Sistem Rujukan Online BPJS Kesehatan

By | 22 Juli 2018

contoh surat rujukan bpjs

contoh surat rujukan bpjs

Menginjak usia yang ke-50 tahun perjalanan BPJS mulai dari ASKES bertransformasi menjadi BPJS kesehatan , Tetap saja semngat untuk berinovasi dalam memberikan pelayanan terbaik bagi para pesertanya tak pernah surut.

Hal ini terbukti dengan baru saja dikembangkan sistem rujukan online, yang mana melalui aplikasi berbasis online ini nantinya di harapkan dapat memangkas proses antrian panjang yang selama ini masih terjadi.

Dengan sistem ini tentu saja antara Faskes Tingkat Pertama ( Faskes tk1) dengan Faskes Tk 2 harus saling terkoneksi data antara satu dengan lainnya.

“Sistem rujukan secara online itu dari fasilitas kesehatan tingkat primer (FKTP) ke fasilitas kesehatan tingkat lanjutan (FKTL) atau RS,” kata Deputi Direksi Bidang Jaminan Pembiayaan Kesehatan Primer, Dwi Martiningsih, dalam diskusi bertajuk Rujukan Zaman Now, di Jakarta, Selasa (26/6). seperti yang BPJS Online kutip dari halaman mediaindonesia.com

Proses panjang yang selama ini harus di lalui bagi setiap peserta yang ingin mendapatkan pelayanan di harapkan dapat terkurangi , yang mana biasanya pertama kali ke pemeriksaan di faskes tingkat primer, kedua, antrean saat dirujuk dari FKTP ke RS, lalu ke poliklinik RS, dan terakhir antrean untuk mendapatkan obat.

“Penumpukan antrean umumnya terjadi pada proses kedua. Padahal, itu murni administratif. Dengan rujukan sistem online, petugas di RS tidak perlu memasukkan data-data pasien lagi, tapi hanya memasukkan nomor rujukan pasien dari faskes tingkat pertama,” tambah Dwi Martiningsih.

ads


Artikel Terkait (lupa)

Melalui sistem yang di sebut Health Facilities Information System ( HFIS ) yang akan menghubungkan seluruh fasilitas kesehatan serta memberikan informasi detail terkait profil Faskes Primier dan Faskes Tingkat Rujukan.

Meski sudah mulai di aplikasikan sejak 21 juni lalu , kendala infrastruktur jaringan antar faskes masih menjadi kendala utama.

dari total FKTP 20.975 yang telah menjadi rekanan baru 18.737 yang terkoneksi dan siap menerapkan sistem rujukan online ini.


Bagi BPJS Online sendiri ini merupakan bagian langkah cerdas untuk menjadi jalan keluar banyaknya antrian yang terjadi selama ini. dengan aplikasi ini tentu akan sangat membantu.

Bagi anda yang faskes tk1 belum mendukung layanan Rujuk Online , ya harus bersabar dengan menggunakan form manual seperti berikut

blangko-rujukan-bpjs

Yang di Cari:

  • Bpjs kesehatan o
  • petugas HFIS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *