Tanya Jawab BPJS Kesehatan November 2016

By | 22 November 2016

Tanya :

Kalo saya di non aktif karena telat membayar premi apa yang harus saya lakukan ? Daftar lagi atau bagaimana ?

Jawab:

Apakah sebelumnya memiliki tunggakan atau tidak.Jika ada tunggakan silahkan melunasi tunggakannya.Setelah dilunasi otomatis kartu aktif kembali.

 


Artikel Terkait (Skema COB baru AAJI Menolak Bayar Duluan)

Tanya :

ads

Setelah melakukan registrasi via online dan mendapatkan Virtual Account. Apakah tunggu 14 hari baru dibayarkan ? Setelah dibayarkan apakah BPJS sudah bsa digunakan ?
Ditunggu infomrasinya 🙂

Jawab:

untuk peserta individu yang telah menerima virtual account untuk pembayaran iuran pertama ada masa tunggu 14 hari setelah dibayarkan lakukan pencetakan kartu dan bisa langsung digunakan. Terima Kasih


 

Tanya :

Bagaimana cara mengganti alamat email setelah register aplikasi bpjs.. karena tanpa sengaja saya memasukkan email yang sudah tidak aktif (lupa pasword)

Jawab:

Pelaporan langsung dikantor cabang BPJS Kesehatan sesuai dengan domisili tempat tinggal

 

Tanya:

mau tanya karena saya hari ini saya telat bayar karena sudah jam 12 malam lewat,kata kasir indomart bisa bayar mulai jam 3 pagi nanti,yang saya mau tanyakan setelah saya bayar iuran yang telat satu hari kartu saya masih bisa dipakai untuk berobat pak trima kasih

Jawab:

Kartu masih bisa dipergunakan selama status kartu aktif, pengecekan data peserta bisa menghubungi care center di 1500400. Terima kasih

 

Tanya:

Saya mau tanya, jumlah peserta yang terdaftar di KK keluarga saya kan ada 3,bapak ibu dan juga adik saya 1, tapi kok sudah 2 bulan ini setiap saya mau bayar di indomart cuma ada 2 orang doank yang tertera, kan katanya pembayaran per KK, bapak saya kan sebagai kepala keluarga tapi kok malah nama dia yang gak ada, jadi cuma ada ibu dan adik saya aja. Peraturan barunya memang seperti itu atau ada masalah? Makasih, mohon bantu penjelasaya

Jawab:

mohon maaf atas ketidaknyamanannya. kami sarankan pengecekan data melalui  agar bisa diketahui rincian data peserta beserta iurannya. Terima kasih

 

Tanya:

Bulan kemarin saya sudah bayar bpjs. Tapi bayar bulan ini kok tagihannya 2x lipat. Kenapa kok gitu ya. Tolong jawabannya terima kasih

Jawab:

Sesuai Perpres no. 19 th. 2016 untuk ketentuan pembayaran iuran paling lambat adalah tanggal 10 tiap bulannya. Terima Kasih

 

Tanya:

tagal 9 nov 2016 saya bayar tagihan BPJS Kesehatan melalui ATM untuk 2 orang anggota keluarga dan pembayarannya satu kesatuan, tapi pas saya cek ternyata terbayar cuma 1 orang, sementara saldo tabungan saya di debet untuk 2 orang, kemana uang saya lari nya sementara di cek di BJPS Online dan kantor BPJS anggota keluarga saya 1 nya lagi statusnya tagihannya belum dibayar?

Jawab:

mohon maaf atas ketidaknyamanannya, terkait dengan kendala sinkronisasi data dari pihak bank ke BPJS Kesehatan untuk peserta yang sudah melakukan pembayaran tetapi masih ada tagihannya silahkan melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan dengan membawa bukti pembayaran dan kartu BPJS kesehatannya. Terima Kasih

Yang di Cari:

  • penangguhan peserta bpjs
  • penangguhan pembayaran bpjs
  • penangguhan peserta bpjs kesehatan
  • arti penangguhan peserta bpjs
  • status bpjs penangguhan peserta
  • bpjs penangguhan peserta
  • arti penangguhan pembayaran bpjs
  • penangguhan peserta bpjs adalah
  • penangguhan bpjs
  • bpjs kesehatan penangguhan peserta
  • arti penangguhan peserta bpjs kesehatan
  • tanya jawab seputar bpjs online
  • arti status penangguhan peserta bpjs
  • tanya jawab online bpjs
  • penangguhan peserta
  • penangguhan peserta bpjs maksudnya apa
  • apa arti penangguhan peserta bpjs
  • penyebab penangguhan peserta bpjs kesehatan
  • sebab penangguhan bpjs kesehatan
  • status penangguhan pembayaran bpjs kesehatan

18 thoughts on “Tanya Jawab BPJS Kesehatan November 2016

  1. sri wijaya

    Saya sudah punya kartu bpjs tapi blm prnh mmbayar iuran sama sekali, bahkan iuran pertama juga blm. Bagaimana jika saya ingin mengaktifkan kembali bpjs saya?

    Reply
    1. eniel

      ass…. min…sya dan keluarga sudah terdaftar aktif di BPJS garut, dan istri saya sekarang hamil dan ingin melahirkan di RS di Bandung? Apakah bisa dan di cover BPJS apabila kelahirannya normal? tks

      Reply
  2. andreansyah

    Saya mau tanya
    saya ingin melakukan e-klaim bpjstk namun pada saat registrasi nama dan tanggal lahir saya tidak sesuai padahal sudah mengikuti data dari ktp asli saya bagai mana cara untuk menangani masalah tersebut
    Terimakasih

    Reply
  3. sholihin

    saya peserta bpjs..saya mndaftar 1 nov 2016,,kemudian dapat VA u 2 peserta dan saya bayar 15 nov 2016 sesuai petunjuk di kertas VA yg d terbitkan bpjs dan langsung cetak kartu dan dibilang dah aktif..nah hari ini tgl 23 nov 2016 saya gunakan berobat d faskes 1 ternyata di sistemnya kartu saya dinyatakan tidak aktif dan ada penangguhan pembayaran..ini kenapa status saya tidak aktif dan dinyatakan ada penangguhan pembayaran??

    Reply
  4. Yulianti

    Selamat Siang,
    Saya mau tanya perihal Perusahaan pakai Bpjs kesehatan lalu kalau sudah resign tidak dibayar lagi oleh Perusahaan itu bagaimana ?
    Apa masih aktif atau tidak kartunya?
    Lalu misalkan Perusahaan baru harus pakai Bpjs sedangkan sebelumnya Perusahaan pakai Bpjs.
    Apa harus di non-aktifkan dulu atau bagaimana? Caranya seperti apa syarat ketentuannya?
    Mohon dibantu ya.
    Terima Kasih.

    Reply
  5. julianto

    Saya sudah 2bln blm membayar tagihan bpjs .biasa byar melalui atm bri .pas sya ingin byar ternyata no anggota sya tdk terdaftar/terblok .bgamana cra Agar sya mengaktifkan bpjs sya.apakah sya hrus ke kantor bpjs pusat .atau bsa kah sya membayar melalui Alfa ,indomaret ,pos .thx

    Reply
  6. Mulyadi

    apakah peserta BPJS yang meninggal karena kecelakaan dapat santunan dari BPJS ketenaga kerjaan? sementara kepesertaannya baru 2 tahun. mohon penjelasan.

    Reply
  7. Lyna

    Org tua saya telah terdaftar di bpjs kesehatan dan sekarang sedang berada di rumah sakit karna beberapa hari lalu jatuh dan tulang pinggangnya patah. Apakah bpjs bisa meng’cover semua biayanya termasuk jika harus di operasi? Terima kasih

    Reply
    1. admin Post author

      semua yang di cover berdasarkan diagnosa INACBG hanya dokter yang menangani yang lebih tahu ibu lyna

      Reply
  8. Taufiq Agus Rahman

    Saya ingin mendaftar akun BPJS untuk mencairkan dana JHT , ketika daftar , muncul notif “data tidak NIK e ktp tidak sesuai” , itu memang harus pakai e ktp , apa bedanya NIK ktp manual dan NIK e ktp ?

    Reply
    1. admin Post author

      kepada pak taufiq untuk NIK ktp manual sudah tidak di perkenankan , semoga membantu

      Reply
  9. darwanto

    Apakah orang yang melahirkan di luar wilayah kota rujukan bisa di cover? Karena kemarin istri saya melahirkan (usia kandungan 8 bln) di RS luar kota wilayah di tolak,petugas meminta surat rujukan dari faskes daerah asal yang tidak mungkin saya berikan mengingat jauh dan kondisi istri mengalami pendarahan.
    Terima kasih

    Reply
    1. admin Post author

      Kepada pak darwanto untuk melahirkan di cover bpjs , jika bapak berada di luar kota dalam waktu lama sebaiknya melakukan perubahan faskes tk 1 , namun jika sebentar silahkan mendatangi kantor bpjs setempat untukmendapatkan info lebih lengkap.

      Reply
    1. admin Post author

      Tindakan medis yang di lakukan apabila atas rekomendasi dari dokter bertujuan untuk kesehatan bukan kecantikan di tanggung bpjs, untuk lebih jelasnya silahkan berkonsultasi ke dokter anda apakah tindakan tersebut termasuk kesehatan atau bukan

      Reply
  10. tyas

    Apakah jika saya melakukan perubahan data anggota bpjs dan mengaktivasi kembali bpjs kesehatan saya nmr virtual account saya ikut berubah?karena ketika saya melakukan perubahan data di kantor bpjs saya tidak diberikan nmr va karena servernya sedang error.

    Reply
  11. Dini Lestari

    Saya peserta BPJS awal mandiri lalu beralih ke Corporate ikut perusahaan, saya dan suami saya ikut BPJS di kantor saya dibayarkan oleh kantor Saya.. yg saya mau tanyakan kalo mau pindah faskes 1 caranya bagaimana? yg saya baca, saya langsung datang ke kantor BPJS terdekat bawa kartu BPJS suami &isteri, bawa KTP dan KK.. KTP saya ktp jakarta, suami ktp tangerang dan untuk Kartu keluarga saya dan suami buatnya di tangerang, BPJS Faskes 1 saya dan suami saya daftarkan di jakarta timur. Jadi masalah atau tidak ya jika Kartu keluarga nya di tangerang??

    Reply
    1. sawargani

      bagaimana mengurusnya jika bpjs mandiri yg hilang di ruba menjadi bpjs perusahaan yg nanggung.thanks

      Reply
  12. erwin kurniawan

    kebijaksaan BPJS baru pembayaran BPJS dengan satu KK memberatkan saya dikarenakan kami 2 orang dengan posisi rumah berbeda, sementara adik saya sudah tidak aktif membayar BPJS, imbasnya saya tidak bisa membayar BPJS lagi secara rutin karena saya harus menanggung 2 orang tersebut… bagaimana solusinya kalo saya ingin membayar perseorangan, padahal sebelumnya saya membayar rutin setiap bulan, setelah adanya kebijaksaan baru dengan tunggakan adik yg mencapai setahun saya tidak bisa membayar iuran saya setiap bulannya, mohon penjelasan dan solusi saya secepatnya.. terima kasih

    Reply
  13. Sulistyorini

    Saya mau bayar via atm sudah via indomaret / alfamart sudah tapi tetep tidak bisa kenapa ya?? Saya buka aplikasi bpjs d hp saya tulisannya penangguhan peserta…maksud nya apa ya??

    Reply
  14. Arie Dan

    Bpjs tolong penjelasanya…

    Kenapa status bpjs saya “Penangguhan Peserta” dan bayar pun saya tdk pernah telat..saya pernah telpon ke cs bpjs mengatakan kalo saya belum bayar .. aneh kan

    Tolong penjelasanya…trims

    Reply
  15. Kaminto

    Saya mau tanya, istri saya mau bikin BPJS jakarta, tapi istri saya sudah terdaftar BPJS dikampung. Terus apa saya harus ke kampung dulu minta surat pindah dari kantor BPJS di kampung istri saya????

    Reply
  16. Meilin syahri

    Anak saya harus menjalani operasi gendang telinga.nah,kebetulan operasi ini tidak bisa dilakukan di Kota Batam.Jadi,dokter spesialist THT memberi rujukan ke Rs.tipe A di kota Medan.Yang saya mau tanyakan,apa operasi nya ini di tanggung bpjs?dan bagaimana prosedur yang harus saya jalanin,untuk melakukan operasi gendang telinga di luar Kota Batam.Seperti di Medan..apa saya harus lapor ke kantor pusat bpjs batam atau bpjs medan?.terima kasih

    Reply
  17. Vienna

    Apakah hasil dari RS swasta dapat dilaporkan ke puskesmas untuk urus surat rujukan sehingga dpt mlanjutkan pengobatan dgn bpjs?

    Reply
  18. Elizabeth

    Sy mau menanyakan, apakah bsa mengganti faskes 1? Dan prosesnya brp lama untk bsa d gunakan? Apa aja yg hrs sy bw sbagai kelengkapannya? Trima kasih

    Reply
  19. Eddy

    Saya meminta surat rujukan dari dokter untuk di operasi di dokter spesialist mata, sebelumnya saya tidak tau mengenai program rujuk balik bpjs
    3 bulan selanjutnya kembali ke dokter untuk meminta rujukan lagi dokter yang mengeluarkan surat rujukan yg pertama meminta surat rujukan balik dari dokter spesialist mata, jadi saya kembali untuk meminta surat rujukan balik dari dokter spesialist tersebut, tapi dari pihak administrasi mengatakan kalau berkasnya hanya berlaku 1 bulan dan sudah di claim ke bpjs
    Jd bagaimana saya bisa menjelaskan kepada dokter yang meminta rujukan balik tersebut agar bisa mendapat rujukan kembali, terima kasih sebelumnya

    Reply
  20. Rofik

    Saudara saya baru daftar bpjs. Dan kartunya sudah aktif. Kalau mau menggunakan fitur bayar lewat atm, bagaimana cara mendaftarkan no rekening.apakah diperbolehkan jika yang didaftarkan rekening saudara yg tidak tercantum di kk?

    Reply
  21. mia kurniawati

    bisa ga ya mendaftarkan calon bayi di kantor bpjs kesehatan LO rancaekek, soalnya buat ke soreang kejauhan

    mohon informasinya kantor bpjs kesehatan untuk kabupaten bandung(kalo bisa yang wilayah bandung timur)

    Reply
  22. Rahmi

    Kakak saya melahirkan, kemudian dia minta surat rujukan dari puskesmas kemudian dibuat surat rujukan ke rumah sakit tipe c.
    Tiba-tiba karena darurat sudah mau laporan dia terpaksa dibawa ke rumah sakit tapi b padahal surat rujukannya ke rumah sakit tapi b.
    Jadi apakah dia tetap bisa menggunakan kartu bpjs nya walaupun surat rujukannya untuk rumah sakit tipe c tapi dia dilarikan ke tipe b.
    Terima kasih

    Reply
  23. Zulaikah

    Keluarga saya dapat KIS pbi, tapi yg dpt kartu cuma saya (istri) yg dpt kartu, sedang suami dan anak saya katanya sdh tidak aktif, apa yg harus saya lakukan….. trima kasih

    Reply
  24. Iman boedi s

    Mau tanya : kenapa pelayanan obat di puskesmas dengan menggunakan bpjs hanya diberikan obat untuk 3(tiga) hari saja, sehingga harus bolak balik terus ke puskesmas karena belum sembuh. Sakit berat ataupun sakit ringan tetap saja diberikan obat unruk tiga hari. Terima kasi.

    Reply
  25. Nono Soemarto

    Saya Laki-laki Usia 47 Tahun dan menjadi Peserta BPJS atas tanggungan Gaji Istri yang PNS.
    Lima tahun lalu saya memasang 8 gigi palsu karena lepas secara alami di Tukang Gigi, waktu itu normal-normal saja. Namun satu tahun ini satu persatu lepas dan praktis sekarang hampir habis.
    Pertanyaan saya, bila mau pasang gigi palsu dengan menggunakan Fasilitas BPJS, ditanggungkah oleh BPJS ?
    Terimakasih

    Reply
  26. sofyan

    Mau tanya kalau udh dapet eklaim dari kantor cabang bpjs tersebut dan ingin ganti tempat eklaim ke kantor bpjs yg lain bisa gak ya?? Udah ada balasan buat datang tapi sebulan makanya pngin pindah yg cepat.. Jawab dong, butuh info

    Reply
  27. Erwan sastrawan

    Mohon penjelasan:
    Saya pengguna bpjs kelas 1 (mandiri)
    Istri sy pengguna bpjs kelas 2 ( ditangung perusahaan/ karyawan swasta)
    Pertanyaan:
    1. Apakah betul istri yg bpjs kelas dua bisa mendapatkn fasilitas kelas 1 mengikut suami?
    2. Jika istri sy akan melahirkan dan mengambil kelas vip brp selisih yg harus sy bayar jika melahirkan normal ataw lewat operasi sesar?
    Mohon penjelasannya.
    Wassalam

    Reply
  28. Bank fai

    Apakah kb d tanggung bpjs? kalau ia, kematin istri sya mau kb, ktnya tidak bsa pakai bpjs. Mohon pencerahanya. Mksh

    Reply
  29. Yudianto Lauma

    Saya lambat karena lupa bayar iyuran pertama. Saya bayar di Bank BRI terapi tidak bisa. Apa masih bisa aktifkan kembali ? Mohon bantuanya. Thanks

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *