RT ku tukang Palsu Kartu

By | 11 Agustus 2016

kartu palsu

kartu palsu

Warga koja jakarta utara sangat geram dengan salah satu oknum RTnya yang telah berkomplot dengan seorang ahli edit foto untuk memalsukan kartu BPJs yang kemudian di berikan kepada warganya.

dengan modus sederhana di mana tersangka DF memanfaatkan kewenangannya sebagai ketua RT untuk membujuk warga membuat kartu BPJS kesehatan melalui jasanya dengan iming – iming lebih mudah tidak ribet.

setelah warga banyak mendaftar melalui DF , bukannya di teruskan ke kantor BPJS untuk di daftarkan secara resmi , ia malah bekerjasama dengan I yang piawai menggunakan aplikasi edit foto di komputer. dengan kemampuannya itu I menggandakan kartu – kartu BPJs Palsu yang kemudian di distribusikan ke warga oleh DF.

I yang hingga saat ini masih buron merupakan salah satu karyawan salah satu jasa editing pinggir jalan di jakarta, namun sangat di sayangkan I memanfaatkan kemampuan yang ia miliki untuk melakukan tindak kejahatan.

ads

“I belum ketangkap, menurut keterangan, dia kerja di tempat tukang edit di pinggir-pinggir jalan itu,” ujar Supriyanto yang kami lansir dari halaman Kompas.com di Jakarta Utara, Rabu  tanggal 10 agustus 2016.

suprayitno menambahkan kartu BPJS kesehatan memang sangat mudah untuk di palsukan ,namun asli atau tidaknya akan ketahuan jika nanti di cek kartu.


Artikel Terkait (Bersiaplah Petugas BPJS Kesehatan Datangi Peserta Nunggak)

“Dicetak biasa saja, kan kartu BPJS nya itu gampang dicetak, tapi nomornya kan ketahuan nanti (jika telah dicek),” imbuh Supriyanto.


suprayitno mengungkapkan jika pihaknya telah melakukan penelusuran keberadaan tersangka I agar kasus ini bisa segera di tangani , sementara DF saat ini telah di tahan sampai saksi serta bukti – bukti terkait telah terkumpul.

Saat ini diketahui ada tujuh kepala keluarga (KK) yang menjadi korban DF dan I. Seluruh korban telah didaftarkan secara resmi keikutsertaannya di BPJS kesehatan oleh puskesmas setempat.

sementara itu terpisah melalui halaman republika YLKI ( yayasan lembaga konsumen indonesia ) menilai jika terjadinya kasus – kasus pemalsuan kartu BPJS kesehatan lantaran kurangnya pengawasan.

“Kemudian masyarakat masih banyak yang mengurus kartu peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS) itu, melalui jasa calo atau pihak ketiga,” kata Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sumut Abubakar Siddik di Medan, Selasa (9/8).

Bagi masyarakat yang mau memperoleh kartu BPJS kesehatan asli ,sebaiknya mendaftar langsung ke kantor BPJS kesehatan atau melalui website resmi bukan melalui calo atau yayasan yang tidak memiliki wewenang untuk melakukan hal itu.

“Warga yang tertipu pembuatan kartu BPJS itu juga karena kurangnya sosialisasi atau pengenalan mengenai kepengurusan untuk menjadi peserta JKN dan juga akibat bujuk rayu calo yang ingin mencari keuntungan,” ungkap Abubakar.

sebaiknya masyarakat yang ingin menjadi peserta JKN tidak perlu tergiur bujuk rayu calo yang mengaku bisa mengurus hal tersebut.

Praktik yang tidak terpuji itu merupakan penipuan yang dilakukan terhadap masyarakat yang kurang mengetahui prosedur kepengurusan untuk mendapatkan kartu BPJS.

“Petugas BPJS dapat bekerja sama dengan aparat kepolisian untuk menertibkan pembuatan kartu BPJS ilegal yang merugikan masyarakat,” tambahnya.

abu bakar juga menyarankan kepada pihak terkait untuk selalu melakukan sosialisasi melalui media massa atau iklan Tv untuk mengingatkan masyarakat agar tidak menggunakan jasa siapapun untuk mengurus kartu BPJS kesehatan.

kartu BPJS kesehatan yang asli akan terdeteksi oleh system cukup memasukkan No ID maka data kepesertaan akan di tampilkan secara lengkap pada sistem.

dan jika kartu anda palsu makan sistem tidak menampilkan apapun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *