Ragam cara cek BPJS Ketenagakerjaan

By | 11 Desember 2015

Sebagai bentuk komitmen dari BPJS Ketenagakerjaan untuk bisa memberikan pelayanan terbaik memberikan kemudahaan bagi pesertanya untuk melakukan akses baik cara cek bpjs ketenagakerjaan atau permintaan informasi  masalah program perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan dari BPJS Ketenagakerjaan sangat cepat dan bisa di akses darimana saja ,kapan saja.

cara cek bpjs ketenagakerjaan

cara cek bpjs ketenagakerjaan

beragam fitur cara cek bpjs ketenagakerjaan yang ditawarkan ialah;

E-saldo JHT

untuk bisa mnggunakan fitur ini peserta harus mengunjungi halaman resmi bpjsketenagakerjaan dengan lebih dahulu mendaftarkan dengan syarat memiliki email yang falid karena nanti konfirmasi pendaftaran akan dikirimkan via email sebagai salah satu syarat proses pendaftaran di setujui oleh BPJS.

Hanya dengan bermodal email saja anda secara otomatis telah terdaftar dan bisa mendapatkan akses ke fasilitas
pelayanan yaitu:
a. Saldo JHT Online
b. e-Saldo JHT Tahunan
c. e-Klaim
d. BPJSTK Mobile
E-Saldo merupakan layanan distribusi laporan Rincian Saldo JHT (RSJHT) bagi para pekerja dikirim melalui e-mail. Sehingga kami sarankan menggunakan e-mail utama anda.


Artikel Terkait (Kisah Ibu Echa Melahirkan Cesar Pakai BPJS Kesehatan)

E-Klaim

e-Klaim merupakan salah satu aplikasi yang dihadirkan BPJS Ketenagakerjaan untuk melakukan permohonan klaim
baik itu Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Kematian (JKM) yang bisa anda akses melalui website www.bpjsketenagakerjaan.go.id dengan menggunakan user yang sudah terdaftar ketika menggunakan pada e-Saldo JHT sebelumnya.

ads

BPJSTK Mobile

Aplikasi smartphone yang bisa anda download secara gratis ini bisa memudahkan anda yang tidak selalu di depan komputer cukup dengan BPJSTK Mobile pekerja bisa mengetahui cara cek bpjs ketenagakerjaan di tangan anda , berikut fiture lengkapnya:

  • Cek saldo JHT
  • Simulasi saldo JHT dalam kurun waktu tertentu
  • Pencarian informasi terkait dengan program BPJS Ketenagakerjaan
  • Pengecekan upah bulanan yang dilaporkan pemilik perusahaan/perusahaannya ke BPJS Ketenagakerjaan (bagi pekerja PU).

Upah bulanan pekerja yang dilaporkan ini akan menjadi dasar bagi BPJS Ketenagakerjaan menghitung manfaat yang diterima oleh yang bersangkutan. Jika besaran gaji pekerja yang dilaporkan lebih kecil maka manfaat jaminan yang diperoleh juga menjadi kecil sehingga anda sebagai pekerja harus cerdas, harus aktif untuk melakukan pengecekan sendiri jika tidak sesuai  bisa anda tanyakan ke manajemen HRD tempat anda bekerja.
Aplikasi BPJSTK Mobile dapat di-install pada smartphone yang menggunakan platform Android, Blackberry dan iOS (iPhone)melalui Google Play store, Blackberry World dan App Store.


Saat ini juga sedang dikembangkan Khusus bagi pekerja BPU, sebuah aplikasi mobile smartphone berbasis Android untuk melakukan pendaftaran peserta BPU dan pembayaran iuran yang terintegrasi dengan agen Payment Point
Online Banking (PPOB) yang telah bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan.Sehingga pekerja bisa mendaftar dan langsung dapat membayar iuranya cukup dengan aplikasi android

BPJSTK SMS Service

Layanan berbasis SMS service tetap di berikan BPJS Ketenagakerjaan bagi anda yang masih berada di tempat yang susah mendapatkan akses internet BPJSTK SMS bisa di manfaatkan untuk pengecekan saldo JHT. Saat ini layanan BPJSTK SMS Service sudah bisa digunakan di provider GSM Telkomsel dan Indosat.Untuk mengaktifkan layanan ini, Anda harus mendaftarkan terlebih dahulu no telepon Anda ke no 2757 dengan cara :
1. Kirim sms : DAFTAR
2. Setelah menerima sms balasan, kirim sms dengan format sebagai berikut :

DAFTAR SALDO#NO_KTP#NAMA#TGL_LHR(DD-MM-YYYY)#NO_PESERTA#EMAIL(bila ada)
3. Ikuti instruksi selanjutnya.

Smart KiosK

Smart KiosK BPJS Ketenagakerjaan adalah fitur baru yang bisa membantu peserta / calon peserta / perusahaan cara cek bpjs ketenagakerjaan sehingga bisa memperoleh informasi manfaat dan layanan dari BPJS Ketenagakerjaan. Fitur informasi yang tersedia di smart kios adalah :

a. Simulasi perhitungan saldo JHT
Dengan fitur ini, peserta dapat memperoleh informasi perkiraan akumulasi saldo JHT beberapa tahun ke depan sesuai dengan jumlah tahun yang diinginkan. Fitur simulasi perhitungan iuran dapat diakses juga oleh siapa saja termasuk mereka yangbukan peserta program BPJS Ketenagakerjaan. dengan aplikasi ini peserta bisa mengetahui besaran Jaminan yang akan diperoleh dengan gaji sekarang.

b. Simulasi perhitungan Iuran
Cukup memanfaatkan fitur ini, peserta dapat mengetahui jumlah iuran per bulan yang harus dibayarkan sesuai dengan program perlindungan yang diikuti. Fitur simulasi perhitungan iuran dapat diakses juga oleh siapa saja termasuk mereka yang bukan peserta program perlindungan jaminan sosial tenaga kerja.

c. Cek Saldo JHT
Melalui fitur ini, peserta bisa mendapatkan informasi posisi saldo JHT terakhir sekaligus informasi tentang upah bulanan yang dilaporkan perusahaannya ke BPJS Ketenagakerjaan yang digunakan sebagai dasar perhitungan manfaat.

d. Kantor Cabang
Fitur ini berisi tentang informasi dari kantor cabang seluruh Indonesia yang dimiliki BPJS Ketenagakerjaan yang terdiri dari nama kantor cabang, alamat, nomor telepon, nomor fax yang dapat dihubungi atau didatangi oleh peserta.
e. Program
Didalam fitur ini akan dijelaskan program – program yang dimiliki oleh BPJS Ketenagakerjaan beserta besar iurannya dan manfaat yang akan didapatkan oleh peserta.
f. Pendaftaran Peserta Bukan Penerima Upah (BPU)
fitur ini memberikan kemudahan akses pendaftaran pesertaindividu untuk tenaga kerja Bukan Penerima Upah secara mandiri.

Penting diketahui: BPJS Ketenagakerjaan » Cara cek saldo jht BPJS Ketenagakerjaan

E-Registrasi

Aplikasi e-Registrasi Individu adalah fitur baru untuk memberi kemudahan bagi calon peserta BPU (Bukan Penerima Upah) yang akan menjadi peserta program jaminan sosial tenaga kerja tanpa harus datang ke kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan

dengan segudang fitur yang ditawarkan BPJS Ketenagakerjaan ingin membuka seluas-luasnya transparansi data sehingga perkerja tidak perlu menghawatirkan dana iuran yang telah di setorkan.

Yang di Cari:

  • cek bpjs ketenagakerjaan aktif atau tidak
  • cara mengetahui nomor kpj bpjs ketenagakerjaan online
  • cek bpjs penerima upah
  • Cara cek kepesertaan bpjs ketenagakerjaan
  • cara cek bpjs perusahaan
  • cek nomor kpj bpjs ketenagakerjaan
  • cara cek bpjs kesehatan penerima upah
  • cek aktif bpjs ketenagakerjaan
  • cara mengetahui nomor bpjs ketenagakerjaan online
  • https://www bpjs-online com/ragam-cara-cek-bpjs-ketenagakerjaan/

2 thoughts on “Ragam cara cek BPJS Ketenagakerjaan

  1. Robert Purianto Silaban

    Saya baru mengundurkan diri dari perusahaan saya setelah bekerja di perusahaan tersebut selama 3 tahun 2 bulan. Selama masa tersebut saya tidak pernah memanfaatkan benefit BPJS atas biaya-biaya berobat jalan ataupun untuk kepentingan lainnya.

    Sampai saya berhenti dari perusahaan tersebut saya hanya mendapatkan e-ID yg menurut keterangan dari divisi HR bahwa e-ID tersebut dikeluarkan oleh BPJS kesehatan, namun setelah saya coba entrykan dalam penelusuran cek BPJS Ketenagakerjaan berikut ini, muncul dialog tab yang mengatakan bahwa e-ID BPJS tersebut tidak valid.

    Mohon penjelasannya tentang hal tersebut karena saya berencana untuk menarik dana simpanan BPJS dan hasil pengembangannya untuk modal usaha saya di tempat yang baru.

    Demikian kami sampaikan, mohon penjelasan dan guidancenya agar keluhan saya ini terjawab.
    Terimakasih atas pelayanan dan profesionalismenya..

    Salam,

    Robert Purianto Silaban

    Reply
  2. Taufik

    Saya seorang pegawai swasta, sebentar lagi stri saya akan melahirkan. Pertanyaan saya apakah bisa saya mengetahui kartu bpjs istri saya bisa digunakan atau tidak (aktif/ tidak ). Timbul kekhawatiran saya mengingat rekan kerja saya tidak bisa menggunakan kartu bpjsnya untuk persalinan anaknya padahal setiap bulan ada potongan untuk iuran bpjs tiap bulannya. Lalu bagaimana cara cek online kartu bpjs kesehatan istri saya aktif/tidak? terimakasih sebelumnya.

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *