Pulang Tanpa Persetujuan Dokter ,Kartu BPJS Kesehatan bisa..

By | 18 Agustus 2017

Sebuah kejadian tidak mengenakkan di alami oleh keluarga bapak mahmudi , hal ini lantaran kartu kepesertaan BPJS Kesehatan yang ia bayar iurannya selama ini tidak bisa digunakan dinyatakan nonaktif tanpa ada pemberitahuan sebelumnya.

Atas kejadian ini keluarga yang tinggal di desa sokobanahdaya , kecamatan sokobanah merasa kecewa pada BPJS Kesehatan karena di rumah sakit sebelumnya kartu tersebut masih bisa digunakan.

RSUD sampang

RSUD sampang

Menurut andi (38th) yang masih kerabat pasien awalnya mahmudi (pasien) dibawa ke RSUD Sampang setelah dilakukan pemeriksaan ia di diagnosa menderita penyempitan jantung kemudian disarankan utuk rawat inap oleh dokter yang menangani.
Namun setelah menjalani perawatan selama 4 hari kondisi pasien belum juga mengalami perkembangan. Kemudian keluarga berembug untuk membawanya pulang saja.

Ketika pihak keluarga konsultasi dengan tim medis memang belum di perbolehkan pulang, namun pihak keluarga tetap ngotot pulang karena akan dibawa ke rumah sakit lain.

”Empat hari tidak ada perkembangan, kondisi kakak saya tetap. Makanya setelah berembuk, keluarga memutuskan untuk dibawa pulang saja,” katanya kemarin (17/8) seperti yang BPJS Online kutip dari website jaringan jpnn.


ads


Artikel Terkait (Bersiaplah Petugas BPJS Kesehatan Datangi Peserta Nunggak)

Dan akhirnya mahmudipun dipaksa tetap di bawa pulang oleh keluarga sehingga pihak RSUD sampang meminta keluarga pasien untuk menandatangani surat pernyataan. 

”Adik korban diminta untuk menandatangani kesepakatan bahwa pihak rumah sakit tidak bertanggung jawab jika terjadi hal kepada korban yang dipaksa untuk dibawa pulang,” ungkapnya.

yatasetelah pulang keluarga pun memutuskan membawa mahmudi ke rumahsakit paru pamekasan setelah mendapatkan perawatan keluarga mengklaim kondisi mahmudi mengalami perkembangan yang cukup signifikan, akan tetapi  kartu BPJS Kesehatan yang sebelumnya di pakai di RSUD sampang bisa, tiba- tiba diblokir kata kakak mahmudi ini.
 ”Katanya diblokir. Kaget saya. Padahal (sebelumnya) kartu itu bisa digunakan,” terang Andi.


”Tidak ada pemberitahuan atau peringatan sebelumnya kepada kami kalau minta pulang paksa kartu BPJS diblokir. Lagipula setahu saya kartu BPJS Kesehatan bisa ini diblokir kalau terlambat bayar iuran. Kakak saya ini tidak telat kok,” kata mahmudi mengungkapkan kekecewaannya.

 ia sempat mendatangi RSUD sampang dan katanya tidak tahu perihal tersebut dan diminta menunggu tiga bulan.

 ”Biaya di Rumah Sakit Paru tidak menggunakan BPJS. Kami disuruh menunggu tiga bulan lagi karena kartu terblokir,” imbuhnya.

bulasementara itu kepala BPJS Kesehatan cabang pamekasan muhammad ismail marzuki membenarkan adanya pemblokiran tersebut.

Menurutnya pasien peserta BPJS Kesehatan tersebut dikenakan “penalti” lantaran meminta pulang paksa sebelum rumah sakit menyatakan sembuh.

Kartu BPJS tidak bisa digunakan selama diagnosa penyakitnya masih sama. ”Jadi itu ketentuannya sudah benar. Kalau pulang paksa dari rumah sakit dan pindah ke rumah sakit lain dengan diagnosa penyakit yang sama, maka kartu BPJS-nya tak bisa digunakan,” tambahnya.

Penalti itu berlaku sampai penyakit pasien sembuh. Jika berobat lagi ke rumah sakit dengan penyakit lain, kartu BPJS bisa digunakan lagi. ”Memang tidak bisa digunakan di dua rumah sakit dengan diagnosa penyakit yang sama,” tutupnya.

melihat permasalahan ini BPJS Online menyarankan sebaiknya peserta jangan memaksa pulang jika dokter belum menyatakan sembuh, dan yang jelas pihak RSUD juga keberatan memberikan rujukan ke rumah sakit paru bila RSUD tersebut merasa masih mampu menanganinya. 

Dan mungkin bisa jadi pertimbangan dari BPJS Kesehatan pusat untuk merubah pola rujukan ini disesuaikan dengan keinginan pasien. Karena sugesti keyakinan pasien terhadap siapa dokter / rumah sakit mana yang menanganinya juga bisa membantu proses penyembuhan menjadi lebih cepat.

Dengan pasien lebih cepat sembuh diharapkan bisa memangkas defisit anggaran.

Suber : jawapos.com

Yang di Cari:

  • aturan bpjs kesehatan untuk pulang paksa
  • bpjs tidak bisa digunakan karena pulang paksa petaturan bpjs
  • bpjs tidak bisa digunakan karena pulang paksa saat rawat inap
  • cara cepat pulang dr rumah sakit pakai bpjs
  • jika pulang paksa dari rumah sakit apakah bpjs d blokir
  • kartu bpjs tidak bisa digunakan karena pulang paksa dari rumah sakit
  • pulang paksa dari rumah sakit bpjs diblokir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *