WannaCry Mengguncang, Sistem BPJS Tak Goyang

By | 15 Mei 2017

Dunia TI kembali di gegerkan oleh serangan virus sejenis ransomware bernama “WannaCry” serangannya cukup merepotkan bahkan melumpuhkan sistem di rumah sakit Dharmais Jakarta barat.

WannaCry

WannaCry

Sesuai arti namanya “wannacry” mungkin si pembuat sengaja menciptakannya untuk membuat semua orang yg terinfeksi virus ini menangis.

Ya ! Bisa di bayangkan virus ini bekerja layaknya virus penyakit yang menular mengencrypt file – file yang ada di komputer yang terserang dan mengencryptnya menjadi data yang tidak bisa di buka. File tersebut bisa di selamatkan hanya dengan mentransfer sejumlah uang bitcoin kepada empu di balik malware ini.

Jika file2 tersebut merupakan data-data penting tentu membuat sipapun jadi panik dan rela merogoh kocek dalam – dalam untuk membayar tebusan yang diminta.

Beberapa sumber mengatakan jika virus ini lahir dari badan inteljen amerika yang sengaja mencari celah sistem operasi windows yang banyak di pakai di belahan dunia untuk memata-matai sekaligus mengexploitasi data target sasaran. 


Artikel Terkait (DPR dituding melanggar undang undang BPJS)

Namun sayang project tersebut jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab sehingga celah tersebut di manfaatkannya untuk membuat virus yang mematikan.

ads

Selayaknya di dunia nyata , dunia TI juga terdapat 2 kelompok bersebrangan, satu pembasmi virus seperti Avg,Smadav,Eset kaspersky dll dan dari sisi hitam mereka yang gemar membuat virus untuk keuntungan pribadi atau golongan.

Hingga saat ini blum diketahui pasti kerugian yang di derita rumah sakit dharmis yang terserang virus ini, meski sempat tersendat untuk proses grouping pendataan pasien BPJS , pihak RS menyatakan data pasien masih aman lantaran memiliki backup.

Sementara itu di tempat terpisah direktur BPJS Ketenagakerjaan Susanto mengatakan jika seluruh data peserta BPJS Ketenagakerjaan aman dari serangan ransomware ganas ini.


“Dari kemarin sudah saya instruksikan ke seluruh jajaran, dari tim IT kita untuk antisipasi hal-hal tersebut, mengikuti himbauan dari Kominfo, apa saja yang akan dilakukan, dan tadi pagi saya datang ke kantor, saya langsung manggil kepala divisi IT untuk periksa langsung ke lapangan. Dan semua dipastikan aman,” katanya saat ditemui di Kantor Pusat BPJS Ketenagakerjaan, Jakarta, Senin (15/5/2017). Seperti yang BPJS Online kutip dari halaman detik.com

Meski aman, namun tetap harus waspada gays, di era internet seperti ini tentu sangat mudah bagi virus – virus untuk menyusup masuk melalui sistem jaringan. Sehingga penyebarannya sangat cepat.

Untuk pencegahan sebaiknya menghindari download file – file dari internet yang bukan dari sumbernya langsung. Karena berpotensi di susupi program jahat semacam wannacry.

Berikut cara mengatasi virus wannacry sesui gambar berikut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *