Trik Curang perusahaan Farmasi ubah obat generik

By | 2 November 2015

obat generik

obat generik

Menanggapi artikel yang termuat dalam harian online tempo yang bertajuk EKSKLUSIF, Suap Dokter: Begini Akal-akalan Orang Farmasi

seperti yang disampaikan Dr.Zaenal Abidin yang saat ini menjabat sebagai ketua pengurus besar ikatan dokter indonesia bahwa obat-obatan saat ini menjadi mahal dikarenakan adanya permainan perusahaan farmasi yang menginginkan keuntungan besar dengan melakukan praktik kecurangan.

“Setelah obat paten menjadi obat generik¬†, lalu diproduksi oleh siapa saja. Tapi diakal-akali bahwa ada yang bermerek. Itu yang membuat nilai bertambah, khasiat sama. Sehingga obat ini menjadi pilihan baru bagi dokter,” kata Zaenal, awal Oktober lalu.

garis besarnya seluruh obat yang beredar di indonesia merupakan obat generik, bahkan hampir tidak ada perusahaan farmasi di indonesia yang memiliki paten.

ads

Artikel Serupa: Disuruh Bayar Obat ?! Jangan Mau !!

BPJS Online sangat miris dengan peristiwa tersebut obat yang sudah generik ibarat sofware yang shareware dimana sang pembuat sudah mengikhlaskan semua orang untuk memproduksi ulang,mengedit dan memodifikasi kemudian menjualnya.


Artikel Terkait (Call Center Bpjs Buat Tki)

perusahaan farmasi hanya modal menempelkan brand saja dan mensugesti dengan promosi yang gencar di media mengklaim obat mereka lebih mujarab, padahal kenyataanya resep / komposisi bahan yang mereka peroleh dari sumber yang sama dengan obat generik yang ada.


Hal ini di perparah dengan dukungan dari beberapa oknum dokter yang di iming – imingi bonus tambahan jika dia merekomendasikan setiap resep yang di buat dengan obat generik yang sudah di bungkus merek perusahaan tertentu.mereka seperti terhipnotis dan melupakan tanggung jawab moralnya sebagai pelayan masyarakat.

berdalih dokter dihargai murah di indonesia, lantas menghalalkan cara curang tersebut melupakan kode etik mereka.

kenapa hal ini terjadi bagaimana peran pemerintah ?

sepertinya pemerintah menutup sebelah mata mengenai hal ini,kita bisa lihat semakin menjamurnya obat – obat generik yang di bungkus mewah sehingga tampak mahal.

mungkin pemerintah memiliki pertimbangan lain dimana adanya perusahaan farmasi sedikit mengurangi pengangguran di indonesia.

BPS Online tetap menghimbau semua untuk berfikir positif semoga hanya satu atau dua dokter saja yang melakukan praktik demikian. masih banyak di luar sana dokter – dokter yang memiliki jiwa kemanusiaan yang tinggi salah satunya yang berani mengemukakan hal ini.

dengan tidak adanya dukungan dari dokter maka perusahaan farmasi juga tidak akan melakukan cara ini.

bagaimana pendapat anda mengenai adanya obat generik semahal obat paten yang banyak beredar ?

 

 

Yang di Cari:

  • kecurangan obat generik

One thought on “Trik Curang perusahaan Farmasi ubah obat generik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *