Peluncuran program BPJS Kesehatan INASIS

By | 26 September 2015

Program BPJS Kesehatan INASIS

Program BPJS kesehatan INASIS

Untuk menjawab kebutuhan lalu lintas data yang super cepat diperlukan sebuah sistem yang handal agar komunikasi data antara fasilitas kesehatan dan server BPJS pusat tidak terhambat. setelah sebelumnya kita mengenal INA-CBG’s kini BPJS Kesehatan telah meluncurkan penggabungan aplikasi penyempurnaan dari aplikasi sebelumnya yaitu sistem aplikasi INA CBG’s–SEP Integrated System (INASIS).

Program BPJS Kesehatan INA CBG

sebelum mengetahui program BPJS Kesehatan INASIS ada baiknya kita menengok kebelakang apa itu INA CBG yang sebelumnya digunakan BPJS Kesehatan

ads

INA CBG merupakan kependekan dari singkatan dari Indonesia Case Base Groups, yaitu sebuah sistem aplikasi yang digunakan oleh fasilitas kesehatan atau rumah sakit untuk mengajukan klaim ke pemerintah dalam hal ini BPJS Kesehatan.

sistem pembayaran INA CBG menggunakan sistem paket, miasalkan seseorang pasien di diagnosa menderita demam berdarah maka sistem akan menghitung secara umumlayanan apa saja yang akan diterima pasien penderita demam berdarah dari pengobatan hingga sembuh.

INA CBG sendiri merupakan kelanjutan dari program INA DRG, yang di adopsi dari sistem casemix dari UNU-IIGH (The United Nations University-International Institute for Global Health). Proyek UNU INA-CBG ini didanai oleh Australian Agency for International Development (AusAID). Manual untuk INA-CBG ini sendiri telah resmi diserahkan pada Kementrian Kesehatan Indonesia pada tanggal 9 Januari 2013 lalu.


Artikel Terkait (SURAT)

Perlu diketahui: sistem rujukan BPJS yang wajib diketahui

Seiring dengan berjalanya waktu program BPJS kesehatan INA CBG dirasa terlalu lambat untuk menghandel proses pengajuan klaim karena menggunakan 4 sistem yang berbeda, yaitu SEP, SIMRS, INA-CBG, dan verifikasi klaim.

sehingga kemunculan INASIS merupakan penggabungan dari ke empat program tersebut agar proses pengajuan klaim menjadi lebih singkat.

kita tidak perlu menggunakan beberapa program untuk melakukan proses SEP, Diagnosis berdasarkan INA CBG, Serta verifikasi data peserta, semua  hanya melalui program BPJS Kesehatan INASIS dan yang paling penting doble klaim tidak akan terjadi dengan adanya integrasi SIM RS pada aplikasi INASIS.

INASIS sendiri telah dilengkapi fiture E-claim sehingga pihak rumah sakit dapat mengajukan klaim tanpa harus melakukan transfer data.

semua tagihan bisa kita pantau statusnya secara real time (layak atau tidak layak / pending claim), sampai klaim dibayarkan oleh BPJS Kesehatan.

kita berharap tentunya program BPJS Kesehatan INASIS bisa berjalan sebagaimana yang diharpkan melayani kebutuhan data secara online. secara umum mampu memperbaiki layanan BPJS Kesehatan yang selama ini masih dinilai lamban.

 

 

Yang di Cari:

  • ina cbgs online
  • ##############
  • inasis
  • inasis bpjs
  • inacbg online
  • aplikasi klaim bpjs rumah sakit online

One thought on “Peluncuran program BPJS Kesehatan INASIS

  1. Riza

    Halo semua mitra BPJS,

    Transaksi BPJS sudah bisa dilayani di loket PPOB kami.
    Untuk menjadi loket PPOB BPJS & mendapatkan fee tidak terbatas
    silakan daftar online di web postpayresmi.com

    Atau hubungi admin 0856 4026 802 (SMS) atau PIN 58781D3

    Terima kasih.

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *