Tips Mudik Aman Dengan BPJS Kesehatan 2017

By | 12 Juni 2017

Mudik BPJS Kesehatan 2017

Mudik BPJS Kesehatan 2017

Bulan ramadhan kembali menyapa bahkan sudah melewati separuh perjalannya seperti tahun – tahun sebelumnya seluruh masyarakat indonesia di sibukkan dengan segala urusan pulang kampung.

yah meski tradisi mudik bukan merupakan salah satu kewajiban dalam hukum islam namun menjumpai orang tua, kerabat yang di tuakan menjadi moment yang paling di nanti dalam kurun waktu setahun sekali.

bahkan hiruk pikuk budaya pulang kampung ini tak hanya di rasakan oleh kaum muslim saja melainkan hampir seluruh lapisan masyarakat baik tua , muda baik itu islam maupun non islam.

bapak/ibu polisi sibuk mengatur lalu – lintas agar proses arus mudik dan arus balik tetap aman dan lancar, sementara itu wartawan kesana – kemari mengabarkan berita terbaru kondisi – kondisi selama proses tahunan ini berlangsung.

namun tak kalah penting mereka pahlawan – pahlawan yang berseragam putih bapak dan ibu dokter beserta perawat dan staff rumah sakit siap membantu kapan pun agar perjalanan anda tidak terganggu.


Artikel Terkait (Dilema Sistem Rujuk BPJS Kesehatan)

meski seluruh jajaran bersiap menyambut arus kemenangan ini bukan lantaran kita bisa seenaknya saja melakukan perjalanan jauh tanpa persiapan – persiapan yang matang.

contoh saja anda meninggalkan rumah / kos – kosan dengan kondisi alat elektronik masih menyala sehingga bisa memicu bahaya korsleting listrik , kendaraan yang belum di service ketika  hendak di gunakan ke kampung halaman bisa mengganggu perjalanan.

ads

dan yang paling penting ialah jangan sampai anda sakit , jaga ketahanan fisik anda dan jikalau memang harus sakit persiapkan segala sesuatunya terutama menyangkut dokumen BPJS Kesehatan anda.

Seperti tahun lalu BPJS Kesehatan juga memberlakukan peraturan khusus dimana jika di hari biasa peserta BPJS Kesehatan yang hendak mendapatkan pengobatan harus terlebih dahulu melaporkan ke kantor BPJS Kesehatan setempat namun selama mudik lebaran 2017 ini tidak perlu.

Peserta dapat langsung mendapatkan perawatan ke seluruh fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.


meski anda warga jakarta yang mudik ke kota solo jangan khawatir jika memerlukan perawatan dan tidak perlu menggunakan rujukan dari faskes tk I yang ada di jakarta, cukup menunjukkan karu BPJS Kesehatan JKN-KIS anda akan mendapat pelayanan dan di caver alias gratis.

Hal ini seperti yang disampaikan oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Utama Solo, Agus Purwono yang kami kutip dari halaman solopos.com

“Kami sudah ada rencana memberikan pelayanan khusus bagi para pemudik. Intinya hampir sama seperti pelaksanaan pada tahun lalu. Pemudik kami amankan. Peserta JKN nanti mesti aman ketika butuh berobat. Misalnya saja, pemudik bukan warga Solo nanti bisa langsung berobat di RS di Solo,” kata Agus saat dimintai informasi soal layanan kesehatan bagi pemudik, Jumat (9/6/2017).

Kapan ini berlaku ?

posko mudik BPJS Kesehatan

posko mudik BPJS Kesehatan

Ketentuan ini berlaku mulai H-7 hingga H+7 mudik lebaran 2017.

“Kalau kami dari BPJS, kan ada kontrol data. Semua peserta pakai kartu jadi bisa terdeteksi. Jadi nanti kan kelihatan orang terdaftar BPJS-nya di mana. Warga luar kota yang tengah melakukan aktivitas mudik bisa berobat di mana saja. Sekarang kami masih tahap persiapan. Fasilitas kesehatan harus siap dulu mulai dari dokter keluarga, klinik, puskesmas. Kemudian baru RS harus siap,” tambah Agus.

mudik BPJS

mudik BPJS

Sementara itu siti wahyuningsih kepala DKK solo mendukung adanya pelayanan medis bagi para pemudik khususnya di wilayah solo ia berharap warga yang tengan melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman bisa langsung ke RS jika membutuhkan pengobatan.

“Saya sudah minta ke BPJS ada pelayanan khusus bagi pemudik. Tapi nanti kami bicarakan lebih lanjut. Untuk yang mudik, kalau berobat di Solo bagaimana? Seharusnya BPJS memfasilitasi kebutuhan itu. Pasti kan tidak ada orang yang mau sakit. Tapi dari mudik, orang naik kendaraan umum dan pribadi bisa merasakan kecapekan kemudian daya tahan turun, belum lagi di jalan makan jajan. Pemudik rentan sakit,” jelas Ning.

Nah sobat BPJS Online yang penting Kartunya jangan Sampai ketinggalan ya….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *