Tips Mengatasi Gangguan Mental Pada Masa Karantina Pandemi Covid-19 terupdate 2020

Diposting pada

Pada saat pandemi seperti ini banyak sekali berbagai gangguan kesehatan contohnya gangguan kesehatan pada mental seseorang contoh nya seperti ketakutan terhadap wabah, rasa terasing dalam masa karantina, kesedihan dan kesepian yang disebabkan jauh dari keluarga maupun orang yang dikasihi, kecemasan terhadap kebutuhan pokok sehari hari, dan perasaan bingung terhadap informasi yang masih simpang siur.

Hal tersebut tidak hanya berdampak pada orang yang telah memiliki riwayat gangguan mental seperti depresi ataupun gangguan kecemasan umum, akan tetapi berdampak juga pada orang yang sehat secara fisik dan mental.

Berikut ini adalah cara untuk menjaga kesehatan mental selama pandemi Covid-19.

1.Perbanyak Aktivitas Fisik

aktivitas fisik

Lakukanlah aktivitas fisik seperti olahraga kecil misalnya lari kecil atau lompat ditempat, olahraga tersebut anda lakukan di rumah. Dengan melakukan aktivitas fisik seperti yang dicontohkan diatas tubuh anda akan memproduksi hormone endorphin yang dapat mengatasi rasa stress, mengurangi rasa khawatir , dan memperbaiki mood anda.

2.Konsumsi Makanan Bergizi


Artikel Terkait (BPJS Defisit ? ini Solusi dari Reader BPJS-Online.com)
makanan bergizi
makanan bergizi

Menkonsumsi makanan bergizi merupakan salah satu faktor penting dalam mengatasi gangguan mental seseorang . Konsumsilah makanan yang banyak mengandung protein, lemak sehat, karbohidrat, vitamin, mineral, dan serat. Macam macam nutrisi tersebut dapat diperoleh dari nasi ataupun cereal, buah buahan, sayuran, makanan laut, daging, kacang kacangan, serta susu.

3. Menghentikan Kebiasan Buruk

kebiasaan buruk
kebiasaan buruk

Apabila anda seorang perokok , maka cobalah hentikan kebiasan buruk tersebut mulai dari sekarang. Efek negative dari merokok salah satunya dapat meningkatkan risiko anda terinfeksi kuman penyakit, salah satunya virus Corona. Selain itu batasi juga untuk mengkonsumsi minuman yang beralkohol. Kebiasan buruk lainnya adalah kurang beristirahat atau terlalu sering begadang. Jika anda kurang beristirahat maka anda akan mudah mengalami kecemasan dan mood yang tidak stabil.

4.Buatlah Aktivitas Sendiri

buat rutinitas sendiri
buat rutinitas sendiri

Selama masa karantina ini anda bisa melakukan kegiatan yang anda sukai dirumah misalnya saja seperti memasak, membaca buku, ataupun menonton film. Selain meningkatkan produktivitas kegiatan tersebut mampu menghilangkan rasa kejenuhan .

5.Selektif Dalam Memilih Informasi

Hindari berita hoax
Hindari berita hoax

Batasi diri anda untuk membaca atau menonton tentang berita pada masa pandemic ini baik di media digital ataupun media cetak . Hal tersebut dilakukan agar dapat mengurangi rasa cemas pada diri .

Tinggalkan Balasan