Super Kreatif Bayar Iuran BPJS Kesehatan Dengan Sampah

By | 7 Juni 2017

Sampah bayar bpjs

Iluatrasi sampah bayar bpjs

ads

Di Jaman yang serba mahal seperti sekarang ini uang begitu sangat berarti, pengeluaran sekecil apapun harus perlu perhitungan yang sangat teliti agar tidak kebobolan anggaran bulanannya.

Dengan kondisi harga – harga kebutuhan pokok ikut melambung makin memicu meningkatnya angka keterlambatan pembayaran iuran utamanya dari peserta bukan penerima upah / bukan penerima bantuan.

mereka lebih mengutamakan menutup kebutuhan sehari – hari ketimbang untuk membayar iuran BPJS Kesehatan.


padahal dengan nilai tak seberapa mampu memberikan perlindungan yang luar biasa, inilah yang jarang disadari oleh masyarakat kita.


Artikel Terkait (TAmbah Famili)

Namun kini ada sebuah solusi kreatif dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Balikpapan.

ya melalui pertukaran sampah menjadi uang dan kemudian dari uang tersebut mereka manfaatkan untuk membayar iuran BPJS Kesehatan.

ini merupakan terobosan yang luar biasa dimana dalam sekali tindakan beberapa masalah teratasi.

seperti yang kita tahu beragam masalah terkait sampah terutama di kota – kota besar belum ada solusi yang efektif untuk menyelesaikannya. dengan program seperti ini setidaknya volume sampah limbah rumah tangga yang terus tak terbendung bisa di kurang dengan memberdayakan warga sekitar.

sampah yang sedari dulu menjadi biang penyakit kini justru di sulap sebagai perlindungan untuk kesehatan. selain itu manfaat positif lainnya ialah mengajarkan masyarakat untuk belajar aktif dalam menjaga lingkungannya dari tumpukan sampah.

hal ini seperti kutipan dari halaman prokal.co sebagai berikut

“Sekarang kita kerja sama dengan BPJS. Kalau masyarakat tidak mampu membayar, bisa dibayarkan dengan sampah. Nanti sampah-sampah di perusahaan dan hotel itu dipilah oleh masyarakat, lalu diambil oleh bank sampah. Nanti masyarakat sekitar yang belum mampu bayar BPJS itu dibayarkan iurannya,” ungkap suryanto yang saat ini menjabat sebagai Kepala DLH Kota Balikpapan.

Bahkan kedepannya bukan hanya sampah – sampah dari masyarakat namun juga merambah ke perhotelan restoran, hingga perusahaan-perusahaan akan di konversi menjadi pembayaran iuran BPJS Kesehatan.

“Jadi hotel memberikan sampah itu ke masyarakat, masyarakat langsung dijemput oleh bank sampah. Nanti didata masyarakat yang ngumpul ini. Nah, bulanan BPJS mereka ini akan dibayarkan oleh bank sampah. Jadi masyarakat aktif ngumpulin sampah,” ujarnya.

Hal senada juga di sampaikan Kepala Cabang BPJS Kesehatan Balikpapan, Muhammad Fakhriza. menurutnya dari limbah sampah tersebutlah nantinya dapat di gunakan untuk membayar angsuran BPJS Kesehatan oleh sebab itu untuk melancarkan kerjasama pihaknya tengah melakukan koordinasi dengan perusahaan, hotel, dan restoran untuk bergabung dalam kerja sama ini.

“Pembayarannya menggunakan sampah. Masyarakat pun kalau mau, sampahnya bisa dibayar. Tapi hotel atau mal kan sampahnya lebih banyak, jadi nanti sampah itu dikumpulkan dan bisa bayar iuran BPJS-nya,” katanya usai kegiatan buka puasa bersama di Hotel Grand Tjokro, Senin (5/6) lalu.

bahkan menurutnya jika para warga rajin mengumpulkan sampah bisa mendapatkan kemudahan dalam pendaftaran kepesertaan,

Faskes yang didapatkan bagi para warga yang belum memiliki kartu BPJS Kesehatan tersebut akan didaftarkan di kelas tiga. Hal ini juga menyesuaikan dari hasil sampah yang mereka kumpulkan.

 “Artinya, tidak menutup kemungkinan juga bagi rumah tangga yang mau sampahnya buat bayar iuran. Jadi lapor aja ke bank sampah, nanti dari bank sampah hasilnya itu diserahkan untuk dibayarkan ke iuran BPJS Kesehatan-nya,” pungkasnya. (bp-22/rus/k1)

Nah sobat BPJS Online , jangan mengeluh dengan kondisi yang serba sulit karena tuhan akan senantiasa memberikan jalan dari arah yang tidak di sangka – sangka.

siapa yang bisa menebak sampah si sumber penyakit bisa di ubah menjadi pelindung kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *