  • cara ngecek bpjs pegawai ne
  • cek iuran askes onlinbe

46 thoughts on “Tanya Jawab BPJS Ketenagakerjaan Juli 2016

  1. Tumadi

    Saya registrasi BPJS KESEHATAN Mobile tetapi mengapa selalu gagal dengan kalimat “nama ibu kandung tidak sesuai dengan data kependudukan RI”
    Mohon konfirmnya

    Reply
    1. admin Post author

      Kemungkinan data yang bapak masukkan (nama Ibu ) berbeda dengan yang bapak tulis ketika mengisi form ketika pertama kali mendaftar BPJS , Sebaiknya bapak kroscek kesamaan data tersebut melalui kantor BPJS Kesehatan terdekat apakah nama ibu yang tersimpan saat ini di server BPJS sama ,jika berbeda sekalian bapak lakukan perubahan data.
      salam

      Reply
      1. dede arifin

        Saya jga mengalami hal yg sama. Nama ibu kandung tidak sesuai. Kira2 cara menanggulangi nya gmn ya? Udh 5 tahun kartu saya blum saya cairin. Syg bgt kalo ga d cairin. Pdahal persyaratan udh ada semua.

        Reply
  2. ahmad

    selamat siang,
    saya ingin bertanya apakah kita bisa mengajukan santunan jaminan kematian diluar kantor cabang dimana peserta didaftarkan. misalkan, peserta BPJS ketenaga kerjaan terdaftar di kantor cabang jakarta, apakah ahli waris dapat mengajukan santunan jaminan kematian di kantor cabang bogor…? mohon informasi dan penjelasannya.
    Terima kasih

    Reply
  3. dwi santoso

    Saya mengundurkan diri tanggal 25 Juli 2016. tanggal berapa saya bisa mengajukan klaim JHT secara online?
    thanks

    Reply
  4. ludfi winandar

    bagaimana merubah tanggal lahir yang terdaftar di BPJS ketenagakerjaan secara online, karna data di kartu BPJS tidak sesuai dengan E-ktp saya sehingga proses klaim saya terkendala.ttims

    Reply
  5. Ahmad

    Saya mau cek bpjstk mobile tetapi data saya dengan no handphone yg dulu ,bagaimana caranya supaya bisa saya cek saldo nya dengan nomer hp yg sekarang ?

    Reply
  6. meta

    maaf saya mau bertanya
    apakah PNS ikut serta dalam BPJS Ketenagakerjaan? bagaimana cara pengurusannya? kalau memang PNS bisa ikut serta apakah PNS memiliki hak yang sama seperti pegawai swasta yang lainnya? terimkasih..

    Reply
  7. moch edo saputra

    bang bpjs adik saya ada masalah dikit. di buat 2 tahun lalu. dan tidak di gunakan sama sekali dan sudh mati 3 bln 1 tahun lalu. dan yang aye pertanyakan kenapa kartu bpjs nenek dan kake saya ngikut juga gak bisa di aktifkan. dan kata orangnya harus bayar dulu yang adek sya barus bisa aktifin kartu bpjs nenek dan kakek saya.

    Reply
  8. ripki fauzi

    Sy bekerja di surabaya, sy asli cirebon.
    Bisa atau tidak ya klo sy mengurus berkas utk pencairan dana bpjs ketenagakerjaan di bpjs ketenagakerjaan cabang cirebon. Terima kasih.

    Reply
  9. Agung

    Maaf pak saya mau tanya, saya kan bekerja di perusaan X selama 6 bulan, terus saya resign, nah pas saya cek saldo bpjs ketenagakerjaan nya itu ada sekitar 300rb, nah kan kalo mau dicairkan itu harus ada paklaring, saya gak dikasih paklaring oleh perusahaan, terus saya juga keluar dari perusahaan baru setahun, apa itu bisa dicairkan, terima kasih ..

    Reply
  10. kristi

    Pagi Bpjs Ketenagakerjaan

    maaf mau tanya nih ..

    Setelah habis kontrak di PT. A baru dapet kerjaan setengah tahun kemudian di PT. B .

    Bpjs ketenagakerjaannya belum aku cairkan tapi saya gabungin di PT. B ..

    Terus aku cek saldonya cuma di PT. B ..

    misal mau ngecek saldo yang di PT. A caranya gimana ? 

    Terus jika saya mencairkan saldo apakah dapetnya yang di PT. B doang apa yang di PT. A juga bisa dicairkan ? Soalnya saya gabungin ..

    makasih sebelumnya 🙂

    Reply
  11. ridho

    Min saya mau tanya
    Saya kemarin di CV tele multimedia dengan saldo jth terakhir 2jtan stelah bulan oktober 2015 saya berhenti dan nyambung di prusaan lain tp saya blom claim , stelah sekarang saya cek saldo JHt saya dengan perusaan baru dan nomor kpj yg sama saldo ny berkurang menjadi saldo yg baru 700an , pertanyaan saya saldo saya di perusaan saya yang lama itu kemana ya…? Ini no kpj saya 14021079059

    Reply
  12. ahmad

    selamat siang,saya mau tanya dipaklaring saya resign pertanggal 12 maret 2016,tetapi saya cek dibpjstk mobile iuran saya terakhir dibayar dan diterima pertanggal 15 april 2016, apakah saya msh bisa untuk klaim 100% bpjstk saya? jika tidak mohon solusinya.terima kasih.

    Reply
  13. AyyaKhayya

    Saya mau tanya,
    1.Apabila sudah punya paklaring,apakah masih harus minta surat ke depnaker?
    2.waktu saya men cek saldo bpjstk online,nik Ktp lama yg hrs d.masukkan,bukan e-ktp,,,jadi yg harus saya bawa ke bpjstk saat klaim ,ktp yg mana?

    Reply
  14. sopiyan

    Yth. Bpk/Ibu/Sdr/i SITI MUNAWAROH,

    Dengan Hormat,

    Bersama ini kami sampaikan bahwa pengajuan klaim jaminan melalui website (E-Klaim) dengan rincian sebagai  berikut:

                        KPJ               : 11034822988
                        Nama Tenaga Kerja : SITI MUNAWAROH
                        Tgl Lahir         : 27-09-2011
                        Tgl Kematian      :
                        Nama Pemohon      : SITI MUNAWAROH
                        Hubungan Pemohon  : TENAGA KERJA

    Belum memenuhi persyaratan, karena Maaf mohon mengajukan permintaan koreksi NIK KTP,dan nama Ibu kandung ke HRD perusahaan karena tidak sesuai data base kami. Terima kasih.

    Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang BEKASI CIKARANG di nomor 021-89113873.

    Surat elektronik ini dikirimkan secara otomatis dan tidak untuk dibalas.

    Salam hormat,

    BPJS Ketenagakerjaan

    Reply
  15. deby

    Saya mau bertanya apakah bisa mencairkan jht sedangkah alamat di ktp ma kk udah berbeda dgn data di bpjs ketenagakerjaan waktu dulu mendaftar. Karena kk asli yang lama hilang dan sekarang buat baru tapi kk ma ktp beda alamat. Dulu alamat di Semarang sekarang ktp dan kk pindah di Boyolali. Apakah bisa saya mencairkan jht saya? Mohon di jawab. Terimakasih

    Reply
  16. reza

    saya sudah mempunyai kartu kepesertaan jamsostek (nonaktif), apakah saya bisa daftar ulang supaya supaya mempunyai 2 kartu

    Reply
  17. supitra

    saya mau tanya, apakah surat pengantar untuk kerumah sakit bisa dibuat disemua tempat yang melayani BPJS kesehatan? atau ditentukan?

    Reply
    1. admin Post author

      surat pengantar/rujukan memang hanya di berikan kepada pasien jika sudah tidak mampu di tangani oleh faskes tersebut.terima kasih

      Reply
  18. wijayanto

    Saya membuat akun bpjstk mobile ,saat pengisian data sepertinya saya salah menuliskan no hp saya. Sehingga sampai saat ini saya belum bisa ngecek saldo maupun pengajuan klaim.karena belum menverifikasi nomer yg di kirim kewat sms. Bagaimana solusinya ? Saat itu saya menuliskan 0881****838.nah yg 4 angka di tengah itu saya tidak tau.
    Mohon bantuanya terimakasih.

    Reply
    1. admin Post author

      silahkan login menggunakan versi website pada menu profil terdapat pilihan untuk mengganti nomor Hp . bpjs online

      Reply
  19. herry ari susanto

    sy mencoba registrasi dan sms cek saldo bpjs tk kok jawabannya : “Data NIK KTP Anda tidak sesuai,pastikan Nama dan Tgl Lahir sesuai data yang tercatat di e-KTP”..terus untuk sy bisa mengakses,apa langkah yang harus aku lakukan ya?

    Reply
    1. admin Post author

      Apakah data yang bapak masukkan sama persis dengan data yang di gunakan saat mendaftar BPJStk ? jika ada perubahan data namun bapak tidak melaporkan maka akan terjadi seperti itu. salam

      Reply
  20. saepudin juhri

    selamat malam… saya mau tanya, kemarin saya coba klaim bpjs lewat HP, namun saat registrasi saya salah memasukan nomor HP, jadi saya tidak bisa untuk lanjut ke proses selanjutnya…
    lalu bagaimana caranya agar saya bisa registrasi ulang?

    Reply
  21. rizqi firmansyah

    Saya pernah bekerja di perusahaan dengan selama 6 bulan pd bulan mei 2016 saya sudah tidak bekerja lagi, tetapi pada bulan januari 2017 saya bekerja lagi pada perusahaan yg berbeda bisa kah saya mencairkan saldo pada bpsj di perusahaan sebelumnya atau melanjutkan bpjs di perusahaan yg baru?

    Reply
  22. Ceria justitia

    Saya maumengajukan eklaim dluar wilayah dulu saya pernah bekerja, salah satu syarat ny ada surat ket. Pmberhentian krja dr perusahaan k disnaker, dr perusahaan sya tdk ada surat seperti itu, perusahaan dulu sya bekerja salah satu bank bumn, apakah SK PHK bs menggantikan surat tsb?

    Reply
  23. Bakti Nendra K.

    Saya ingin menanyakan untuk persyaratan klaim BPJS.saya berniat mengajukan klaim pencairan dana JHT semua data sudah lengkap kecuali KTP asli dikarenakan dipergunakan untuk proses mutasi kendaraan dan ditahan di polres,untuk passport pun sama karena setelah resign dari perusahaan sebelumnya saya diterima di perusahaan asing dan passport saya juga ditahan.Yang saya tanyakan,apakah ada solusi untuk hal ini.karena pada saat saya datang ke kantor cabang terdekat, saya jelaskan jika diperlukan data pengganti lain seperti akte,ijazah,npwp,ataupun Sim saya sudah membawanya,tetapi pegawai tidak mau menerima dengan alasan takut terkena sangsi atasan.Mohon informasinya.terima kasih

    Reply
    1. admin Post author

      Dear Pak bakti , mohon maaf atas ketidaknyamanannya. kamipun belum mendapatkan solusi perihal tersebut . maaf

      Reply
  24. anang

    Mau tanya kalo pencairan jht bpjs ketenaga kerjaan via transfer apakah bisa menggunakan rekening istri?ato herus menggunakan rekening kita sendiri?

    Reply
  25. Kulsun

    Bos saya mau klaim, kata pusat informasi sekarang pencairan lewat online, ok gue nyoba pas coba aplikasi dalam fitur pengembangan, terus coba di pc ketika masukin nama pemilik rekening ada pesan “nama pemilik rekening tidak seauai dengan nama pemohon” solusinya gimana ? Udah gue lakukan setiap hari tetep

    Reply
    1. admin Post author

      Kepada bapak kulsun apakah nomor rekening yang bapak masukkan namanya sama dengan nama di kartu ? Jika sama seharusnya tidak muncul pesan tersebut. Salam

      Reply
  26. syarifudin

    maaf mau nanya,saya memiliki 2 kartu kepesertaan bpjs ketenagakerjaan tetapi yang 1 sudah non aktif.masalahnya saya masih bekerja pada perusahaan yang sama.apakah bisa di klaim kepesertaan yang nonaktifnya?lalu bagaimana paklaring dr perusahaan karena sy kan masih bekerja diperusahaan tersebut.mohon bantuan dan pencerahannya.trims

    Reply
    1. admin Post author

      kepada bpk syarifudin saran kami meminta pihak HRD untuk menggabungkan dalam 1 kartu semoga membantu.

      Reply
  27. Rita

    Saya kan pernah kerja pt x . Tpi saya tidak d kasih kpj . Nah waktu saya mencoba apl bpjstk online saya terdaftar dengan saldo akhir 2.3××.×××. Kalau seperti itu bagai mna ?

    Reply
    1. admin Post author

      meskipun tidak mendapatkan KPJ selama perusahaan membayarkan iuran maka itu merupakan saldo milik ibu rita

      Reply
  28. Novila

    Siang, saya mau tanya mengenai pencairan jht. Salah satu syarat adalah kk asli. Wktu pertama kali mendaftar status saya masih lajang dan kk menyatu dengan ortu. Tetapi skrng status saya sdah berkeluarga dan mempunyai kk sendiri. Yg saya tanyakan saya harus menyertakan kk yg lama atau yg terbaru? Trima kasih atas jawabannya.

    Reply
  29. fahrul razi

    Selamat malam admin mohon pencerahannnya., saya mau nanya untuk claim dana jht 100 % apakah bisa dilakukan dikantor cabang bpjs seluruh indonesia. Awalnya saya bekerja di perusahaan yg ada di pekanbaru, dan sekarang saya tinggal di kota palu. Apakah saya bisa lakukan claim dana jht di kantor cabang palu dengan data ktp,kk yg dipekanbaru. Tolong pencerahannya adamin.

    Reply
  30. adi samsudin

    maf mu nanyya.. saya buka app bpjstk online tp d situ saya gk bisa cek saldo katanya “nama dan tgl lahir tidak sesuai yg trcatat di bpjs ktenaga krjaan

    dulu ktp saya tmpat lahirnya bandung wktu msuk krja… trus saya pindah kab. dan yg d ijazah saya tmpat lahirnya riau jd d ktp yg skrang tmpt lahirnya riau… apa mungkin itu pnybab nama dan tgl lhir tdk sesuai??? trima kasih

    Reply
  31. Denis christianto

    Permisi saya ingin bertanya,saya ingin mengajukan klaim jkk,akan tetapi sudah lewat 12 hari dari kejadian kecelakaan dikarenakan saya patah tulang dan bkn pada bagian yang fatal sehingga mencoba jalur alternatif,apakah masi berlaku untuk klakm tersebut?karena rencana saya mau menempuh jalur operasi,terima kasih.

    Reply
  32. Dewi

    Maaf mau tanya , tadi pagi saya memproses eklaim bpjs ketenagakerjaan , nah semua datanya udh masuk , cuma yg jadi masalah apa bisa ganti no rekening ga sama yg baru ??
    Solanya yg saya pakai tadi saya cek ternyata sudah ke blokir , itu apa saya harus mulai dari awal lagi atau saya lampirkan lagi buku no rekening barunya ke cabang bpjs nya lagi ???
    Terimakasih mohon infonya

    Reply
  33. arum dwi achmalia t

    Saya ingin mencairkan dana jht bpjs tk milik saya sendiri. Sekarang ini e-ktp saya belum jadi. E-ktp saya ganti datanya karena saya sekarang sudah berkeluarga. Data kk dan ktp saya otomatis berbeda dengan data kartu bpjs tk saya. Oleh karena itu agar saya bisa mengurus pencairan dana jht ini, tolong sebutkan syarat yang harus saya penuhi. Terimakasih.

    Reply
  34. RAHMAD EKO PRASETYO

    Selamat siang.
    Saya telah ikut peserta bpjs ketenaga kerjaan lebih 3 thn. Yg mau saya tanyakan mengenai pinjama renovasi rumah. Sementara rumah yg rencana saya renovasi adalah masih KPR. dengan KPR yg saya jalani sekarang apakah bisa untuk saya mengajukan pinjaman kridit renovasi rumah. Tks

    Reply
  35. Melky hari sandy latupapua

    Maaf sebelumnya saya bayar bpjs jht pada saat kerja ga pernah terlambat,saat saya tidak bekerja mau mencairkn saya merasa di persulit oleh kantor bpjs di kota kandangan hulu sungai selatan kal sel hanya karna ktp saya ada lecet dikit,tolong di bijaksanai berkas lengkap persyaratan lengkap di persulit,menurut saya ini aneh dan tidak rasional

    Reply
  36. yanto purnomo

    maaf mau nanya .. saya mempunyai 2 nomer bpjs . xg satu masi aktif dan satunya lagi non aktif .. jika saldonya xg non aktif di pindahkan/migrasi ke nomer xg masi aktif apakah bisa ? dan apa sajakah persyaratannya?? thanks

    Reply
  37. Tuti Susanti

    Assalamu’alaikum selamat siang admin..
    Saya mau tanya perihal mengganti e-mail lama ke e-mail baru di aplikasi bpjstk mobile
    Saya sudah coba beberapa kali di menu setting lalu mengubah email
    Saya sudah mendapat nomor verifikasi ,tp ketika di verifikasi yg muncul hanya “invalid response”
    Ini sudah saya lakukan beberapa kali, bahkan saya berinisiatif mengganti provider internet menggunakan kartu telkomsel tp tetap muncul pesan “invalid response”
    Saya bingung harus bagaimana mengganti email saya ,krna email saya yg lama di hack org tdk bertanggung jawab
    Mohon bantuannya admin
    Terimakasih
    Wassalam..

    Reply
  38. Delis lesmana

    Kalo saya udah proses klaim lewat…trus di aplikasi nominal nya sudah 0 masuk ke rekening nya kok gak langsung hari itu juga knapA…kira” berapA lama masuk saldo ke rekening nyA…makasih

    Reply
  39. SUGIYANTO

    Saya mendapat bantuan KIS dari pemerintah setelah saya login di bpjs kesehatan kenapa selalu ada notifikasi tanggal lahir tidak sesuai, padahal di kartu KIS nya sudah benar. Terimakasih

    Reply
    1. asep saripudin

      Apa bisa mencairkan jamsistek tanpa paklating karna dari perusahaan tida mau mengeluarkan oaklaring mohon jawaban nayal

      Reply
    2. Zaenal

      Saya bekerja Thun 2010 keluar Thun 2012.masuk lgi ke perusahaan yg sama Thun 2015. Keluar lgi Juni sekarang. Pas berhenti yg pertama saya tidak mendapatkan parklaring. Tp yg kedua dapat. Kalau mau pencairan tgl masuk kerja saya yang di parklaring apa harus tanggal pertama masuk kerja tahun 2010 atau tanggal masuk yang kedua kalinya pun ga apa2??? Mohon pencerahannya..

      Reply
  40. Firman

    Misi pak saya mau tanya mencairkan bpjs jht secara online.. Pas saya upload foto saya lupa isi cabang bpsj dan lupa isi nama bank dan no reknya trus udh saya simpan…klw kesalahan begitu apa harus dari awal lg pak. Mksh

    Reply
  41. ika permanasari

    Saya kan mau mencairkan bpjs tp tgl d ktp beda sma di kk tp ada surat kterangan dari desa.trus q kn pindah dr kmpung sblumny. Nah skrng pke kk yg baru tu alamtnya kn berbeda tu kira2 saya harus gmn ya?. Pa harus d rubah atau bisa minta surat kteranangan pindah ja.. Mhon infonya. Mksih

    Reply
  42. Dani firdaus

    Mohon jabawan nya secara jelas, saya punya kartu jamsostek sudah non aktif diperusahaan yang sebelum nya terus saya mengclaim pencairan dana jamsostek di daerah ciputat, pada saat di cek mereka bilang nya ada bpjs yang aktif di perusahaan yang berbeda, memang sebelum nya saya pernah diminta data untuk bpjs ketenagakerjaan diperusahaan yang baru, yang menjadi pertanyaan saya kenapa jamsostek saya yang lama tidak dapat dicairkan logika nya status sudah non aktif dan yang aktif diperusahaan yang baru pun pakai data baru dan pasti nomer perserta yang berbeda, mereka bilang harus dua” non aktif baru bisa dicairkan logika nya itu beda perusahaan beda nomer peserta dong dan tidak dilanjutkan ke perusahaan yang baru, kenapa????? Saya merasa rakyat kecil dipersulit 4x bolak balik saya habiskan ongkos antri dari pagi sampe siang hasil nya nihil tolong lah jangan dipersulit kalo dapet nya besar sih gpp ini saya cek by aplikasi bpjstk aja gak seberapa tp harus bolak”in dan ngabisin uang, kita ke bpjs buat claim uang bukan buat buang” uang

    Reply
  43. ani

    klo alamat bpjs dan alamat ktp beda, bagai mana untuk menyamakannya atau membenarkan.

    Reply
  44. Enrik

    Gan.. Mau bertanya.. Kalau saya dah eklaim bpjs tk.
    Itu kira2 brp hari ya di trnsfer?

    Reply
  45. novi

    maaf admin sy mw tanya.. sy sdh resign bln mei 2017 lalu bln juli mw mncairkan dana bpjs tapi tdk bisa krn status msh aktif. sy sdh konfirmasi kntor sy yg dlu dan sdh dua hri yg lalu kntor sy sdh melaporkan f1b ke kntor bpjs, tapi smpe skrg kok status sy msh aktif ya?? satu lagi pertanyaan, sy kn resign bln mei 2017 tapi melaporkan f1b bln juli apakah perusahaan itu trbilang menunggak bpjs 2 bln?? mohon ksh penjelasan. mksh

    Reply
  46. septhia dwi cahyani

    saya ingin bertanya
    1. saya ingin ajukan pencairan jht dgn cara online tapi kalau nama saya di kpj dan ktp berbeda apa bisa lgs ajukan saja..atau harus koreksi data terlebih dahulu di kancab??
    2. kalau saya mau ajukannya secara manual stg lgsg ke kancab..apa bisa kalau ajukan pencairan di kancab bersamaan dgn koreksi datanya??

    kondisinya saya sdh dapat form koreksi data dan cap dr perusahaan tempat saya bekerja sblmnya..saat ini saya sdh tdk bekerja dipeeusahaan tsb
    mohon bantuan jawabannya..thx

    Reply
  47. jaka wachyudi

    mau tanya nih, kn saya sudah melakukan klaim ke bpjs ketenagakerjaan, kemudian tinggal nunggu trnsfer dananya saat itu pukul 14.45 dan saya pun pulang, tetapi ketika saya membuka email 2 hari setelahnya saya mendapatkan email dari bpjs yg isinya belum memenuhi persyaratan karena ada salah input, nah yg saya tanyakan salah input petugas bpjsnya atau salah input pada saat rekam persyaratan saat awal, jika saat awal rekam persyaratan kn seharusnya saya tidak sampai pada tahap menunggu pencairan melalui transfer, tp saat dtg ke bpjs saat itu jg

    Reply
  48. Ovi Meriyanti

    Selamat malam ..untuk pencairan bpjs ketenagakerjaan apabila kartu keluarga hilang apakah Masih bisa claim? Dan dokumen apa yang dibutuhkan untuk bisa tetap claim?

    Reply
  49. dian mulyono

    ma.af admin .
    saya mau tanya..saya sudah tidak bekerja di perusahaan mana pun. saya mau klaim jht saya yg dulu..atas nama ian mardiana..skarang ini nama saya dian mulyono..dikarnakan dulunya ada ksalahan dr phak dsa stempat.
    saya sudah datang ke kntr cabang sukabumi untk koreksi data..ksalahan nama..dan datang ke pt .yg dulu saya krj..tp pihak hrd tidak mau menandatangani formulir koreksi data saya..jika demikian .bagaimana saya bisa klaim jht saya..pdhl saya sudah dilengkapi surat keterangan dari desa..bahwa 2 nama tersebut masih orang yg sama dngan nik/tgl lhr yg sama.
    trimakash.

    Reply
  50. Reviani yulia

    Saya mau nanya Kemaren saya udah bayar iuran bpjstk lewat bank BNI, ternyata itu untuk iuran bulan 6/2016. Yang muncul di website sipp online nya pas mau tau kode iurannya yg muncul paling atas Unpaidnya yg sudah saya bayarkan itu. Jadi itu gimana ya?
    Apa itu tadi tagihan iuran yg belum terbayar ya? Soalnya statusnya UNPAID

    Reply
  51. abdulhalim

    Maaf saya masih bekerja di kantor yang membuatkan saya bpjs ketenagakerjaan setelah saya cek ternyata kantor saya sudah lama tidak membayarkan bpjs saya status sudah tidak aktif apakah bpjs saya akan hangus? Dan apakah bisa di cair kan mohon petunjuknya.

    Reply
  52. wasinih

    Selamat malam…
    Bisa tolong bantu saya… untuk mengirimkan struk bukti bahwa telah ditransfer hasil claim bpjs saya.
    Nama : WASINI BT SAWID
    NO : 13015415291
    Dari PT. GANADA

    Reply
  53. Jumiatun

    Saya berhenti bekerja d pt x september 2011, tapi pas saya cek saldo via aplikas dsitu tertulis iuran terakhir juni 2012…. Jadi antara paklaring dan data bpjstk tdk sesuai.
    Apa yang harus saya lakukan agar bpjstk saya bisa dcairkan?

    Reply
  54. arif

    Saya kerja dan tinggal di semarang tapi bpjs saya ada 4 terdaftar di jakarta dan ada 2 yang tidak mendapatkan kartu cuma dikasih nomer peserta saja, kenapa waktu saya minta kartu saya di semarang tidak di kasih terus saya mau gabungkan saldo juga tidak bisa dengan alasan saya terdaftar di jakarta, kenapa saya dipersulit itukan uang2saya sendiri, dan apa gunanya sistem online..? Tolong dijawab ya admin

    Reply
  55. fikson lukas

    saya pernah bekerja di perusahan A selama 1.5 thn saya sudah cek saldo saya 3.***.*** saldo itu saya belum claim
    sekarang saya bekerja di perusahaan B dan setelah saya cek saldo saya
    sudah berkurang dan sudah terdaftar dgn nama perusahan B..

    apakah saldo saya di perusahaan A masih ada??

    Reply
  56. deden

    selamat malam…mohon bantuannya bagaimana cara untuk merubah akun yang sudah ada karena setiap login pada aplikasi bpjs mobile itu tidak bisa akses melalui akun tsb krn lupa pin.

    Reply
  57. APIP SUDRAJAT

    Pak mohon maaf sebelumnya, saya mau nanya? saya mau ngecek saldo jht di app bpjstk, pas awal saya ngecek itu terdaftar dan terlihat saldonya, nah.. Begitu udah setaun lebih, dengan format yang sama. Dengan email yg sama,saya cek online lagi tapi kenapa no KPJ saya seperti di pakai orang lain, dengan balasan “no nik sudah terdaftar dengan email yg bukan email saya, pak? Padahal sebelum nya gk kaya gini?

    Reply
    1. Napi benington

      Saya mau tanya waktu itu saya pernah melakukan pencairan lewat bank bni. Karna ada masalah saya mendapat sms dari bank bni untuk melengkapi kelengkapan data dan harus datang ke kantor jamsostek canbang jababeka. Karna waktu itu saya ada di luarkota dan tidak sempat mengurus nya jadi saya blum ke kantor jamsostek sampai sekarang. Apakah data aplikasi saya masib ada di kantor tsb, dan apakah masih bisa di cairkan??, mohon bantuannya.

      Reply
  58. Novia oktavianawati

    selamat malam
    untuk nama ibu kandung yang tertera di KK berbeda dengan yang didaftarkan dibpjs..namun nm ibu kandung yg di daftarkan di bpjs sm dgn akte kelahiran,apakah menjadi hambatan untuk klaim bpjs ketenagakerjaan?jika iya bagaimana solusinya?
    mohon pencerahannya.

    Reply
  59. andrias saputra

    saya sudh klaim dari tgl 25 september , tapi knpa saya gak bisa ngecek saldo di bpjs mobile , (terjadi kesalahan ketika mengupdate data
    Silahkan masuk kehalaman cek saldo kembali)
    trus udh 10hari belom ada transferan??
    CS nya bilang tunggu 7 hari kerja udh di teransfer?? Tapi blom ada transaksi udh 10 hari ??

    Reply
  60. fariz ardiansyah

    Selamat pagi admin..saya mau menanyakan tentang pengajuan eklaim bpjs..cuma saya sudah pindah domisili dan perpindahannya karena sudah 6thun pindahnya. Dan sekarang kendalanya nik ktp berbeda dengan data yang ada di bpjs ..dan sekarang pencairannya pake nik ktp dan kk yang baru di tempat yang baru apa bisa di eklaim kan langsung dengan on line ..dan berikan persyaratan bwt cara onleine bila sudah beda domisili mohon petunjuknya..saya sudah non aktif bpjs nya

    Reply
  61. Iza

    Maaf saya mau nanya tanggal 16 okt 2017 saya melakukan klaim melalui bank btn, data yg saya bawa pun sudah lengkap dan berkas yg saya bawa pun sudah di terima pihak bank, saya fikir tidak perlu lg datang ke kantor bpjs ketenagakerjaan tetapi saya mendapat sms untuk datang ke kantor bpjs dan membawa ft copy ijazah, akte, buku nikah, pertanyaan nya bukan kah seharus nya jika sudah klaim melalui bank tIdak perlu datang lagi ke kantor? Kita tinggal menunggu dana dikirim ke rek?

    Reply
  62. aji nur

    Saya mau bertanya
    -apakah masa kerja 8bulan bpjs bisa d cairkan?
    -saya habis kontrak tp tidak dapat kartu bpjs saat saya minta ke perusahaan tidak ada respon dan jawaban ?solusinya bagai mana agar bpjs tersebut bisa cair sedangkan saya tidak tau no.kpj saya sendiri???mohon bantuannya

    Reply
  63. Muklis said

    Saya mau tanya, saya sudah sebulan risain kerja di PT A tapi kartu BPJS saya yg /tahun 2017 belum dicetak oleh pihak BPJS, bagaimana cara mengurus dan mengklaim BPJS saya, terimakasih

    Reply
  64. Lathifah Khoirunnisa

    Saya mempunyai 2 kartu jamsostek dengan no. KPJ berbeda. Saya bekerja di kota Cikarang Bekasi. Waktu itu, saya ingin mencairkan jamsostek ke Kantor BPJS ketenagakerjaan yang di kampung terdekat. Ternyata ada kesalahan pada nama ibu kandung.Petugas tsb mengatakan harus dilakukan koreksi data pada HRD perusahaan dulu bekerja. Yang mau saya tanyakan, apakah kalau sudah non aktif bekerja harus melaporkan ke HRD atau bisa koreksi melalui kantor BPJS Cabang Yogyakarta? atau harus ke kantor BPJS ketenagakerjaan dekat perusahaan tempat bekerja dulu ? mohon penjelasannya

    Reply
  65. Siti Mayangsari

    Saya mau tanya, kalo sudah pengajuan pencairan kemudian dapat email keterangannya salah input itu gimana ya.. Biasanya 2 hari cair ini udah seminggu belum cair juga pas ditanya ke kantornya kata satpAmnya suruh diabaikan aja

    Reply
  66. Komariah

    Saya mau tanya, suami saya sudah 2 tahun bekerja di pabrik dan telah memiliki bpjstk, namun setelah diangkat menjadi karyawan tetap, bpjstk-nya berubah baru dan memulai saldo dari 0 lagi, apa untuk bpjs sebelumnya bisa di cairkan ?

    Reply
  67. Amranni

    BPJS saya mau tanya,di tempat saya kerja sekarang,mengapa setiap tahun selalu di keluarkan kartu bpjsTk yg baru,dan di cek saldonya pun terpisah di setiap kartunya,apakah setiap tahun memang harus mendaftra lagi oleh perusahaan,atau PT yg tempat kami kerja sekarang,di akal-akalan tlng penjelasan dan solisinya.terima kasih.

    Reply
  68. Alex

    Saya pindah berkja di perusahaan yg baru, saldo bpjs tk perisahaan yg lama tidak di gabungkan dng perusahaan yg baru , pertanyaan nya :
    1. Bagaimana cara cek saldo bpjs tk perusahaan yg lama?
    2. No ID bpjs lama dng bpjs yg baru sudah sama, namun mengapa tidak digabung kan saldo nya ?
    3. Apakah yg dimaksud tidak penggabungan saldo bpjs lama dan baru adalah no ID nya pasti beda?
    4. Apakah penggabungan saldo bpjs lama dan baru adalah ada permintaan khusus ( perusahaan tempat kerja) walaupun ID bpjs tk yg lama dan baru sudah sama sehingga saldo tidak tergabung kan?

    Mohon pencerahan atas hal tersebit di atas
    Terimakasih

    Hormat saya

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *