Sebarkan ! Prosedur Melahirkan Pakai BPJS Kesehatan

By | 6 Desember 2016

melahirkan pakai bpjs

melahirkan pakai bpjs

Wahai bapak/ibu yang berbahagia karena sebentar lagi akan lahir si jabang bayi setelah sembilan bulan berada dikandungngan kini saatnya hadir memberikan warna baru menjadi penghuni istana anda. sambutlah dengan suka cita baik mepersiapkan segala sesuatunya jangan sampai hari yang bahagia berubah menjadi sebuah bencana lantaran tanpa ada persiapan yang matang untuk menyambut proses kelahirannya.

BPJS Kesehatan memang menanggung untuk biaya persalinannya baik itu secara normal maupun caesar , namun jika bayi yang telah lahir belum di daftarkan dan ternyata terdapat kelainan dan dokter menyatakan memerlukan perawatan maka biaya yang ditibulkan untuk perawatan bayi tersebut belum mendapat jaminan dari BPJS Kesehatan. sehingga orang tua akan tetap dikenakan biaya.

oleh sebab itu sebaiknya daftarkan bayi anda meski masih di dalam kandungan karena jika menunggu lahiran kartu BPJSnya tidak bisa langsung aktif menunggu 14 hari.

Berikut Prosedur pendaftaran BPJS kesehatan untuk bayi dalam kandungan.

Sesuai Peraturan BPJS Kesehatan No. 1 Tahun 2015, peserta JKN-KIS kategori Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja, atau yang lebih dikenal dengan istilah peserta perorangan/Mandiri, dapat mendaftarkan calon bayinya menjadi peserta JKN-KIS.

ads

Calon bayi peserta JKN-KIS tersebut dapat didaftarkan sejak
terdeteksi adanya denyut jantung bayi dalam kandungan, yang dibuktikan dengan melampirkan surat keterangan dokter.


Artikel Terkait (BPJS Kesehatan digugat Bupati se Indonesia)

Berikut cara pendaftaran calon bayi peserta JKN-KIS tersebut:

a. Pilihlah kelas perawatan yang sama dengan Peserta yang merupakan ibu dari bayi dalam kandungan;
b.mengisi data sesuai identitas Peserta yang merupakan ibu dari bayi dalam kandungan;
c. mengisi data NIK dengan data nomor KK orang tuanya dan
d. mengisi data tanggal lahir sesuai dengan tanggal pada saat bayi didaftarkan.


melahirkan bpjs

melahirkan bpjs

Pembayaran iuran pertama calon bayi tersebut dilakukan segera setelah bayi dilahirkan dalam keadaan hidup. Jaminan pelayanan kesehatan berlaku sejak iuran pertama dibayar.

Jika calon bayi tersebut tidak didaftarkan selambat-lambatnya 14 (empat belas) hari sebelum dilahirkan, maka akan diberlakukan ketentuan pendaftaran sebagaimana peserta PBPU dan Bukan Pekerja.

Setelah bayi dilahirkan, peserta wajib melakukan perubahan data bayi selambat-lambatnya 3 (tiga) bulan setelah kelahiran.

Sayangi bayi anda,daftarkanlah sejak Dini.

Sumber Facebook https://www.facebook.com/

sebarkanlah info tentang melahirkan pakai bpjs ini ke orang yang anda sayangi tags saudara ,teman ,tetangga di sekitar anda agar ketika melahirkan tidak kecewa lantaran harus menanggung biaya perawatan anaknya padahal telah menjadi peserta JKN-KIS.

Yang di Cari:

  • Bpjs pbpu mandiri manfaat untuk melahirkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *